Jakarta Kemarin: Jessica Wongso Nge-blank usai Bebas hingga RK VS Kotak Kosong Dianggap Demokratis
Suasana di Bundaran Hotel Indonesi (HI), Jakarta, Selasa (23/4/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]
09:44
19 Agustus 2024

Jakarta Kemarin: Jessica Wongso Nge-blank usai Bebas hingga RK VS Kotak Kosong Dianggap Demokratis

Jessica Kumala Wongso akhirnya bisa menghirup udara bebas setelah dipenjara selama 8,5 tahun atas kasus kopi sianida yang menewaskan I Wayan Mirna Salihin pada 2016 silam. Jessica dinyatakan bebas bersyarat setelah mendapatkan remisi 58 bulan 30 hari.

Pemberitaan Jessica Wongso bebas penjara pada Minggu (18/8/2024) kemarin menjadi topik terhangat. Jessica pun mengungkap pesan pertamanya selepas bebas. Wanita yang kini berusia 35 tahun itu mengaku tidak memiliki dendam atas kasus yang menimpanya. Pasalnya, hingga dinyatakan bebas bersyarat, Jessica masih menyangkal sebagai pembunuh Mirna. 

Jessica Wongso didampingi pengacara dalam konferensi pers usai bebas bersyarat di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (18/8/2024)  [Suara.com/Tiara Rosana].Jessica Wongso didampingi pengacara dalam konferensi pers usai bebas bersyarat di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (18/8/2024) [Suara.com/Tiara Rosana].

Selain itu, meski telah bebas, Jessica mengaku masih bingung untuk pulang ke rumahnya. Dia pun mengaku masih nge-blank karena merasa bingung. Bahkan, dia pun mengaku belum kepikiran untuk melakukan hal apa setelah dirinya bebas.

Politikus PKS Suswono. [Instagram/pak_suswono]Politikus PKS Suswono. [Instagram/pak_suswono]

Selain itu, isu politik di Jakarta juga makin memanas menjelang pemilihan calon gubernur dan calon wakil gubernur (cagub-cawagub) 2024. Isu kotak kosong dan kandidat cawagub untuk Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta masih menjadi pemberitaan yang menonjol di Jakarta.

Baca Juga: Isu Santer Calon Tunggal di Pilkada Jakarta, PKB: Kotak Kosong Juga Demokratis

Nama politikus PKS, Suswono disebut-sebut bakal menjadi pendamping Ridwan Kamil di Pilgub. Peluang Suswono menjadi cawagub makin menguat sejumlah parpol lainnya seperti PKS, PKB, NasDem resmi bergabungan dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM)--pengusung Prabowo-Gibran yang kini dinyatakan sebagai presiden dan wakil presiden terpilih setelah dianggap memjadi pemenang di Pilpres 2024.

Sementara, mencuatnya isu kotak kosong yang akan menjadi lawan RK di Pilkada Jakarta masih menjadi isu yang belakangan berkembang.

Politikus Partai Golkar Ridwan Kamil (RK). (Suara.com/Novian)Politikus Partai Golkar Ridwan Kamil (RK). (Suara.com/Novian)

Isu kotak kosong itu diketahui muncul setelah RK disebut-sebut menjadi calon tunggal di Pilkada Jakarta.

Beredarnya isu itu pun sempat ditanggapi oleh Sekjen PKB Hasanuddin Wahid. Dia pun menganggap jika pasangan calon yang nantinya akan melawan kotak kosong juga bagian dari demokrasi.

Tak cuma isu Pilkada soal koalisi parpol di Jakarta yang sedang ramai diperbincangkan. Konflik PBNU dan PKB dan isu perebuatan pimpinan di Partai Golkar selepas Airlangga Hartarto lengser juga masih menjadi isu yang masih 'dimainkan' oleh para elite.

Baca Juga: PKB Telah Final Dukung RK-Suswono Untuk Pilkada Jakarta 2024

Berikut usalan dari sederet pemberitaan pilihan redaksi terkait peristiwa yang terjadi di Jakarta pada Minggu kemarin. Simak ulasannya!

1. Bebas, Terpidana Kopi Sianida Jessica Wongso Masih Bingung Pulang ke Mana

Jessica Wongso didampingi pengacara dalam konferensi pers usai bebas bersyarat di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (18/8/2024)  [Suara.com/Tiara Rosana].Jessica Wongso didampingi pengacara dalam konferensi pers usai bebas bersyarat di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (18/8/2024) [Suara.com/Tiara Rosana].

Terpidana kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin, Jessica Wongso bebas bersyarat pada hari ini, Minggu (18/8/2024) pagi tadi. Ini adalah hari yang dia nantikan selama 8,5 tahun berada di penjara.

