Kubu Anies-Muhaimin Bakal Fokus Sasar ''Undicided Voters'' untuk Amankan Suara di Pilpres 2024
Wakil Kapten Timnas Pemenangan Anies-Muhaimin (Amin) Jazilul Fawaid di Kompleks Widya Chandra, Jakarta Selatan, Selasa (19/12/2023). (KOMPAS.com/ Tatang Guritno)
21:22
19 Januari 2024

Kubu Anies-Muhaimin Bakal Fokus Sasar ''Undicided Voters'' untuk Amankan Suara di Pilpres 2024

- Wakil Ketua Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Anies-Muhaimin (Amin) Jazilul Fawaid mengatakan bakal fokus untuk menyasar undicided voters atau pemilih yang belum menentukan pilihan untuk mengamankan suara di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Dia mengatakan, cara itu mesti ditempuh agar calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) nomor urut 1, Anies-Muhaimin, bisa mencapai target 38 persen suara pada pilpres mendatang.

“Cara kerja yang dilakukan, ya datang langsung ke masyarakat, ajak masyarakat untuk menyedekahkan suaranya untuk pasangan Amin (Anies-Muhaimin),” ujar Jazilul pada Kompas.com, Jumat (19/1/2024).

Dia lantas mengungkapkan, undecided voters banyak tersebar di wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Menurut Jazilul, di Jawa Tengah, kubu Anies-Muhaimin mesti cerdik memanfaatkan momen persaingan antara capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dengan capres-cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Pasalnya, berdasarkan analisis Litbang Kompas pada 29 November-4 Desember 2023, Ganjar-Mahfud memiliki elektabilitas sebesar 31,6 persen di Jawa Tengah. Sedangkan Prabowo-Gibran memperoleh elektoral 29,6 persen.

Sementara itu, Anies-Muhaimin berada di urutan ketiga dengan perolehan elektabilitas hanya 4,3 persen.

“Memang di Jawa Tengah itu rata-rata undiceded voters-nya masih tinggi dan terlihat ada perebutan antara kubu 02 dan 03, nah ini kubu 01 harus memanfaatkan keadaan,” kata Jazilul.

“Saya yakin, hasil survei yang cuma empat persen itu nanti faktanya di lapangan akan berbeda jauh hasilnya. Karena ada juga undiceded voters yang ada di situ,” ujarnya lagi.

Terakhir, Jazilul mengungkapkan, strategi pemenangan juga bakal dilakukan dengan terus menyampaikan visi, misi, dan citra di media sosial.

Jazilul mengatakan, saat ini Anies dan Muhaimin sudah cukup populer di masyarakat karena penetrasi kampanye menggunakan media sosial.

“Media sosial kita harus kencang. Tapi memang beda antara media sosial dengan dunia nyata. Media sosial sangat dipengaruhi dengan tren, alhamdulilah pasangan Amin ini di medsos yang dulunya masih di bawah, sekarang masih imbang saja. Dulu kan dianggap raja TikTok adalah Pak Ganjar, sekarang tidak lagi,” kata Jazilul.

Editor: Tatang Guritno

Tag:  #kubu #anies #muhaimin #bakal #fokus #sasar #undicided #voters #untuk #amankan #suara #pilpres #2024

KOMENTAR