Kesiapan untuk Piala Asia Baru 70 Persen, STY Tetap Yakin Timnas Indonesia Bisa Bikin Kejutan
Gestur pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong dalam laga uji coba kontra Iran yang digelar tertutup di Al Rayyan Sports Club, Doha, Qatar, Selasa (9/1/2024) tengah malam WIB. (dok. PSSI)
19:18
10 Januari 2024

Kesiapan untuk Piala Asia Baru 70 Persen, STY Tetap Yakin Timnas Indonesia Bisa Bikin Kejutan

Meski turnamen hanya tinggal menghitung hari, kesiapan Timnas Indonesia untuk berlaga di Piala Asia 2023 ternyata disebut baru di angka 70 persen.

Meski begitu, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (STY) percaya kekuatan timnya akan bertambah saat kejuaraan nanti dan berpotensi membuat kejutan.

Piala Asia 2023 akan berlangsung di Qatar mulai 12 Januari sampai 10 Februari 2024. Timnas Indonesia berada di Grup D bersama Jepang, Irak, dan Vietnam.

Berada di grup yang sangat sulit membuat posisi Timnas Indonesia tidak diunggulkan sama sekali. Namun, Shin Tae-yong percaya skuad Garuda bisa bersaing di grup berat ini.

Oleh sebab itu, skuad Garuda terus mematangkan diri jelang turnamen dengan menggelar pemusatan latihan (TC) termasuk laga uji coba.

Starting eleven Timnas Indonesia pada laga uji coba kontra Libia di Antalya, Turki, Selasa (2/1/2024) malam WIB. [dok. PSSI]Para pemain Timnas Indonesia. [dok. PSSI]

Ya, meskipun hasil dari deretan pertandingan uji coba itu tidak memuaskan karena Timnas Indonesia selalu kalah, dua kali dari Libya dengan skor 0-4 dan 1-2 serta yang teranyar kalah telak 0-5 dari Iran pada Selasa (9/1/2024) malam WIB

"(Kesiapan) kami naik sekira 60-70 persen hingga pertandingan persahabatan melawan Iran. Meskipun kami kalah, itu melebihi ekspektasi kami," kata Shin Tae-yong dilansir dari media Korea Selatan Sports Seoul, Rabu (10/1/2024).

Shin Tae-yong sadar kekuatan Timnas Indonesia harus terus ditingkatkan. Oleh sebab itu, ia akan berusaha di sisa waktu yang ada menutup kekurangan-kekurangan yang ada.

Pelatih asal Korea Selatan itu percaya jika Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan tidak banyak melakukan kesalahan, Timnas Indonesia akan berbahaya untuk lawan-lawan di Piala Asia nanti.

"Yang harus dilakukan adalah menaikkannya sebesar 20-30 persen lagi selama lima hari tersisa (jelang pertandingan perdana Timnas Indonesia di turnamen). Selama kita tidak melakukan kesalahan, kita bisa menimbulkan kejutan,” sesumbarnya.

Pada laga perdana Piala Asia 2023, Timnas Indonesia di Grup D akan menghadapi Irak pada 15 Januari 2024. Empat hari berselang, giliran Vietnam yang akan dihadapi.

Terakhir, skuad Garuda akan melakoni laga berat kontra Jepang pada 24 Januari 2024.

Editor: Rully FauziAdie Prasetyo Nugraha

Tag:  #kesiapan #untuk #piala #asia #baru #persen #tetap #yakin #timnas #indonesia #bisa #bikin #kejutan

KOMENTAR