Di Bawah STY, Timnas Indonesia Menang Away Lagi di Kualifikasi Piala Dunia Setelah 23 Tahun
Para pemain Timnas Indonesia melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Vietnam pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion My Dinh di Hanoi, 26 Maret 2024. [AFP]
16:06
27 Maret 2024

Di Bawah STY, Timnas Indonesia Menang Away Lagi di Kualifikasi Piala Dunia Setelah 23 Tahun

Timnas Indonesia semakin kukuh di posisi kedua klasemen sementara Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua Grup F dengan 7 poin, setelah menaklukkan tuan rumah Vietnam di Stadion My Dinh, Hanoi dengan skor 3-0, Selasa (26/3/2024).

Tiga pemain Timnas Indonesia mencatatkan namanya ke papan skor, yaitu bek jangkung Jay Idzes (9'), debutan anyar Ragnar Oratmangoen (22'), dan sang striker yang kembali mendapatkan menit bermain, Ramadhan Sanantha (90+8').

Dua kemenangan atas Vietnam ini, setelah pekan lalu juga menang 1-0 di Jakarta pada matchday 3 Grup F, sekaligus menandai kebangkitan Timnas Indonesia setelah hanya meraih satu poin dari dua laga awal di pentas Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua.

Dengan kemenangan 3-0 semalam, rekor impresif pun dicatatkan Timnas Indonesia asuhan pelatih Shin Tae-yong (STY).

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong (STY) saat pertandingan melawan Vietnam pada matchday ketiga Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (21/3/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (STY). [Suara.com/Alfian Winanto]

Di bawah kepelatihan juru taktik asal Korea Selatan itu, skuad Garuda senior memupus kutukan yang sudah berlangsung sejak 23 tahun silam.

Ya, Timnas Indonesia akhirnya menang tandang lagi di ajang Kualifikasi Piala Dunia (untuk fase grup) setelah terakhir kali merasakannya saat away di fase grup ronde pertama Kualifikasi Piala Dunia 2002 zona Asia.

Kemenangan tersebut terjadi pada 6 Mei 2001 saat Timnas Indonesia menang di markas Maladewa dengan skor 2-0 dalam lanjutan Grup 9.

Gol kemenangan Timnas Indonesia diciptakan oleh Kurniawan Dwi Yulianto (10') dan Ismed Sofyan (50').

Timnas Indonesia asuhan STY memang sempat menang 6-0 atas tuan rumah Brunei pada Oktober tahun lalu di ronde pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Namun, putaran pertama untuk kualifikasi ini bersifat play-off, bukan fase grup seperti ronde pertama pada kualifikasi sebelum-sebelumnya.

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #bawah #timnas #indonesia #menang #away #lagi #kualifikasi #piala #dunia #setelah #tahun

KOMENTAR