Sambut Hari Kemerdekaan, Shopee Merayakan Semangat Lokal Bersama Prilly dan Mine Perfumery
Director of Business (Fashion & FMCG) Shopee Indonesia, Putri Lukman bersama Artis Prilly Latuconsina, Creator Dara Sarasvati dan Shan Felita, CEO MINE Perfumery. (Dok: Restu Fadilah/Suara.com)
17:04
15 Agustus 2024

Sambut Hari Kemerdekaan, Shopee Merayakan Semangat Lokal Bersama Prilly dan Mine Perfumery

Hari Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 2024 tinggal sebentar lagi. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk memeriahkan hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-79 ini, salah satunya dengan memperkuat budaya lokal. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk memperkuat budaya lokal, misalnya dengan mengikuti kampanye 17.8 Festival Pilih Lokal yang diselenggarakan Shopee sejak 9 hingga 17 Agustus 2024.

Director of Business (Fashion & FMCG) Shopee Indonesia, Putri Lukman mengatakan, Shopee bangga dapat menemani masyarakat merayakan momen kemerdekaan Indonesia yang ke-79. Sejalan dengan misi Shopee untuk terus meningkatkan kualitas hidup seluruh pengguna melalui teknologi, Shopee memaknai arti kemerdekaan sebagai kesetaraan akses bagi setiap individu dalam menggapai mimpi.

Sejak hadir di Indonesia, Shopee telah menciptakan akses inklusif untuk memberdayakan lebih banyak pelaku usaha lokal berkembang. Hal ini terlihat, di mana 93% transaksi di platform berasal dari produk-produk lokal pada 2023. Tidak hanya itu, hadirnya fitur serta program seperti Shopee Pilih Lokal, merupakan bentuk nyata dukungan untuk memberikan panggung terhadap pelaku usaha lokal serta menambah eksposur bagi banyak produk lokal unggulan.

"Inovasi ini pun berhasil mencatatkan lebih dari 29 juta kunjungan laman Shopee Pilih Lokal selama paruh pertama tahun 2024," tutur Putri Lukman dalam Media Gathering "Rayakan Semangat Lokal di Tengah Era Digital bersama Shopee di Lumpang Emas Signature, Jakarta Selatan, Kamis, (15/8/2024).

Baca Juga: Prilly Latuconsina Beri Pesan Menohok untuk Cut Intan Nabila, Singgung Soal Rujuk

Lebih jauh dia menjelaskan, momentum bulan kemerdekaan, kerap dimanfaatkan seluruh lapisan masyarakat, khususnya generasi muda untuk terus berkreasi mencari cara baru dalam berkontribusi melanjutkan perjuangan kemerdekaan di era digital. Mulai dari para sineas film dan musisi yang mengintegrasikan unsur budaya dalam karyanya, para konten kreator yang mempromosikan potensi lokal di media sosial, hingga para pelaku usaha yang berinovasi menghadirkan produk lokal berkualitas.

"Begitu juga dengan Shopee yang terus berupaya menghadirkan fitur dan program yang dapat dimanfaatkan para pelaku usaha lokal untuk menciptakan bisnis berkelanjutan. Di saat yang sama, menjadi wadah yang memberikan kemudahan akses bagi pengguna untuk berbelanja produk lokal," lanjutnya.

Sepanjang kampanye berlangsung, Shopee berkolaborasi bersama mitra UMKM dan brand lokal untuk menghadirkan berbagai ragam pilihan produk dari berbagai kategori untuk memenuhi kebutuhan pengguna dengan berbagai promo menarik seperti Flash Sale RP17, Gratis Ongkir RP0 Se-Indonesia dan Ekstra Diskon 79%.

Selain menghadirkan diskon menarik, melalui acara yang bertajuk ‘Rayakan Semangat Lokal di tengah Era Digital bersama Shopee’, Shopee mengundang Prilly Latuconsina, Dara Sarasvati, serta brand lokal MINE. Perfumery untuk berbagi kisah inspiratif mereka dalam mengisi momen kemerdekaan melalui peran yang beragam. Termasuk, dengan memanfaatkan berbagai inovasi yang dihadirkan Shopee untuk menunjang kebutuhan mereka dalam berkarya dan berkontribusi.

Prilly Latuconsina Rayakan Budaya Lokal Lewat Karya

Baca Juga: Tak Ikut ke IKN, Raffi Ahmad Doakan Perayaan HUT RI Berjalan Lancar

Bagi Prilly Latuconsina, dengan memahami dan mencintai kearifan lokal dapat menjadi langkah awal untuk berkontribusi melestarikan nilai budaya lokal di tengah era digital. Sadar akan perannya sebagai aktor dan public figure, Prilly semakin konsisten terlibat dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pelestarian budaya lokal. Tidak hanya melalui perannya dalam film, tetapi juga bagaimana Prilly berhasil mengemas karya-karya film yang diproduksinya untuk dapat mempromosikan nilai luhur kebudayaan.

