Adu Kekayaan Erick Thohir vs Madam Pang, Sama-sama Jadi Ketua Umum Federasi di Asia Tenggara
Madam Pang dan Erick Thohir. (Dok. PSSI)
13:42
16 Mei 2024

Adu Kekayaan Erick Thohir vs Madam Pang, Sama-sama Jadi Ketua Umum Federasi di Asia Tenggara

Membandingkan kekayaan antara Madam Pang dan Erick Thohir, dua Ketua Umum (Ketum) untuk asosiasi sepak bola Thailand (FAT) dan federasi sepak bola Indonesia (PSSI).

Saat ini, FIFA tengah menggelar Kongres ke-74 di Thailand. Acara ini pun dihadiri oleh seluruh perwakilan anggota induk sepak bola dunia tersebut.

Pada Kongres ke-74 ini, FIFA beserta negara anggotanya akan membahas banyak hal dan melakukan pemungutan suara (voting) untuk menentukan tuan rumah Piala Dunia Wanita 2027.

Di acara tersebut, Indonesia pun turut hadir dan diwakili oleh Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir. Kehadiran pria yang juga Menteri BUMN itu pun terlihat dari unggahannya di Instagram.

Erick Thohir mengunggah fotonya bersama Ketua Asosiasi Sepak Bola Thailand (FAT), yakni Nualphan Lamsam atau Madam Pang.

Pada unggahan tersebut, Erick Thohir membeberkan dirinya dan Madam Pang berdiskusi tentang sepak bola Asia Tenggara yang semakin berkembang dalam beberapa tahun terakhir.

Erick Thohir pun berharap pihaknya dan pihak Thailand bisa berkolaborasi untuk memajukan sepak bola Asia Tenggara agar bisa bersaing di level Asia.

Terlepas dari pertemuan itu, menarik untuk membandingkan kekayaan antara dua petinggi asosiasi sepak bola Thailand dan Indonesia tersebut.

Kira-kira di antara Madam Pang dan Erick Thohir, siapa petinggi asosiasi sepak bola dua negara besar Asia Tenggara yang punya kekayaan lebih tinggi?

Erick Thohir Lebih Kaya dari Madam Pang?

Sebelum membahas kekayaan keduanya, ada baiknya untuk membahas latar belakang Erick Thohir dan Madam Pang terlebih dahulu.

Baik Erick Thohir dan Madam Pang sama-sama berasal dari keluarga pengusaha. Keduanya pun juga berangkat dari dunia bisnis sebelum terjun ke lapangan hijau.

Erick Thohir memiliki bisnis di berbagai bidang seperti media, kuliner, Event Organizer, hingga olahraga. Berdasarkan LHKPN per Maret 2023 lalu, kekayaannya mencapai Rp2,3 triliun.

Dari kekayaan nya yang sebesar Rp2,3 triliun itu, sebagian besar kekayaan Erick Thohir berbentuk surat berharga yang mencapai Rp1,7 triliun.

Lalu bagaimana dengan Madam Pang? Dilansir dari media Thailand, Sanook, wanita berusia 58 tahun ini merupakan direktur 16 perusahaan dan memegang 20 saham yang mencapai 1,3 miliar baht (Rp574 miliar).

Dari sumber lainnya, yakni BBC Thailand per 2021 lalu, Madam Pang dilaporkan memiliki aset sekitar 4,6 miliar baht (Rp2 triliun) dan kolektor barang mewah dengan total 1,6 miliar baht (Rp706 miliar).

Jika dikalkulasikan berdasarkan laporan yang ada, maka secara matematis Erick Thohir masih unggul ketimbang Madam Pang dengan kekayaan Rp2,3 triliun berbanding Rp2,2 triliun.

Kontributor: Felix Indrajaya

Editor: Irwan Febri

Tag:  #kekayaan #erick #thohir #madam #pang #sama #sama #jadi #ketua #umum #federasi #asia #tenggara

KOMENTAR