Yakob Sayuri Bawa Timnas Indonesia Setara Malaysia di Piala Asia 2023, Simak Faktanya
Yakob Sayuri (kanan) saat berlaga di ajang Piala Asia 2023. (pssi.org)
05:12
29 Februari 2024

Yakob Sayuri Bawa Timnas Indonesia Setara Malaysia di Piala Asia 2023, Simak Faktanya

Timnas Indonesia telah mencetak sejarah di Piala Asia 2023 di mana untuk kali pertama berhasil melangkah ke fase gugur tepatnya babak 16 besar.

Prestasi tim asuhan Shin Tae-yong itu kini tambah berkilau setelah Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) menobatkan umpan Yakob Sayuri sebagai assist terbaik turnamen.

Winger PSM Makassar itu menampilkan performa terbaiknya saat Timnas Indonesia melawan Irak di fase grup Piala Asia 2023.

Dia mencatatkan assist yang disebut AFC sebagai kelas dunia meski skuad Garuda pada akhirnya takluk dengan skor 1-3.

Dalam prosesnya, Yakob mengelabui satu pemain Irak sebelum merangsek masuk ke sisi kanan kotak penalti untuk melepaskan umpan silang mendatar.

Bola kiriman Yakob berhasil disambar Marselino Ferdinan di mulut gawang yang dalam prosesnya membawa Timnas Indonesia menyamakan skor 1-1.

Yakob Sayuri (Instagram/yassa_sayuri22)Yakob Sayuri (Instagram/yassa_sayuri22)

Aksi Yakob Sayuri pada akhirnya memenangkan voting assist terbaik dengan perolehan suara 52 persen, mengungguli pemain dari negara-negara lain.

Keberhasilan Yakob dinobatkan dengan assist terbaik membuat Timnas Indonesia sejajar dengan Malaysia di PIala Asaia 2023.

Pasalnya, Malaysia berhasil memenangkan gol terbaik turnamen lewat Faisal Halim yang berhasil membobol gawang Korea Selatan di fase grup.

Meski tendangannya sempat diblok pemain Korea Selatan, Faisal tetap diakui atas usahanya menggetarkan gawang Taeguk Warriors.

Dengan bola kembali ke kakinya, pemain melakukan gerakan berputar dan melesatkan bola ke gawang. Hasilnya, Malaysia bermain imbang 3-3 melawan Korea Selatan.

Gol Faisal Halim meraih 85 persen voting, mengungguli gol-gol dari pemain lain seperti Keito Nakamura (Jepang), Hassan Al Haydos (Qatar), Supachok Sarachat (Thailand), Mousa Al Tamari (Jordan), Abdulrahman Ghareeb (Arab Saudi), Son Heung-min (Korea Selatan), dan Sardar Azmoun (Iran).

Namun, di Piala Asia 2023, Malaysia terhenti di babak penyisihan grup. Sementara itu, timnas Indonesia tersingkir di babak 16 besar setelah kalah 4-0 dari Australia.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #yakob #sayuri #bawa #timnas #indonesia #setara #malaysia #piala #asia #2023 #simak #faktanya

KOMENTAR