“Dalam merayakan semangat lokal, aku sendiri memiliki berbagai cara. Baik secara profesional serta sebagai pribadi aku. Berkolaborasi memperkenalkan keindahan destinasi wisata Indonesia, membangun gerakan kolektif yang sadar akan isu sosial dan budaya hingga memperkenalkan bahasa ataupun adat melalui pakaian saat film ku ditampilkan pada festival Internasional. Tidak hanya itu, aku pun sadar, sebagai public figure, aku dapat memanfaatkan media sosial untuk terus menyadarkan masyarakat akan pentingnya melestarikan budaya di tengah era digital. Itu pun banyak cara, seperti share pakaian atau kebutuhan perawatan kecantikan dari brand-brand lokal apa saja yang aku gunakan. Nah, dengan tingginya mobilitas ku, aku banyak mengandalkan Shopee sebagai teman ‘sat-set’ aku, baik untuk memenuhi berbagai kebutuhan rumah, pakaian untuk shooting, aksesoris tradisional untuk melengkapi tampilan saat gala premiere maupun di festival film, hingga kuliner lokal buat aku ngemil di sela kegiatan. Apalagi dengan adanya laman Shopee Pilih Lokal, yang menawarkan kita berbagai produk lokal dari ragam kategori. Selain memenuhi kebutuhan, aku juga bisa menambah pengetahuan. Tak jarang, aku pun ikut merekomendasikan sejumlah produk lokal yang aku pakai kepada followers di sosial media karena aku menyadari apa yang aku lakukan dan gunakan dapat menginspirasi banyak orang," jelas Prilly Latuconsina.

Mine Perfumery Majukan Industri Parfum Lokal Lewat Inovasi Wangi Khas Indonesia

Melihat potensi besar pasar brand parfum lokal yang berkembang, Shan Felita, CEO MINE Perfumery, mendirikan brand parfumnya dikala belum banyak yang menawarkan varian wangi luxurious dengan semangat memajukan industri dalam negeri. Sejak berdiri, MINE Perfumery memiliki pendekatan produksi parfum yang bermutu kualitas tinggi agar sejajar dengan standar brand parfum internasional. Bekal pengetahuan tersebut diperoleh oleh sang CEO melalui pengalamannya saat bekerja di kota ‘pusat mode dunia’, Paris. Melalui produk-produknya, MINE. Perfumery berupaya mengenalkan keberagaman budaya Indonesia dengan menggunakan bahan alami dari Indonesia dengan grade terbaik. Contohnya, seperti minyak Patchouli dari Sulawesi yang menghasilkan racikan wangi lebih deep, earthy dan luxurious.

Tidak hanya itu, untuk terus membawa semangat lokal di setiap tanggal 17 Agustus, MINE kerap menghadirkan parfum edisi terbatas dengan nama UNBOUND, yang artinya tidak terikat. Ini merepresentasikan budaya Indonesia, dari masa lalu, masa kini dan masa depan. Produk ini menggunakan wewangian yang merepresentasikan Indonesia melalui rempah-rempah, seperti cengkeh, pala, dan kayu cendana demi menggambarkan kekayaan alam Indonesia.

“MINE Perfumery memiliki semangat untuk mengedukasi masyarakat mengenal keunikan sensasi wangi parfum berbahan baku kekayaan alam Indonesia yang berkualitas global. Semangat ini kami realisasikan dengan memanfaatkan peluang yang dihadirkan platform e-commerce, seperti Shopee untuk memperluas jangkauan kreasi parfum MINE agar dapat dinikmati seluruh masyarakat. Dari tahun ke tahun kami terus mengoptimalkan fitur yang dihadirkan oleh Shopee. Shopee Live sendiri saat ini banyak menarik perhatian konsumen dan memberikan pengaruh signifikan. Salah satunya terlihat pada puncak kampanye 8.8 kemarin, MINE Perfumery mengalami peningkatan pesanan hingga 17 kali lipat dibandingkan hari biasa. Dampak signifikan ini dipengaruhi oleh peran Shopee Live yang menawarkan kemudahan bagi pelaku usaha untuk lebih dekat dengan para konsumen”, jelas Shan Felita, CEO MINE Perfumery.

Dara Sarasvati: Lestarikan Kekayaan Budaya melalui Konten Kreatif

Sukses menghebohkan dunia jagat maya melalui konten kreatifnya yang viral bergaya pakaian adat, Dara Sarasvati, mewujudkan mimpinya untuk melestarikan kebudayaan Indonesia melalui perannya sebagai content creator. Lahir dan besar di berbagai daerah, tumbuh kembang perempuan yang akrab disapa Dara ini dipengaruhi oleh banyak kebudayaan. Hal itu memotivasi dirinya untuk terus berkreasi membawa unsur kebudayaan menjadi konten kreatif di sosial media. Dara mulai berkarya dengan membuat konten yang mengangkat busana tradisional dari berbagai daerah, hingga beragam pakaian khas tokoh legendaris seperti Roro Jongrang, Nyi Roro Kidul, dan Ken Dedes. Melalui beragam karyanya, ia berharap perannya dalam memperkenalkan keindahan pakaian adat khas Nusantara dapat menginspirasi banyak orang untuk ikut bergabung bergotong royong melestarikan kebudayaan lokal.

“Di era digital ini, aku meyakini kemerdekaan adalah kebebasan bagi setiap orang untuk menyuarakan ide dan berbagi kreativitas melalui teknologi. Seperti Shopee yang selama ini sangat membantuku dalam memenuhi berbagai kebutuhannya dalam berkarya. Mulai dari fitur Shopee Mall, yang memberikan pengalaman belanja yang sangat nyaman dan aman dengan jaminan produk 100% ori. Aku juga gemar mencari ragam inspirasi fashion dan beauty terbaru melalui fitur interaktif Shopee Live dan Shopee Video. Biasanya, aku rutin mengisi waktu luang untuk menonton konten di kedua fitur interaktif tersebut sebagai menjadi bahan pertimbangan keputusan sebelum check-out produk. Setiap berbelanja melalui fitur Shopee Live dan Shopee Video, aku merasa terhubung lebih dekat dengan para penjual sehingga mampu mendapatkan informasi yang lengkap tentang produk yang ingin aku beli," jelas Dara Sarasvati.

Editor: Fabiola Febrinastri

Tag:  #sambut #hari #kemerdekaan #shopee #merayakan #semangat #lokal #bersama #prilly #mine #perfumery

KOMENTAR