Aksi Ricky Kambuaya Lewati 4 Pemain Persebaya, Pantas Saja Jadi Langganan Timnas Indonesia
Ricky Kambuaya vs Persebaya Surabaya. (Instagram/sports.indosiar)
08:54
17 April 2024

Aksi Ricky Kambuaya Lewati 4 Pemain Persebaya, Pantas Saja Jadi Langganan Timnas Indonesia

Aksi menawan yang diperlihatkan gelandang Dewa United, Ricky Kambuaya, saat menumbangkan Persebaya Surabaya pada laga pekan ke-31 BRI Liga 1 2023/2024 menuai apresiasi dari publik.

Ricky Kambuaya menjadi salah satu aktor penting di balik kemenangan Dewa United atas Persebaya Surabaya dalam duel yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Selasa (16/4/2024).

Salah satu aksi terbaiknya pada pertandingan ini ialah pergerakan meliuk-liuk yang sukses melewati empat pemain tuan rumah ketika menjadi aktor di balik terciptanya gol ketiga skuad Tangsel Warriors.

Momen ini bermula dari serangan balik cepat yang diinisiasi oleh Ricky Kambuaya. Dia berhasil melewati setidaknya empat pemain lawan. Momen pertama ialah ketika Ricky berlari cepat meninggalkan Kadek Raditya.

Setelah itu, dia berhasil lolos dari adangan dua bek tengah Persebaya, yakni Dusan Stevanovic dan Yan Victor. Setelah dua pemain ini dilewati, Ricky Kambuaya tinggal berhadap-hadapan dengan kiper lawan, Andhika Ramadhani.

Dalam momen ini, pemain yang direkrut dari Persib Bandung itu memutuskan untuk menyodorkan bola kepada Alex Martins yang sudah berdiri bebas tanpa pengawalan. Alex tak kesulitan untuk meneruskan umpan tersebut menjadi gol.

Sebetulnya, ini bukan satu-satunya kontribusi Ricky Kambuaya pada pertandingan ini. Sebab, sebelumnya dia sukses menjadi pencetak gol pembuka Dewa United ketika laga menginjak menit ke-40.

Momen gol pertama ini bermula dari penetrasi Ricky Kambuaya. Dia melakukan umpan satu-dua dengan Egy Maulana Vikri sebelum akhirnya melepaskan tendangan melambung yang mengecoh kiper Persebaya.

Performa impresif pemain asal Sorong itulah yang membuahkan apresiasi dari pelatih Dewa United, Jan Olde Riekerink, seusai pertandingan. Dia memuji habis-habisan gelandang Timnas Indonesia itu.

"Bagi saya, Ricky Kambuaya memang pantas menjadi bintang pertandingan. Ini bukan hanya tentang apa yang dilihat saat di lapangan," ucap Jan Olde Riekerink seperti dilansir Antara, Rabu (17/4/2024). 

"Tapi, saya mencoba menempatkannya pada posisi yang bukan tempatnya, dan saya sudah mengatakan posisinya akan bisa lebih banyak mengendalikan permainan," tambah pelatih kawakan asal Belanda tersebut.

Editor: Irwan Febri

Tag:  #aksi #ricky #kambuaya #lewati #pemain #persebaya #pantas #saja #jadi #langganan #timnas #indonesia

KOMENTAR