Exco PSSI Blak-blakan Ungkap Satu Kelemahan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (pssi.org)
13:06
20 Februari 2024

Exco PSSI Blak-blakan Ungkap Satu Kelemahan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia

Exco PSSI, Arya Sinulingga terang-terangan mengatakan bahwa Shin Tae-yong masih punya satu kekurangan saat menjabat pelatih timnas Indonesia.

Shin Tae-yong dianggap pelatih terbaik timnas Indonesia. Sebab, ia dengan tangan dinginnya, skuad Garuda berkembang pesat.

Misalnya ia berhasil membawa tiga kelompok umur timnas lolos ke Piala Asia. Bahkan juru taktik asal Korea Selatan ini mengukir sejarah.

Timnas Indonesia untuk pertama kalinya sukses lolos dari fase grup Piala Asia 2023 lalu.

Bukan hanya itu, ranking FIFA timnas Indonesia juga melejit. Di bawah asuhan Shin Tae-yong, kini skuad Garuda ada di posisi 142 dunia.

Meski begitu, Arya Sinulingga mengatakan bahwa pelatih berusia 53 tahun ini punya satu kelemahan. Adalah komunikasi dengan klub di Indonesia.

"Juur aja sebenarnya kita berharap Shin Tae-yong ini berkomunikasi sama klub karena namanya pelatih timnas itu harus ngobrol sama klub," ucap Exco PSSI, Arya Sinulingga.

"Karena ia harus ambil dari situ kan pemain-pemainnya (klub) dan sebenarnya arah permainan. Harusnya ia bicara bahwa sebenarnya arah timnas kita sebenarnya ke arah sini," imbuhnya.

Maka dari itu, PSSI sendiri berusaha menjembatani kelemahan Shin Tae-yong yang tidak berkomunikasi dengan pihak klub Liga 1.

"Nah, ini yang selama ini kelemahan dia. Masalah komunikasi, padahal harus dilakukan. Itu kelemahan dia," kata Arya.

"Akhirnya kita (PSSI) yang menjembatani. Padahal harusnya tidak. Jadi harsnya ia bicara ke masing-masing klub, ke pelatih Persija, pelatih ini dan sebagainya Kami itu arahnya ke sini lho. Bisa nggak nanti pemain-pemain kita selama kompetisi arahnya ke sana juga?' Nah, ini yang kita minta ke Shin Tae-yong supaya dia berkomunikasi dengan klub-klub," pungkasnya.

Editor: Arif Budi

Tag:  #exco #pssi #blak #blakan #ungkap #satu #kelemahan #shin #yong #timnas #indonesia

KOMENTAR