3 Skenario Timnas Indonesia Lolos Olimpiade Paris 2024, Termasuk Jika Gagal di Piala Asia U-23
Bek Kiri Timnas Indonesia U-23, Pratama Arhan Usai Mencetak Gol ke Gawang Korea Selatan di babak Adu Pinalti Perempat Final Piala Asia U-23 2024. (pssi.org)
20:00
26 April 2024

3 Skenario Timnas Indonesia Lolos Olimpiade Paris 2024, Termasuk Jika Gagal di Piala Asia U-23

Masyarakat Indonesia tengah berbahagia merayakan hasil pertandingan Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 2024. Tim asuhan Shin Tae-yong ini berhasil menang melawan Korea Selatan dalam babak drama adu penalti 11-10.

Hasil ini membawa Timnas Indonesia melaju ke Semifinal Piala Asia U-23. Dengan hasil ini, Timnas U-23 Indonesia memiliki kesempatan untuk tampil dan berlaga di Olimpiade Paris 2024. Garuda Muda hanya butuh satu kemenangan lagi saja untuk bisa lolos ke Olimpiade Paris 2024.

Namun ternyata, ada beberapa cara agar Timnas Indonesia U-23 bisa lolos ke Olimpiade Paris 2024. Apa saja? Simak informasi lengkapnya berikut ini:

1. Maju ke Babak Final Piala Asia U-23

Timnas Indonesia U-23 saat ini sedang menanti lawannya di babak Semifinal Piala Asia U-23. Calon lawan Timnas Indonesia U-23 adalah Arab Saudi atau Uzbekistan.

Jika Indonesia mampu mengalahkan Arab Saudi atau Uzbekistan, dan berhasil melangkah ke babak final, maka secara otomatis Timnas Indonesia U-23 juga berhasil mengambil tiket lolos Olimpiade Paris 2024.

Garuda Muda tidak harus menanti hasil di babak final untuk kepastian tampil di Olimpiade karena dua finalis otomatis lolos langsung ke Paris.

2. Memenangkan Play Off Antar Konfederasi

Jika Timnas Indonesia U-23 kalah di babak semifinal dan kemudian kembali kalah pada perebutan tempat ketiga, Indonesia masih memiliki kesempatan terakhir untuk berpartisipasi di Olimpiade Paris 2024.

Dan jalan terakhir yang bisa ditempuh oleh Garuda Indonesia yakni jalur play off antar konfederasi, di mana Wakil Asia akan menghadapi wakil Afrika yang saat ini sudah dipastikan menjadi milik Guinea.

Pemenang play off akan menjadi negara terakhir yang berhasil melenggang ke Olimpiade Paris.

3. Meraih Tempat Ketiga di Piala Asia U-23

Apabila Timnas Indonesia U-23 kalah di babak semifinal, maka Garuda Muda ini masih mempunyai kesempatan untuk bertarung di Paris melalui jalur perebutan urutan ketiga.

Timnas Indonesia U-23 nantinya akan dihadapkan dengan tim yang juga mengalami kekalahan di blok semifinal lainnya.

Pemenang dalam laga perebutan tempat ketiga otomatis akan lolos ke Olimpiade Paris 2024 karena terdapat tiga slot langsung untuk bisa bertarung di Olimpiade nantinya.

Kontributor : Syifa Khoerunnisa

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #skenario #timnas #indonesia #lolos #olimpiade #paris #2024 #termasuk #jika #gagal #piala #asia

KOMENTAR