PSSI Kirim Surat Ke LIB: BRI Liga 1 Dihentikan Selama Piala Asia U-23 2024
Hasil BRI Liga 1 PSM Makassar vs Borneo FC dalam laga pekan ke-30 di Stadion Batakan, Balikpapan, Jumat (29/3/2024). [Dok. Borneo FC]
03:18
31 Maret 2024

PSSI Kirim Surat Ke LIB: BRI Liga 1 Dihentikan Selama Piala Asia U-23 2024

BRI Liga 1 berhenti selama gelaran Piala Asia U-23 2024. Ini setelah beredarnya surat dari PSSI yang ditandatangani oleh Sekjen Yunus Nusi kepada Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Ferry Paulus.

Sumber PSSI menyebut bahwa keputusan menghentikan BRI Liga 1 demi klub-klub supaya bisa melepas pemainnya ke timnas Indonesia U-23 yang ikut kejuaraan tersebut.

Diliburkannya BRI Liga 1 juga agar klub-klub tidak merasa dirugikan karena pemainnya dipanggil ke tim nasional. Maklum, Piala Asia U-23 berlangsung disaat kompetisi sepak bola tertinggi di Tanah Air memasuki masa genting

"Jadi ini adalah demi klub sekaligus timnas agar sama-sama tak ada yang dirugikan. Sebab ada beberapa klub yang mesti melepas pemain intinya ke timnas U-23 selama Piala Asia U-23," kata salah satu sumber PSSI kepada awak media, Sabtu (30/3/2024).

"Agar kepentingan klub dan timnas sama-sama tidak terganggu maka Liga 1 akan keda dan kembali lanjut pasca Piala Asia U-23," sambungnya.

Langkah PSSI ini adalah juga untuk memberi dukungan maksimal bagi pelatih Shin Tae-Yong guna tampil optimal di Piala Asia U-23. Baik PSSI dan STY menargetkan agar timnas U-23 bisa menembus empat besar di Piala Asia U-23 yang akan berlangsung di Qatar.

"Langkah ini adalah juga agar coach STY bisa mendapat kekuatan pemain terbaik demi misi besar timnas lolos ke Olimpiade 2026," sambungnya.

Sementara itu, Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga membenarkan surat tersebut. Ia mengatakan ini semua demi kebagian bersama antara klub dan tim nasional.

"Iyak benar tadi ada rapat Exco karena tanggal 1 April itu sudah pada (Timnas U-23) berangkat (TC) ya. Jadi kita untuk satu sisi mengamankan juga supaya klub-klub yang pemainnya tak merasa dirugikan yah dan juga timnas kita bisa lengkap maka kita putuskan untuk menunda sementara BRI Liga 1," ujar Arya.

"Jadi inilah langkah yang diambil untuk mengamankan dua-duanya supaya klub-klub jangan terganggu karena ada pemainnya ke timnas sehingga mereka tetap bisa nanti full bermain. Di sisi lain timnas juga aman," ucapnya.

Piala Asia U-23 akan berlangsung mulai 15 April hingga 3 Mei 2024. Timnas Indonesia U-23 akan tergabung di Grup A bersama tuan rumah Qatar, Australia, dan Yordania.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #pssi #kirim #surat #liga #dihentikan #selama #piala #asia #2024

KOMENTAR