Tidak Dalam Posisi Seharusnya, Rio Fahmi Bertekad Bawa Persija Bangkit di BRI Liga 1 Musim Ini
Bek Sayap Persija Jakarta Ilham Rio Fahmi mengalami cedera lutut jelang berhadapan dengan Persis Solo dalam lanjutan BRI Liga 1 2023/2024. (Dok. Persija).
18:42
9 Januari 2024

Tidak Dalam Posisi Seharusnya, Rio Fahmi Bertekad Bawa Persija Bangkit di BRI Liga 1 Musim Ini

Pemain Persija Jakarta Ilham Rio Fahmi bertekad membawa timnya bangkit ke tempat yang semestinya di BRI Liga 1 2023/2024. Ia merasa posisi Macan Kemayoran di klasemen saat ini bukan tempat timnya.

Persija Jakarta saat ini menduduki posisi sembilan klasemen sementara BRI Liga 1 dengan 32 poin. Jika ingin menjadi juara, Rio dan kawan-kawan harus menembus posisi empat besar di akhir musim agar masuk championship series.

Persija saat ini kalah enam angka dari peringkat keempat PSIS Semarang. Sementara dengan peringkat teratas yakni Borneo FC Samarinda cukup jauh karena sudah kumpulkan 51 poin.

Bek sayap Persija Jakarta Ilham Rio Fahmi (kiri) sepak bola dengan dihadang Pesepak bola Persebaya Surabaya Bruno Moreira (tengah) dan Dusan Stevanovic (kanan) dalam lanjutan Liga 1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Minggu (30 /7/2023). Persija Jakarta kalahkan Persebaya Surabaya dengan skor 1-0. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/nzBek sayap Persija Jakarta Ilham Rio Fahmi (kiri) sepak bola dengan dihadang Pesepak bola Persebaya Surabaya Bruno Moreira (tengah) dan Dusan Stevanovic (kanan) dalam lanjutan Liga 1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Minggu (30 /7/2023). Persija Jakarta kalahkan Persebaya Surabaya dengan skor 1-0. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/nz

Rio merasa Persija tidak seharusnya ada di papan tengah. Oleh karena itu, disaat BRI Liga 1 kembali bergulir, ia akan membuatnya melesat ke papan atas klasemen.

"Menurut saya memang sekarang Persija tidak berada di posisi seharusnya. Maka dari itu saya ingin bersama yang lain membawa tim ke tempat yang seharusnya tim sebesar Persija berada," kata Rio dilansir dari laman klub, Selasa (9/1/2024).

Tidak hanya secara tim, Rio merasa penampilan pribadinya agak menurun. Sempat impresif di awal 2023, tapi di akhir tahun ada penurunan penampilan.

Awalnya, Rio bermain rutin sebagai pemain inti di tim besutan Thomas Doll. Tercatat ia hanya absen satu laga di sisa musim 2022/2023 pada 2023.

Sang pemain pun berhasil membukukan satu gol melawan Rans Nusantara FC (3-1) serta dua assist saat melawan Barito Putera (2-1) dan PSS (5-0). Ia sukses membawa Macan Kemayoran finis di posisi dua pada musim lalu hingga raih penghargaan pemain muda terbaik di BRI Liga 1 musim lalu.

Rio pun menjadi bagian dalam sejarah perolehan medali emas SEA Games 2023. Ia menjadi satu dari 20 nama pemain yang berhasil menjuarai pentas olahraga terbesar di Asia Tenggara itu.

Namun semua berubah pada pekan ke-13 BRI Liga 1 2023/2024. Rio mengalami cedera lutut ketika melakukan official training menjelang laga melawan Bali United (23/9/2023).

Walau hanya absen dua pekan, performa pemain asli Banjarnegara itu dirasa belum sepenuhnya kembali sehingga kini lebih banyak berada di bangku cadangan. Oleh sebab itu, perlu ada peningkatan.

"Harapan saya bisa kembali ke top perform dan tentunya bisa kembali membantu Persija untuk bersaing kembali ke papan atas Liga 1," pungkas Rio Fahmi.

Editor: Reky KalumataAdie Prasetyo Nugraha

Tag:  #tidak #dalam #posisi #seharusnya #fahmi #bertekad #bawa #persija #bangkit #liga #musim

KOMENTAR