Media Vietnam Ulas Kekalahan Vietnam Sebagai Tragedi Sepak Bola di Stadion My Dinh
Selebrasi Pemain Timnas Indonesia Jay Idzes usai berhasil bobol gawang Vietnam dalam laga lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di My Dinh Stadium (Dok. PSSI).
13:36
27 Maret 2024

Media Vietnam Ulas Kekalahan Vietnam Sebagai Tragedi Sepak Bola di Stadion My Dinh

Timnas Indonesia menggulung Timnas Vietnam di laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Hanoi. Prestasi gemilang ini ditandai dengan kemenangan 3-0 yang mencetak sejarah bagi Garuda.

Pertandingan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi, di mana Jay Idzes dan Ragnar Oratmangoen menyarangkan gol pada babak pertama, sementara Ramadhan Sananta menambahkan keunggulan pada injury time.

Dengan kekalahan ini, Vietnam menelan pil pahit untuk ketiga kalinya berturut-turut dari Indonesia.

Mereka juga gagal mencetak gol dalam pertandingan ini, menambah derita setelah kekalahan sebelumnya di Piala Asia 2023 dan Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Reaksi atas kekalahan ini juga terdengar dari Soha, yang menggambarkan kekalahan tersebut sebagai tragedi di My Dinh, menyebut bahwa pendukung Vietnam meninggalkan stadion dengan kecewa, mengingat kekalahan terakhir mereka di kandang datang dari Piala Tiger 2004.

"Pendukung Vietnam yang marah meninggalkan stadion lebih awal, Stadion My Dinh," tulis Soha.

Soha juga melaporkan bahwa sebagian pendukung Vietnam sudah meninggalkan stadion sejak menit ke-80, karena saat itu Garuda unggul dua gol atas Vietnam.

Tak hanya itu, pertikaian antara suporter Vietnam terjadi di My Dinh pada Selasa malam, bahkan seorang suporter wanita dilaporkan mengalami luka di kepala hingga berdarah.

Perkelahian terjadi di tribune stadion pada saat jeda pertandingan.

Pelatih Dipecat

Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) diharuskan membayar ganti rugi sejumlah Rp28 miliar setelah mengakhiri kerja sama dengan Philippe Troussier sebagai pelatih.

Troussier dipecat dari posisinya sebagai pelatih timnas Vietnam setelah kekalahan telak 0-3 dari Timnas Indonesia dalam pertandingan lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion My Dinh, pada hari Selasa, 26 Maret.

Menurut laporan dari Soha, VFF dan Troussier telah melakukan pertemuan dan sepakat untuk mengakhiri kontrak mereka mulai 26 Maret 2024.

Troussier mengucapkan terima kasih atas dukungan dari pemain, klub, VFF, dan para penggemar, sambil meminta maaf kepada penggemar Vietnam atas hasil yang mengecewakan.

Sebelumnya, spekulasi muncul bahwa VFF mungkin harus membayar kompensasi besar jika memutus kontrak dengan Troussier.

Kontrak Troussier sendiri berlaku mulai 1 Maret hingga 31 Juli 2026, dengan gaji bulanan sebesar 60.000 USD atau sekitar Rp948 juta.

Pemecatan Troussier berpotensi membuat VFF harus membayar sisa gajinya selama hampir 30 bulan dan memenuhi syarat-syarat lain dalam kontrak, yang total kompensasinya dapat mencapai 45 miliar VND (Rp28 miliar).

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #media #vietnam #ulas #kekalahan #vietnam #sebagai #tragedi #sepak #bola #stadion #dinh

KOMENTAR