Australia Tunjuk Eks Crystal Palace Sebagai Pelatih Buntut Gagal Kalahkan Timnas Indonesia di SUGBK
Tony Popovic, pelatih kepala baru timnas Australia. [Dok. AFP]
14:06
23 September 2024

Australia Tunjuk Eks Crystal Palace Sebagai Pelatih Buntut Gagal Kalahkan Timnas Indonesia di SUGBK

Timnas Australia resmi mengumumkan penunjukan Tony Popovic sebagai pelatih kepala baru pada Senin (22/9/2024) siang WIB untuk menggantikan Graham Arnold yang dipecat.

Australia harus mengalami pergantian di kursi pelatih kepala setelah Graham Arnold didepak pasca kegagalan mereka mengalahkan Timnas Indonesia.

Ya, Australia harus puas bermain tanpa gol saat menghadapi Timnas Indonesia dalam matchday kedua Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta pada 10 September lalu.

Tony Popovic bukanlah wajah asing dalam sepak bola Australia. Sosoknya dihormati karena pengalaman luas di kancah domestik dan internasional baik saat menjadi pemain maupun pelatih.

Baca Juga: Timnas Indonesia Dapat Promosi Gratis di Liga Belanda, Efek Dua Bintang Keturunan Bertemu

Mantan pemain klub Inggris Crystal Palace itu punya prestasi baik sebagai juru taktik termasuk mengantarkan Western Sydney Wanderers FC menjuarai Liga Champions Asia pada 2014 serta meraih dua gelar A-League Premiership.

Kini, Popovic diamanahkan untuk membawa Subway Socceroos menuju Piala Dunia 2026.

"Penunjukan Tony Popovic adalah babak baru yang menarik bagi Timnas Australia di saat yang krusial. Sebagai pemain, Tony mewakili negara kita dengan bangga dan prestasi di setiap level," kata Anter Isaac, Ketua Football Australia dikutip dari laman resmi, Senin (23/9/2024).

"Sebagai pelatih, dia terus menunjukkan kemampuannya membangun tim pemenang melalui perencanaan detail dan fokus yang kuat. Kami yakin dia akan disambut hangat oleh para pemain, staf, dan penggemar, saat kita bersama-sama bekerja menuju Piala Dunia 2026."

Popovic yang merupakan sosok berdarah Australia-Kroasia, mengaku bangga bisa ditunjuk sebagai pelatih baru Timnas Australia. Dia bertekad untuk memberikan yang terbaik ke depannya.

Baca Juga: 3 Pelatih yang Jadi Korban Keganasan Timnas Indonesia Sepanjang 2024

"Saya sangat terhormat diberi kesempatan memimpin Subway Socceroos sebagai pelatih kepala. Ini adalah momen yang sangat membanggakan bagi saya dan keluarga. Tugas ini adalah tanggung jawab besar yang saya sambut dengan penuh rasa syukur," kata Popovic.

"Saya sangat memahami ekspektasi tinggi yang menyertai posisi ini, dan saya berkomitmen untuk membawa tim ini terus berkembang. Kami memiliki talenta dan determinasi yang cukup untuk membuat bangsa ini bangga."

Profil Tony Popovic

Popovic telah menorehkan sejumlah pencapaian dalam karier kepelatihannya:

Sukses di A-League: Dua gelar A-League Premiership, yakni bersama Western Sydney Wanderers FC pada 2012/13 dan Perth Glory FC pada 2018/19.

Juara Liga Champions Asia: Pada 2014, Popovic membawa Western Sydney Wanderers FC menjadi tim Australia pertama yang menjuarai Liga Champions Asia.

Piala Australia: Pada 2022, Popovic membawa Melbourne Victory meraih trofi Australia Cup 2021.

Sebagai pemain, Popovic memiliki karier internasional yang gemilang dengan 58 caps untuk Socceroos antara 1995 dan 2006, termasuk menjadi bagian dari skuat Piala Dunia 2006.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #australia #tunjuk #crystal #palace #sebagai #pelatih #buntut #gagal #kalahkan #timnas #indonesia #sugbk

KOMENTAR