Kiper Pertama yang Cetak Gol di Era Liga 1, Sonny Stevens: Ini Bukan Sekadar Keberuntungan
Kiper Dewa United, Sonny Stevens usai mencetak gol ke gawang PSIS Semarang dalam laga pekan ke-25 Liga 1 2023/2024. (dok. Dewa United)
22:18
23 Februari 2024

Kiper Pertama yang Cetak Gol di Era Liga 1, Sonny Stevens: Ini Bukan Sekadar Keberuntungan

Penjaga gawang Dewa United, Sonny Stevens baru saja mengukir sejarah jadi kiper pertama di era Liga 1 yang bisa mencetak gol. Ia mengaku apa yang dilakukannya itu bukan sekadar keberuntungan saja.

Sonny Stevens secara luar biasa mencatatkan namanya di papan skor ketika Dewa United dijamu oleh PSIS Semarang dalam laga pekan ke-25 Liga 1 2023/2024 di Stadion Moch Soebroto, Magelang, Jumat (23/2/2024).

Kiper Belanda berusia 31 tahun itu menyelamatkan timnya dari kekalahan berkat golnya di menit-menit akhir pertandingan yang memaksakan hasil imbang 1-1.

Pada menit ke-90+2, Dewa United mendapatkan sepak pojok usai pergerakan Asep Berlian diadang Alfreandra Dewangga. Tendangan penjuru diambil alih Egy Maulana Vikri.

Kiper Dewa United, Sonny Stevens (tengah) merayakan golnya ke gawang PSIS Semarang pada laga Liga 1 di Stadion Madya, Magelang, Jumat (23/2/2024). [dok. LIB]Kiper Dewa United, Sonny Stevens (tengah) merayakan golnya ke gawang PSIS Semarang pada laga Liga 1 di Stadion Moch Soebroto, Magelang, Jumat (23/2/2024). [dok. LIB]

Sonny Stevens yang naik membantu serangan timnya berhasil menyudul bola menjadi gol. Tandukan eks kiper Timnas Belanda U-20 itu mengarah ke sudut kiri gawang PSIS tanpa bisa dibendung penjaga gawang Timnas Indonesia, Adi Satryo.

Stevens menjelaskan apa yang dilakukan itu bukan sekadar keberuntungan saja. Meski ia mengakui mengambil risiko besar dengan merangsek maju ke depan.

"Saya rasa saat memasuki menit 92 atau 93, kita di ambang kalah 0-2 atau mungkin draw dengan sedikit keberuntungan. Tapi, saya rasa (gol) itu bukan keberuntungan. Itu gol yang sangat bagus," kata Sonny Stevens dalam konferensi pers usai laga, Jumat.

Seperti dilansir Transfermarkt Indonesia, ini adalah pertama kali seorang kiper mampu mencetak gol di liga domestik Indonesia di era Liga 1.

Tak hanya itu, Sonny Stevens juga merupakan kiper dengan jumlah save alias penyelamatan terbanyak di Liga 1 2023/2024 sampai pekan ke-25 ini.

Di Liga 1 musim ini, total 104 penyelamatan telah dibuat mantan kiper FC Twente dan ADO Den Haag yang punya 56 penampilan di kompetisi kasta tertinggi Liga Belanda, Eredivisie itu.

"Saya sangat senang dengan gol saya. Di babak pertama tadi kita sangat kacau sekali, tetapi di babak kedua kami menjadi lebih baik, lebih tenang, banyak crossing," ucap Stevens.

"Dan pada akhirnya kami mendapatkan satu poin dari laga tandang melawan tim peringkat dua di klasemen sementara (Liga 1)," pungkasnya.

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #kiper #pertama #yang #cetak #liga #sonny #stevens #bukan #sekadar #keberuntungan

KOMENTAR