Siapa Art Langeler? Direktur Teknik FC Groningen yang Depak Ragnar Oratmangoen usai Promosi
Art Langeler (kiri) saat masih melatih Timnas Belanda U-21.[doc. KNVB]
17:30
19 Juni 2024

Siapa Art Langeler? Direktur Teknik FC Groningen yang Depak Ragnar Oratmangoen usai Promosi

Pemain Timnas Indonesia, Ragnar Oratmangoen, tampaknya tak bisa memperkuat FC Groningen saat mengarungi kasta tertinggi Liga Belanda pada musim depan setelah berhasil merebut tiket promosi dari kasta kedua.

Sebelumnya, FC Groningen sukses merebut tiket promosi ke ajang Eredivisie musim 2024/2025 setelah mengakhiri persaingan sebagai runner-up di persaingan kasta kedua Liga Belanda musim 2023/2024.

Ragnar Oratmangoen sebetulnya harus kembali ke FC Groningen karena masa peminjamannya bersama Fortuna Sittard musim lalu telah habis. Ragnar bukan satu-satunya pemain yang tak diinginkan klub tersebut.

Sebab, Direktur Teknik FC Groningen, Art Langeler, meminta Ragnar Oratmangoen untuk segera hengkang dari tim tersebut. Sebab, pemain yang berposisi sebagai winger ini sudah tak masuk rencana tim.

Baca Juga: Ragnar Oratmangoen Terdepak dari FC Groningen, Netizen Kompak Wanti-wanti: Jangan ke Liga 1

"Mereka sudah tidak layak lagi untuk tim utama dan harus pergi," kata Art Langeler seperti dikutip dari Voetbal International, Rabu (19/6/2024).

Lalu, siapakah sosok Art Langeler yang mendepak Ragnar Oratmangoen dari FC Groningen tersebut? Berikut Suara.com menyajikan ulasannya.

Sebagai informasi, Art Langeler merupakan Direktur Teknik yang menjabat di FC Groningen. Sebelumnya, dia sempat menduduki jabatan lainnya seperti Direktur Akademi hingga Direktur Pengembangan.

Pelatih asal Belanda ini dulunya tak punya rekam jejak yang mentereng saat berkarier sebagai pesepak bola. Sebab, dia hanya tercatat memperkuat De Graafschap pada 1990 hingga 1992. Setelah itu, dia memutuskan menempuh pendidikan.

Setelah sudah mulai terjun di dunia kepelatihan, beberapa klub yang pernah menggunakan jasanya pada masa-masa awal ialah SV Colmschate ’33 (2001-2005), Rohda Raalte (2005-2008), hingga PEC Zwolle (2010-2013).

Baca Juga: Seburuk Apa Statistik Ragnar Oratmangoen Hingga Didepak FC Groningen

Bersama klub yang disebut terakhir, Art Langeler pernah merasakan gelar juara, yakni ajang Eerste Divisie alias kompetisi kasta kedua Liga Belanda musim 2011/2012.

Setelah itu, dia pernah menjabat sebagai Direktur Akademi PSV Eindhoven selama empat tahun (2013-2017). Kemudian, Langeler ditunjuk untuk mengasuh Timnas Belanda U-21 pada 2016 hingga 2018.

Dia juga pernah menjabat sebagai Direktur Pengembangan KNVB. Lalu, dia melanjutkan karier sebagai pelatih PEC Zwolle (2021) dan pelatih Timnas Curacao pada 2022.

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie

Editor: Irwan Febri

Tag:  #siapa #langeler #direktur #teknik #groningen #yang #depak #ragnar #oratmangoen #usai #promosi

KOMENTAR