"Saya hari ini bersyukur karena sudah bisa keluar dari lapas dan bertemu kembali dengan keluarga dan teman-teman dan ini pengacara-pengacara yang sudah seperti keluarga untuk saya," kata Jessica Wongso saat menggelar konferensi pers soal kebebasannya yang digelar di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (18/8/2024).

Baca selengkapnya

2. Tak Dendam, Jessica Wongso Akui Sudah Maafkan Semua Orang yang Menyakitinya

Jessica Kumala Wongso alias Jessica Wongso saat menggelar konferensi pers soal bebas bersyarat di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (18/8/2024). [Suara.com/Tiara Rosana]Jessica Kumala Wongso alias Jessica Wongso saat menggelar konferensi pers soal bebas bersyarat di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (18/8/2024). [Suara.com/Tiara Rosana]

Jessica Kumala Wongso, terdakwa kasus kopi sianida dengan korban Wayan Mirna Salihin bebas bersyarat pada hari ini, Minggu (18/8/2024). Jessica bebas dari Lapas Pondok Bambu, Jakarta Timur pada pagi hari tadi sekira pukul 9.36 WIB.

Bersama kuasa hukumnya, Otto Hasibuan, Jessica Wongso langsung menggelar konferensi pers soal kebebasannya. Di sana dia bercerita soal pengalamannya selama 8,5 tahun dipenjara serta rencana hidupnya ke depan. 

Baca selengkapnya

3. PKB Telah Final Dukung RK-Suswono Untuk Pilkada Jakarta 2024

Ridwan Kamil (RK). (Suara.com/Dea)Ridwan Kamil (RK). (Suara.com/Dea)

Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Hasanuddin Wahid menegaskan kalau partainya tetap koalisi dengan Gerindra, termasuk dalam Pilkada Jakarta 2024.

Oleh sebab itu, PKB juga mendukung bakal cagub-cawagub Jakarta yang diusung Gerindra bersama Koalisi Indonesia Maju (KIM) plus, yakni Ridwan Kamil-Suswono. 

4. Isu Santer Calon Tunggal di Pilkada Jakarta, PKB: Kotak Kosong Juga Demokratis

Sekjen PKB Hasanuddin Wahid. (Suara.com/Bagaskara)Sekjen PKB Hasanuddin Wahid. (Suara.com/Bagaskara)

Potensi kotak kosong di Pilkada Jakarta 2024 dinilai tidak menyalahi demokrasi. Hal tersebut ditanggapi Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Hasanuddin Wahid.

Menurut Wahid, berapa pun jumlah pasangan cagub-cawagub di Jakarta tentu berdasarkan kesepakatan semua partai politik.

Baca selengkapnya

5. Cak Imin Sindir PBNU: PKB Bukan Milik Muhaimin Atau NU, Tapi Milik Rakyat

Muhaimin Iskandar atau Cak Imin saat berikan sambutannya dalam acara serah terima Dokumen B.1-KWK Pasangan Bakal Calon Pilkada 2024 dari PKB di Jakarta, Minggu (18/8/2024). (Suara.com/Lilis)Muhaimin Iskandar atau Cak Imin saat berikan sambutannya dalam acara serah terima Dokumen B.1-KWK Pasangan Bakal Calon Pilkada 2024 dari PKB di Jakarta, Minggu (18/8/2024). (Suara.com/Lilis)

Ketua umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menegaskan bahwa PKB bukan milik sekelompok orang atau lembaga tertentu maupun perorangan. Menurut dia, PKB hanya menjadi milik rakyat Indonesia.

Pernyataan itu disampaikan Cak Imin saat berikan sambutannya dalam acara serah terima Dokumen B.1-KWK Pasangan Bakal Calon Pilkada 2024 dari PKB di Jakarta.

6. Ace Sebut Ada 37 DPD Dari 38 Provinsi Sepakat Dukung Bahlil Jadi Ketum Golkar

Sekretaris Panitia Penyelenggara Munas dan Rapimnas Partai Golkar 2024 Ace Hasan Syadzily. (Suara.com/Dea)Sekretaris Panitia Penyelenggara Munas dan Rapimnas Partai Golkar 2024 Ace Hasan Syadzily. (Suara.com/Dea)

Sekretaris Panitia Penyelenggara Munas dan Rapimnas Partai Golkar 2024 Ace Hasan Syadzily mengungkapkan dukungan terhadap Menteri Investasi Bahlil Lahadalia untuk menjadi calon Ketua Umum Golkar.

Dukungan itu disebut sudah muncul jelang pelaksanaan Munas dan Rapimnas yang akan digelar pada Selasa (20/8/2024) dan Rabu (21/8/2024) di JCC Senayan, Jakarta Pusat.

Editor: Agung Sandy Lesmana

Tag:  #jakarta #kemarin #jessica #wongso #blank #usai #bebas #hingga #kotak #kosong #dianggap #demokratis

KOMENTAR