Menebak Pemain Keturunan Grade A Incaran Baru PSSI Setelah Mees Hilgers dan Eliano Reijnders
Bek Leeds United, Pascal Struijk (kiri) memperebutkan bola dengan gelandang Aston Villa, Jacob Ramsey dalam laga Liga Inggris di Elland Road, 27 Februari 2021. NAOMI BAKER / KOLAM RENANG / AFP.
09:54
29 September 2024

Menebak Pemain Keturunan Grade A Incaran Baru PSSI Setelah Mees Hilgers dan Eliano Reijnders

Anggota Exco PSSI sekaligus tangan kanan Erick Thohir, Arya Sinulingga, memberi kabar bahwa PSSI sedang dalam tahap negosiasi dengan satu nama besar pemain keturunan.

Kabar ini diungkapkan oleh Arya saat menjadi narasumber di podcast YouTube SportCast77. Jika pernyataan itu benar, maka dapat diasumsikan pemain itu ada di level Grade A.

"Ada beberapa nama, tapi ada yang sudah sepertinya akan kita urus, tapi soal siapa, tapi yang nama besar masih negosiasi. Ada juga yang enggak begitu dapat negosiasinya, kitanya yaudah lah," ucap Arya dalam Podcast Sport77.

Saat ini memang ada beberapa nama besar pemain diaspora Indonesia yang berkarir di Eropa. Ada dua yang segera mengambil sumpah WNI yaitu Mees Hilgers dan Eliano Reijnders.

Baca Juga: Striker Keturunan Yogyakarta-Belanda: Jakarta Rumah Kedua Saya

Namun, siapa yang paling besar kemungkinan sedang berada di tahap negosiasi? Berikut perkiraannya!

1. Jairo Riedewald

Pemain keturunan calon penggawa Timnas Indonesia, Jairo Riedewald saat berseragam Crystal Palace FC. (instagram/jairo_riedewald)Pemain keturunan calon penggawa Timnas Indonesia, Jairo Riedewald saat berseragam Crystal Palace FC. (instagram/jairo_riedewald)

Yussa Nugraha, dalam videonya di YouTube belakangan ini mengungkap bahwa ada informasi langsung dari sumber terpercaya di Belanda terkait kepastian Jairo Riedewald untuk dinaturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia.

Bahkan disebutkan proses naturalisasi Jairo tengah berjalan. Jika kabar ini benar, hadirnya pemain berusia 28 tahun itu tentu bakal menjadi tambahan kekuatan buat Timnas Indonesia.

Saat ini Jairo Riedewald bermain untuk klub Liga 1 Belgia, Royal Antwerp. Sebelumnya ia bermain di Liga Inggris bersama Crystal Palace.

Baca Juga: Fans Belanda Ribut, Tak Terima Mees Hilgers Disebut Orang Indonesia saat Hadapi Man United

2. Ole Romeny

Striker FC Utrecht, Ole Romeny (kiri). [Dok. IG Ole Romeny]Striker FC Utrecht, Ole Romeny (kiri). [Dok. IG Ole Romeny]

Nama pemain keturunan satu ini memang paling santer dikabarkan belakangan ini. Saga naturalisasinya sering ramai, kadang redup karena tidak ada kabar lanjutan.

Padahal pemain berusia 24 tahun itu sedang mendapat banyak kesempatan musim ini bersama FC Utrecht. Ia selalu tampil sebagai starter dalam lima laga Eredivisie dengan torehan 2 gol.

3. Pascal Struijk

Pemain Keturunan Indonesia - Belanda Pascal Struijk (Instagram Pascal Struijk)Pemain Keturunan Indonesia - Belanda Pascal Struijk (Instagram Pascal Struijk)

Kemungkinan Struijk jadi nama yang dimaksud Arya karena sebuah podcast sepak bola Belanda, Voetbal Primeur, membahas sejumlah pemain keturunan Indonesia yang berpeluang dinaturalisasi.

Struijk ada di dalamnya meski sebetulnya publik sepak bola Tanah Air sudah mengetahuinya sejak lama. Bahkan, pemain berusia 25 tahun itu sudah sempat menyatakan menolak tawaran bermain untuk Indonesia.

Musim ini bersama Leeds United, bek berusia 25 tahun tersebut sudah tampil 6 kali di Championship Inggris dengan raihan satu gol.

Kontributor: Aditia Rizki

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #menebak #pemain #keturunan #grade #incaran #baru #pssi #setelah #mees #hilgers #eliano #reijnders

KOMENTAR