Siapa Ayah Julian Oerip? Orang Dekat KNVB Belanda Punya Anak Pemain Keturunan Surabaya Mau Ikuti Jejak Mees Hilgers
Julian Oerip, pemain keturunan Surabaya dan ayahnya, Arthur Oerip (IG Julian Oerip)
06:48
6 Oktober 2024

Siapa Ayah Julian Oerip? Orang Dekat KNVB Belanda Punya Anak Pemain Keturunan Surabaya Mau Ikuti Jejak Mees Hilgers

Mengenal lebih jauh orang tua Julian Oerip, pemain keturunan Indonesia milik AZ Alkmaar yang jadi kandidat kuat naturalisasi selanjutnya setelah Mees Hilgers dan Eliano Reijnders. Terutama sosok say ayah, Arthur Oerip.

Julian Oerip merupakan salah satu pemain keturunan Indonesia yang masih berusia muda dan kini bermain di klub kasta teratas Belanda, AZ Alkmaar.

Namanya sudah jadi perbincangan sejak usianya 16 tahun. Di usia tersebut, Julian Oerip, sapaannya, telah mencatatkan bermain bagi Jong AZ yang tampil di kasta kedua Belanda, Eerste Divisie.

Debut itu didapat bukan tanpa alasan. Setahun sebelumnya, atau saat usia 15 tahun, Julian telah diberi kontrak profesional oleh AZ Alkmaar hingga 2025.

Baca Juga: Timnas Malaysia Ungkit Kehebatan Wonderkid Lokal, Sindir PSSI Soal Hobi Naturalisasi?

Kontrak profesional itu diberikan karena AZ Alkmaar memandang Julian sebagai salah satu talenta terbaik dari akademinya.

“Julian adalah gelandang yang terampil secara teknis dengan banyak kemampuan mencetak gol dan kedalaman,” kata Kepala Pengembangan Pemain Muda AZ Alkmaar, Paul Brandenburg dikutip dari Azfanpage.

Kini di usianya yang sudah 17 tahun, Julian pun sudah menjadi langganan di Eerste Divisie bersama Jong AZ atau AZ Alkmaar U-21.

Karenanya, ia pun disebut-sebut layak dinaturalisasi untuk mengisi pos gelandang serang Timnas Indonesia.

Terlepas dari kiprah apiknya, menarik untuk mengupas orang tua Julian Oerip. Kira-kira, dari siapa darah Indonesia yang mengalir di tubuhnya dan siapa ayah serta ibunya?

Baca Juga: Mees Hilgers Bikin Timnas China Makin Pucat, Harga Pasarnya Kalahkan 3 Pemain Termahal Lawan!

Keturunan Surabaya

Julian Oerip, pemain keturunan Surabaya (IG Julian Oerip)Julian Oerip, pemain keturunan Surabaya (IG Julian Oerip)

Julian Oerip merupakan pemain keturunan Indonesia yang lahir di Alkmaar, Belanda pada 26 Oktober 2006, alias hampir menginjak usia 18 tahun dalam hitungan hari.

Ia merupakan salah satu pemain muda bertalenta dari akademi AZ Alkmaar. Julian mampu menyita perhatian bersama tim U-17 dan U-18, kendati saat itu usia baru 15 tahun.

Selama bermain di akademi AZ Alkmaar, Julian telah mencetak 27 gol dan 11 assist dari total 87 penampilan di level kelompok umur.

Julian sendiri memiliki darah Indonesia dari pihak sang ayah. Disebutkan, ayahnya merupakan keturunan Surabaya.

Julian Oerip, pemain keturunan Surabaya (IG Julian Oerip)Julian Oerip, pemain keturunan Surabaya (IG Julian Oerip)

Diketahui dari Linkedin, ayah Julian bernama Arthur Oerip. Ia merupakan seorang konsultan senior di perusahaan perbankan dan jasa keuangan bernama ING yang berbasis di Belanda.

Selain sebagai konsultan senior di ING, ayah Julian itu juga berstatus direktur di QICQ Business Services dan QICQ Football Services.

Jauh sebelum itu, Arthur Oerip juga sempat bekerja di sepak bola dengan menjadi Ketua dari kelompok kerja KNVB atau federasi sepak bola Belanda di pengembangan pemain muda.

Tak mengherankan dengan latar belakang ayahnya tersebut, Julian kemudian bisa menjadi salah satu pemain muda berbakat di Belanda saat ini.

Sementara itu, tak banyak informasi mengenai ibu dari Julian, sehingga tak diketahui siapakah nama ataupun pekerjaan yang dilakoni ibunya.

Kini, Julian sendiri sudah jadi andalan Jong AZ di Eerste Divisie. Pada musim 2024/2025 ini, ia telah tampil sebanyak 5 kali dengan total 91 menit bermain.

Sedangkan di level tim nasional, bakat Julian sudah tercium oleh Belanda yang mempercayainya untuk bermain di level U-16 hingga level U-19.

Selama bermain bagi Timnas Belanda kelompok umur, Julian telah mencatatkan total 30 penampilan dengan torehan 3 gol.

(Felix Indra Jaya)

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #siapa #ayah #julian #oerip #orang #dekat #knvb #belanda #punya #anak #pemain #keturunan #surabaya #ikuti #jejak #mees #hilgers

KOMENTAR