5 Tim di Piala Asia 2023 yang Skuadnya Hanya Pakai Pemain dari Liga Lokal
Para pemain Timnas Vietnam berpose sebelum pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026 antara Filipina dan Vietnam di Manila pada 16 November 2023. Ted ALJIBE / AFP
15:06
11 Januari 2024

5 Tim di Piala Asia 2023 yang Skuadnya Hanya Pakai Pemain dari Liga Lokal

Piala Asia 2023 akan menjadi sorotan dengan kehadiran para bintang yang bermain di klub-klub papan atas di Eropa.

Meskipun demikian, lima negara peserta Piala Asia 2023 menonjol karena mengandalkan skuad mereka yang sepenuhnya terdiri dari 100 pemain berasal dari liga domestik mereka. Berikut adalah ulasan lengkapnya.

Timnas Qatar

Sebagai juara bertahan dan tuan rumah Piala Asia 2023, Timnas Qatar akan turun dengan kekuatan penuh dari pemain liga domestik.

Al Sadd menonjol sebagai penyumbang terbanyak dengan mengirimkan 11 pemain, termasuk kapten tim Hassan Al-Haydos, 33 tahun. Dengan dukungan fan sebagai tuan rumah, Timnas Qatar diunggulkan dalam turnamen ini.

Timnas Vietnam

Timnas Vietnam pada Piala Asia 2023 mengandalkan pemain sepenuhnya dari liga domestik, tanpa memasukkan Nguyeng Cong Phuong yang bermain di Yokohama FC.

Pelatih Philippe Troussier tidak memanggilnya karena keterbatasan menit bermain.

Klub Cong Anh Ha Noi menjadi penyumbang terbanyak dengan tujuh pemain, termasuk kiper naturalisasi Filip Nguyen.

Timnas Uni Emirat Arab

Uni Emirat Arab, runner-up Piala Asia 1996, kini berkompetisi dalam Piala Asia 2023 dengan skuad sepenuhnya dari liga domestik, diasuh oleh pelatih Paulo Bento.

Al-Jazira, dengan 7 pemainnya, termasuk Ali Mabkhout yang telah mencetak 84 gol dalam 113 caps, menjadi penyumbang terbanyak ke tim nasional.

Timnas India

Timnas India, di bawah arahan pelatih Igor Stimac, menjadi tim pertama yang menurunkan skuad eksklusif dari liga domestik, dengan tujuh pemain berasal dari juara Indian Super League, Mohun Bagan, musim 2022/2023.

Sunil Chhetri, penyerang berusia 39 tahun, yang sudah mencetak 93 gol untuk Timnas India, menjadi salah satu nama kunci dalam skuad tersebut.

Timnas Arab Saudi

Arab Saudi, dijuluki sebagai salah satu kandidat juara Piala Asia 2023, menduduki peringkat kelima dalam simulasi Opta dengan peluang 10,6 persen.

Mereka menampilkan skuad penuh dari Saudi Pro League, yang kini menjadi salah satu liga terkuat di Asia.

Al Hilal dan Al Nassr menjadi kontributor utama pemain untuk Timnas Arab Saudi, dengan delapan pemain dari Al Hilal dan tujuh pemain dari Al Nassr yang dipanggil oleh pelatih Roberto Mancini.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Reky Kalumata

Tag:  #piala #asia #2023 #yang #skuadnya #hanya #pakai #pemain #dari #liga #lokal

KOMENTAR