Kata-kata Pertama Thom Haye usai Resmi WNI, Janjikan Ini untuk Timnas Indonesia
Thom Haye. (Dok. PSSI)
06:36
19 Maret 2024

Kata-kata Pertama Thom Haye usai Resmi WNI, Janjikan Ini untuk Timnas Indonesia

Thom Haye mengungkapkan rasa bahagia setelah resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI) usai proses naturalisasinya rampung pada Senin (18/3/2024) malam WIB.

Gelandang keturunan Belanda itu merampungkan proses naturalisasi dengan menjalani sumpah WNI bersama satu pemain lain yakni Ragnar Oratmangoen di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) DKI Jakarta, Jakarta Timur.

Thom Haye mengaku harus menjalani perjalanan melelahkan untuk bisa merampungkan proses naturalisasinya mengingat timnya, SC Heerenveen masih punya jadwal tanding.

Thom bahkan masih bermain saat SC Heerenveen kalah 2-3 dari Feyenoord dalam lanjutan Liga Belanda atau Eredivisie pada Minggu (17/3/2024) malam WIB sebelum bertolak ke Jakarta lewat perjalanan yang memakan waktu 18 jam.

Gelandang 29 tahun itu menjelaskan bahwa proses menjadi WNI sangat melelahkan. Meski demikian, dia sangat senang selangkah lagi bisa berseragam Timnas Indonesia.

"Ini hari yang sangat panjang tapi aku sangat bahagia," kata Thom Haye dilansir dari keterangan resmi, Selasa (19/3/2024).

Dua pesepak bola yang kini merumput di Liga Belanda, Thom Haye (kanan) dan Ragnar Oratmangoen (kiri) ketika menjalani proses sumpah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI)di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) DKI Jakarta, Senin malam (18/3/2024). (ANTARA/YouTube Humas Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta)Dua pesepak bola yang kini merumput di Liga Belanda, Thom Haye (kanan) dan Ragnar Oratmangoen (kiri) ketika menjalani proses sumpah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI)di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) DKI Jakarta, Senin malam (18/3/2024). (ANTARA/YouTube Humas Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta)

Thom menegaskan bahwa dirinya punya motivasi untuk membantu perkembangan sepak bola Indonesia lewat pengalaman panjangnya bermain untuk tim-tim Liga Belanda.

Pemain yang punya garis keturunan dari kakek dan nenek pihak ayah yang berasal dari Solo dan Sulawesi itu diketahui pernah membela tim-tim sekaliber AZ Alkmaar, Willem II, ADO Den Haag, NAC Breda hingga kini SC Heerenveen.

"Saya ingin berkontribusi dalam perkembangan sepak bola Indonesia juga kepada tim, dan saya harap kita juga bisa mendapatkan hasil yang kita inginkan," kata Thom.

Lebih jauh, Thom mengaku sangat terkesan dan berterima kasih atas segala dukungan fans Timnas Indonesia selama perjalanannya merampungkan proses naturalisasi.

"Luar biasa, saya rasa saya sudah mengikuti prosesnya, saya mendapat banyak pesan dan dukungan, jadi saya sangat senang untuk itu dan terima kasih atas semua dukungannya," kata Thom.

Meski sudah berstatus WNI, Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen masih harus menjalani beberapa tahap lagi untuk benar-benar bisa membela Timnas Indonesia.

Keduanya harus mendapatkan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Paspor, dan perpindahan federasi dari KNVB ke PSSI.

Thom dan Ragnar kini berpeluang untuk menjalani debut saat Timnas Indonesia menghadapi Vietnam dalam lanjutan Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada 21 dan 26 Maret mendatang.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #kata #kata #pertama #thom #haye #usai #resmi #janjikan #untuk #timnas #indonesia

KOMENTAR