Perbasi Harap Pelita Jaya dan Prawira Tak Hanya Numpang Lewat di Basketball Champions League Asia
Konferensi Pers PP PERBASI dengan Pelita Jaya Bakri dan Prawira Harum Bandung di Kantor PP PERBASI, Senayan, Jakarta, Sabtu (23/3/2024). (Tribunnews/Alfarizy) 
21:20
23 Maret 2024

Perbasi Harap Pelita Jaya dan Prawira Tak Hanya Numpang Lewat di Basketball Champions League Asia

- Dua tim basket Indonesia dipastikan berlaga di Basketball Champions League Asia 2024.

Pelita Jaya Jakarta dan Prawira Harum Bandung akan mewakilkan Indonesia untuk pertama kalinya di ajang basket antar-klub  tingkat Asia itu.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PP PERBASI, Nirmala Dewi, mewakili pihaknya, berharap kedua tim tersebut tak hanya sekadar 'numpang lewat' di Basketball Champions League Asia 2024.

"Kami mau di kompetisi pertama di BCL ini, kami enggak setegah-setengah, kedua tim enggak setengah-setengah," ungkap Nirmala Dewi, di Kantor PP PERBASI, Senayan, Jakarta, Sabtu (23/3/2024).

Demi membantu kesuksesan Pelita Jaya dan Prawira, Nirmala Dewi mengatakan bahwa PERBASI sudah berkomunikasi intens dengan penyelenggara kompetisi, Indonesia Baskteball League (IBL).

Hal tersebut ditujukan untuk mengatur jadwal yang bentrok dengan penyelenggaraan Basketball Champions League Asia 2024.

"Makannya kami duduk betul dengan IBL secara detail mengenai jadwal. Karena kami tahu pada saat next round-nya (round kedua) ada tabrakan jadwal dengan IBL," kata Nirmala.

"Jadi waktu itu ada PJ (Pelita Jaya) dapat disaat yang bersamaan ada delapan laga, kemudian Prawira ada sembilan pertandingan yang bersamaan, yang tidak mungkin mereka split (bagi) timnya jadi tim lapis keduanya ke sana (IBL), tim utamanya di sini (BCL). Jadi kami sudah duduk betul dan sudah ketemu jalan keluarnya," imbuhnya.

Kualifikasi Basketball Champions League Asia (BCL Asia) untuk klub Asia Timur dan Tenggara akan disusun menjadi dua putaran.

Babak pertama, dijadwalkan akan berlangsung di Ulaanbaatar dari 3-7 April dan akan menampilkan delapan klub, dengan perwakilan dari Asia Timur dan Tenggara.

Indonesia dan Mongolia akan diwakili oleh dua klub masing-masing. Klub itu akan bergabung dengan juara liga dari Hong Kong, Malaysia, Singapura, dan Thailand.

Delapan klub itu akan ditempatkan ke dalam dua grup yang terdiri dari empat tim sesuai dengan peringkat tim nasional bakset putra mereka di Peringkat Dunia FIBA.

Tim teratas dari setiap grup akan maju ke Putaran kedua, sementara tim yang finis kedua dan ketiga di setiap grup akan pergi head-to-head untuk menentukan dua tempat yang tersisa untuk putaran 2.

Babak kedua dijadwalkan bergulir di Jakarta dari 23-26 April dan akan menggunakan format single-round robin.  Setelahnya, dua klub teratas akan lolos ke Basketball Champions League Asia (BCL Asia).

Pelita Jaya menghuni grup B bersama dengan HI-TECH BASKETBALL CLUB (Thailand), Juara Liga Mongolia, Adroit Club (Singapura).

Sementara itu, Prawira Harum Bandung berada di grup A dan akan melawan NS Matrix Deers (Malaysia), Hongkong Eastern (Hongkong), Runner-Up Liga Mongolia.

"Mudah-mudahan, tidak ada kendala, lagi diurusan jadwal. Tinggal nanti masing-masing tim kami, berharap untuk fokus untuk bisa kompetisi dengan sebaik-baiknya, enggak bikin malu nama merah putih," harap Nirmala.

Editor: Hasiolan Eko P Gultom

Tag:  #perbasi #harap #pelita #jaya #prawira #hanya #numpang #lewat #basketball #champions #league #asia

KOMENTAR