Siapa Ryan Bruhns? Kiper Keturunan Padang Alternatif Penerus Maarten Paes, Satu Klub dengan Jens Raven
Siapa Ryan Bruhns? Kiper Keturunan Padang Alternatif Penerus Maarten Paes, Satu Klub dengan Jens Raven (Kolase Suara.com)
18:42
3 Oktober 2024

Siapa Ryan Bruhns? Kiper Keturunan Padang Alternatif Penerus Maarten Paes, Satu Klub dengan Jens Raven

Mengenal sosok Ryan Bruhns, kiper pemain keturunan Padang di Belanda yang kini bermain di FC Dordrecht, klub yang dibela pemain keturunan Indonesia, Jens Raven.

Bukan rahasia lagi jika banyak pemain keturunan Indonesia yang berkarier di Belanda. Salah satunya adalah Ryan Bruhns.

Berbeda dengan banyaknya pemain keturunan lainnya di Belanda, Ryan Bruhns sendiri pemain keturunan yang berposisi sebagai kiper.

Saat ini pemain berusia 18 tahun itu tercatat bermain di FC Dordrecht, klub yang juga dibela pemain keturunan Indonesia lainnya, Jens Raven.

Baca Juga: Maarten Paes Alami Cedera, Ernando Ari Kembali Diandalkan Shin Tae-yong?

Meski sama-sama berusia 18 tahun, Ryan Bruhns merupakan junior Jens Raven karena ia bermain di tim U-18 dan Jens Raven bermain di tim U-21.

Dilansir dari Instagram @pemain_keturunan, Ryan Bruhns diketahui memiliki darah keturunan Ngawi dan Padang dari kakek nenek pihak sang ayah.

Kakek neneknya itu merupakan warga asli Indonesia. Namun mereka pindah ke Belanda dan melahirkan ayah Ryan Bruhns di negara Kincir Angin itu.

“Ryan mempunyai keturunan Indonesia dari ayahnya. Kakek dari pihak ayah berasal dari Ngawi, nenek dari pihak ayah berasal dari Padang. Namun ayahnya lahir di Belanda,” tulis @pemain_keturunan.

Lantas, sepert apa rekam jejak Ryan Bruhns? Apakah ia bisa menjadi penerus Maarten Paes dan menjadi kiper masa depan Timnas Indonesia?

Baca Juga: Sah! Lionel Messi Belanda-Maluku Bersedia Gabung Timnas Indonesia

Tertarik Bela Indonesia

Ryan Bruhns merupakan pemain keturunan Indonesia yang lahir Belanda pada 23 September 2006, atau baru saja menginjak usia 18 tahun.

Dilansir dari @pemain_keturunan, Ryan Bruhns memiliki potensi untuk jadi kiper hebat. Di usia yang baru 18 tahun, ia telah memiliki postur tubuh setinggi 1,83 meter.

Dikutip dari sumber yang sama, Ryan Bruhns disebutkan tertarik membela tanah leluhurnya, Indonesia, dan berseragam Merah Putih di masa depan.

Karier Ryan Bruhns sebagai kiper sendiri bermula di DVO ’60 dan berlanjut ke RBC Roosendaal sejak 2014 hingga tahun 2019.

Per musim 2019/2020, Ryan Bruhns yang baru berusia 13 tahun memutuskan bergabung dengan FC Dordrecht dan bermain untuk tim U-14.

Sejak saat itu, Ryan Bruhns masih membela FC Dordrecht dan berhasil naik kelas dari tim U-15, ke tim U-17, dan kini bermain di tim U-18.

Sayangnya tak ada informasi lengkap mengenai catatan Ryan Bruhns di akademi FC Dordrecht. Namun dari video penampilan yang beredar, Ryan Bruhns memiliki reflek apik sebagai kiper.

Jika benar Ryan Bruhns tertarik membela Timnas Indonesia, maka ada baiknya PSSI mulai mendekatinya untuk bermain di kelompok umur terlebih dahulu.

Dengan postur yang sudah setinggi 1,83 meter, Ryan Bruhns punya potensi besar untuk menjadi kiper masa depan Timnas Indonesia.

(Felix Indra Jaya)

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #siapa #ryan #bruhns #kiper #keturunan #padang #alternatif #penerus #maarten #paes #satu #klub #dengan #jens #raven

KOMENTAR