Shin Tae-yong Full Senyum, Pemain Keturunan Jawa Medok Kian Dekat Bela Timnas Indonesia
Arek Suroboyo yang saat ini membela AZ Alkmaar U-21 dianggap sebagai wonderkid di Belanda. [Instagram]
20:48
5 Oktober 2024

Shin Tae-yong Full Senyum, Pemain Keturunan Jawa Medok Kian Dekat Bela Timnas Indonesia

Kabar baik datang untuk pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Salah satu pemain keturunan Indonesia, Julian Oerip, dikabarkan semakin dekat untuk bergabung dengan Timnas Indonesia.

Kabar bakal segera merapatnya pemain yang punya nama Jawa medok itu menjadi angin segar bagi Timnas Indonesia, yang tengah mencari talenta baru untuk meningkatkan level tim dalam menghadapi berbagai turnamen internasional.

Menurut informasi dari pengamat sepakbola Indonesia, Haris Pardede, PSSI telah memulai pendekatan untuk merekrut pemain berusia 17 tahun ini.

Bung Harpa, sapaan akrab Haris Pardede, mengungkapkan bahwa Oerip sudah mengikuti akun media sosial Timnas Indonesia dan telah berinteraksi dengan beberapa pemain keturunan lainnya seperti Ivar Jenner dan Jens Raven.

Baca Juga: Tak Pake Nunggu, Rafael Struick Langsung Starter di Brisbane Roar!

"Ada informasi dari orang dalam PSSI, inisialnya ‘R’. Julian Oerip sudah follow Timnas dan sudah saling follow dengan Ivar Jenner dan di-follow Jens Raven," kata Bung Harpa dalam kanal YouTube-nya, Sabtu (5/10/2024).

Pendekatan PSSI ini sudah berjalan dan diharapkan segera membuahkan hasil.

Julian Oerip sendiri bukanlah pemain sembarangan. Meskipun baru berusia 17 tahun, ia telah menunjukkan kualitasnya dengan menembus skuad AZ Alkmaar U-21, tim yang berlaga di Liga 2 Belanda musim 2024/2025.

Performa Mengagumkan di Usia Muda

Pemain Berdarah Surabaya Julian Oerip Bikin Malu Robin van Persie dan Anaknya, Hal Ini yang Ia Lakukan [Instagram]Pemain Berdarah Surabaya Julian Oerip Bikin Malu Robin van Persie dan Anaknya, Hal Ini yang Ia Lakukan [Instagram]

Julian Oerip telah mencatatkan lima penampilan di Liga 2 Belanda musim ini.

Baca Juga: Mesin Gol China Cedera Parah, Mees Hilgers Bisa Santai Sedikit Nih

Dengan tinggi badan 179 cm dan kemampuan bermain di beberapa posisi, seperti gelandang serang, gelandang tengah, dan winger kanan, Oerip menjadi pemain serbaguna yang bisa diandalkan oleh tim mana pun.

Pada level internasional, Oerip tampil mengesankan bersama Timnas Belanda U-19. Ia bermain penuh selama 90 menit dalam kemenangan 3-0 atas Azerbaijan U-19 dan hasil imbang 2-2 melawan Skotlandia U-19 pada September 2024.

Sebelumnya, di level U-17, Julian juga mencatatkan 14 caps, termasuk tampil dalam Piala Eropa U-17 2023. Keberhasilan ini menunjukkan bahwa Oerip memiliki pengalaman bertanding di level tinggi meski usianya masih sangat muda.

PSSI sebenarnya sudah mencoba mendekati Julian Oerip untuk memperkuat Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023, namun upaya tersebut belum berhasil.

Kini, dengan usianya yang masih sangat potensial, Julian diprediksi akan lebih dulu memperkuat Timnas Indonesia U-20. Tenaganya diharapkan dapat membantu Timnas Indonesia dalam ajang Piala Asia U-20 2025 yang akan berlangsung di China pada 6-23 Februari 2025.

Kemampuannya sebagai winger kanan atau sebagai pemain sentral memberi fleksibilitas lebih bagi pelatih Shin Tae-yong dalam meracik strategi.

Andai mampu menunjukkan performa spesial, bukan tidak mungkin Shin Tae-yong bakal memanggilnya ke timnas senior untuk bertandem dengan nama-nama seperti Rafael Struick hingga Ragnar Oratmangoen.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #shin #yong #full #senyum #pemain #keturunan #jawa #medok #kian #dekat #bela #timnas #indonesia

KOMENTAR