Cyrus Margono Selangkah Lagi Jadi WNI, Tapi Harus Berjuang Ekstra untuk Bela Timnas Indonesia
Cyrus Margono selangkah lagi menjadi WNI. (Instagram/@cmargono)
10:24
29 Pebruari 2024

Cyrus Margono Selangkah Lagi Jadi WNI, Tapi Harus Berjuang Ekstra untuk Bela Timnas Indonesia

Kiper keturunan, Cyrus Margono selangkah lagi berstatus Warga Negara Indonesia (WNI). Akan tetapi, ia harus berjuang agar dilirik Shin Tae-yong jika ingin membela timnas Indonesia.

Cyrus Margono memang ngebet membela timnas Indonesia. Ia melakukan proses untuk mendapatkan status WNI dibantu oleh tenaga ahli Kemenpora, Hamdan Hamedan.

Kini mimpi kiper Panathinaikos ini hampir menjadi kenyataan. Sebab, sebentar lagi ia berstatus WNI.

"Saya tidak sabar untuk segera memakai sepatu bot ini! Dan saya seang untuk mengabarkan bahwa proses saya hampir selesai!" tulis Cyrus Margono.

"Sudah beberapa minggu sejak dokumen saya sampai di Setneg dan kita sudah dekat," sambungnya.

Meski begitu, jika ingin membela timnas Indonesia maka kiper berusia 22 tahun harus ekstra berjuang. Pasalnya ia disebut tidak masuk rencana Shin Tae-yong.

Hal tersebut pernah diungkapkan oleh mantan Exco PSSI, Hasani ABdulgani. Ia menjelaskan situasi Margono yang mengurus WNI.

"Yang menentukan pemain-pemain timnas adalah pelatih. Pengurus PSSI juga tidak bisa menentukan nama-nama pemain. Tapi sebelum saya menjawab dari nama yang Zeze sebutkan (termasuk Margono) saya belum menemukan nama satu pun pemain tersebut ada di daftar yang coba diajukan oleh STY kepada pengurus PSSI, tapi bisa saja saya salah karena sudah lama tidak aktif di PSSI," ucap Hasani di YouTube pribadinya.

"Ada satu nama yaitu Cyrus Margono. Dia sebenarnya tidak dipilih oleh STY, tetapi sempat diurus masalah kewarganegaraan dia," imbuhnya.

Menurut Hasani, masalah kewarganegaraan kiper Panathinaikos B itu diurus karena anak Indonesia yang di bawah umur 21 tahun. Sebab, ayahnya masih memegang Indonesia, tapi anaknya lahir di New York, Amerika.

"Peraturan kita yang baru PP 21 2022, itu dia masih punya kesempatan memilih jadi warga negara Indonesia. Namun, kalaupun dia (Margono) memegang paspor Indonesia kembali lagi apakah Cyrus Margono memenuhi syarat atau menjadi pilihan pelatih. Kalau pelatih tidak memilih, walaupun dia menjadi WNI, ya tidak menjadi seperti kasusnya Hubner dll," jelasnya.

Melihat dari situ, kiper Panathinaikos B ini ternyata tidak masuk dalam daftar pemain yang diinginkan Shin Tae-yong. Namun, Margono mengurus jadi WNI karena kemauan sendiri.

Editor: Arif Budi

Tag:  #cyrus #margono #selangkah #lagi #jadi #tapi #harus #berjuang #ekstra #untuk #bela #timnas #indonesia

KOMENTAR