Hitung-hitungan Timnas Indonesia Lolos ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 usai Bantai Vietnam
Pemain Timnas Indonesia Ragnar Oratmangoen (kiri) saat berlebrasi usai sukses bobol gawang Vietnam dalam laga lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3/2024). (Dok. PSSI).
08:24
27 Maret 2024

Hitung-hitungan Timnas Indonesia Lolos ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 usai Bantai Vietnam

Berdasarkan hitung-hitungannya, Timnas Indonesia memiliki peluang besar untuk lolos ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia setelah berhasil membantai Timnas Vietnam.

Peluang ini terbuka setelah duel yang berlangsung di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3/2024) itu, berakhir untuk kemenangan Timnas Indonesia dengan skor yang terhitung telak, yakni 3-0.

Masing-masing gol yang dilesakkan oleh skuad asuhan Shin Tae-yong pada pertandingan ini dicetak oleh Jay Idzes (9’), Ragnar Oratmangoen (24’), dan ditutup oleh Ramadhan Sananta (90+8’).

Langkah skuad Merah Putih untuk melenggang ke fase berikutnya terhitung sangat terbuka. Sebab, saat ini Timnas Indonesia menduduki peringkat kedua klasemen Grup D dengan koleksi tujuh poin dari empat laga.

Dengan hasil ini, Timnas Indonesia bisa menemani Timnas Irak yang sudah dipastikan lolos karena kokoh di puncak klasemen Grup F. Mereka mengumpulkan poin sempurna, yakni 12 poin, setelah menyapu bersih empat laga dengan kemenangan.

Berdasarkan hitung-hitungannya, skuad Merah Putih hanya membutuhkan satu kemenangan dari dua pertandingan tersisa yang tersaji di Grup F untuk bisa melaju ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Sebab, dengan tambahan tiga poin, koleksi 10 poin yang dikantongi oleh Timnas Indonesia sudah dipastikan tak akan terkejar oleh dua kontestan lainnya di Grup F, yakni Vietnam dan Filipina.

Jika skenario itu bisa diwujudkan, maka Vietnam sudah dipastikan tak bisa mengejar perolehan poin skuad Merah Putih. Sebab, kalau pun mereka bisa menyapu bersih dua laga sisa dengan kemenangan, perolehan poinnya paling mentok di angka sembilan.

Sebagai informasi, Timnas Indonesia masih menyisakan dua pertandingan kandang di fase ini. Laga yang terdekat ialah menghadapi Timnas Irak yang rencananya bergulir di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada 16 Juni 2024.

Setelah itu, Timnas Indonesia akan kembali menggelar laga di hadapan pendukungnya sendiri saat menghadapi partai terakhir sekaligus penentuan Grup F dengan menghadapi Filipina pada 11 Juni 2024.

Duel melawan Filipina jelas menjadi peluang terbesar bagi Timnas Indonesia untuk mengamankan poin penuh. Sebab, bagaimanapun juga, laga melawan Irak bakal sangat menantang bagi skuad Garuda.

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie

Editor: Irwan Febri

Tag:  #hitung #hitungan #timnas #indonesia #lolos #putaran #ketiga #kualifikasi #piala #dunia #2026 #usai #bantai #vietnam

KOMENTAR