Bikin Tersenyum jelang Pilkada Serentak, Ini Alasan Jokowi Naikkan Tunjangan Insentif Anggota KPU 50 Persen
Presiden Joko Widodo menghadiri acara Konsolidasi Nasional Kesiapan Pilkada Serentak 2024 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Selasa (20/8/2024). (ANTARA/Rangga Pandu Asmara Jingga)
11:32
20 Agustus 2024

Bikin Tersenyum jelang Pilkada Serentak, Ini Alasan Jokowi Naikkan Tunjangan Insentif Anggota KPU 50 Persen

Tunjangan insentif anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) di seluruh Indonesia naik sebesar 50 persen. Kini mereka bisa tersenyum menjelang Pilkada serentak 2024.

Hal tersebut disampaikan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam acara Konsolidasi Nasional Kesiapan Pilkada Serentak 2024 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Selasa (20/8/2024).

Dalam sambutan dan arahannya, Jokowi sempat meminta maaf kepada seluruh jajaran anggota KPU karena tunjangan insentif anggota KPU tidak mengalami kenaikan sejak 2014.

Namun, Jokowi mengklaim baru mengetahui hal tersebut belum lama ini dan segera meminta untuk dinaikkan.

Baca Juga: Meratakan Pendidikan dengan Visi Indonesiasentris: Tantangan dan Harapan

"Dengan tugas-tugas berat KPU, saya memohon maaf sejak 2014 tidak ada kenaikan tunjangan insentif. Saya baru tahu kemarin sehingga saya kejar-kejar," kata Jokowi.

Ia juga menyebut sempat menolak menghadiri acara rapat konsolidasi nasional KPU jika belum menandatangani kenaikan tunjangan insentif anggota KPU.

"Alhamdulillah, kemarin sudah saya tanda tangani," kata Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi bahkan berkelakar bahwa dirinya tahu yang ditunggu anggota KPU RI bukan kehadirannya, melainkan kenaikan tunjangan insentif.

"Setelah kemarin saya tahu, waduh ini sejak 2014. Formula kenaikannya sederhana, hitung, hitung, hitung, ketemu, dan kemarin diputuskan kenaikan sebesar 50 persen," kata Jokowi disambut tepuk tangan peserta konsolidasi nasional.

Baca Juga: Ada Surat Permintaan Jokowi Jadi Ketum Golkar, Bahlil: Silakan Tanya ke Pembuat

Pada kesempatan itu, Presiden menyampaikan penghargaan dan sangat menghargai serta menghormati kerja keras KPU dari pusat sampai daerah yang telah sukses dan berhasil menyelenggarakan seluruh tahapan Pilpres dan Pemilu Legislatif 2024 secara aman, tertib dan lancar.

"Saya tahu capeknya belum hilang betul, benar? Masih pegal-pegal mungkin. Baru selesai juga (sengketa pemilu) di MK, baru kemarin. Tapi, beberapa hari lagi sudah memasuki tahapan pilkada serentak," jelasnya.

Presiden meyakini KPU memiliki bekal pengalaman lebih dari cukup. Namun, ia meminta jajaran KPU tetap waspada dan senantiasa melakukan terobosan agar pilkada semakin berkualitas dan hasilnya mendapatkan legitimasi masyarakat.

"Laksanakan (penyelenggaraan Pilkada) dengan penuh tanggung jawab dan dedikasi," ujar Jokowi. (Antara)

Editor: Dwi Bowo Raharjo

Tag:  #bikin #tersenyum #jelang #pilkada #serentak #alasan #jokowi #naikkan #tunjangan #insentif #anggota #persen

KOMENTAR