JIS Jadi Kandang Persija untuk Liga 1 2024-2025, Anies Senang Banget: Akhirnya Terlaksana
Stadion Internasional Jakarta (JIS), (Antara/Michael Siahaan)
21:16
8 Agustus 2024

JIS Jadi Kandang Persija untuk Liga 1 2024-2025, Anies Senang Banget: Akhirnya Terlaksana

Eks Gubernur Jakarta Anies Baswedan mengaku senang akhirnya klub sepak bola Persija Jakarta menjadikan Jakarta International Stadium (JIS) untuk kandang mereka pada Liga 1 musim 2024/2025. Apalagi, upaya ini sudah lama direncanakan sejak JIS diresmikan tahun 2022 lalu.

Pelaksanaan pembangunan JIS hingga peresmian dilakukan pada era kepemimpinan Anies periode 2017-2022. Anies memproyeksikan stadion berkapasitas 82 ribu orang itu menjadi kandang tom berjuluk Macan Kemayoran.

"Saya bersyukur sekali bahwa JIS sekarang sudah bisa dimanfaatkan sesuai tujuan awalnya, digunakan untuk persija. Jadi, saya senang akhirnya ini bisa terlaksana dan mudah mudahan sebagai rumah baru Persija," ujar Anies di Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis (8/8/2024).

Anies pun berharap dengan dijadikannya JIS sebagai stadion tuan rumah, Persija bisa terus mengukir prestasi dalam sepak bola. Begitu juga dengan suporter Persija, Jakmania kini memiliki tempat yang nyaman milik sendiri untuk menyaksikan tim kesayangannya.

Baca Juga: Isu Penjegalan Anies Baswedan, Waketum PKB: KIM Plus Baru Wacana

"Nantinya, akan membuat prestasi Persija lebih baik dan semua pendukung, the Jakmania, semuanya akan memiliki sebuah tempat yang bisa mereka banggakan," jelasnya.

Lebih lanjut, Anies menyinggung pembuatan JIS yang sepenuhnya dikerjakan oleh anak bangsa. Maka menurutnya, sudah selayaknya stadion itu menjadi kandang bagi tim andalan Jakarta.

Apalagi, dengan kapasitas kursi yang banyak, maka tujuan sepak bola sebagai salah satu alat pemersatu bisa diwujudkan.

"Karena yang duduk disana bersebelahan dengan segala macam latar belakang, datang dengan perasaan yang sama berada ditempat itu karena itu merupakan wadah pemersatu," tuturnya.

"Nah, saya senang sekali bahwa JIS sudah bisa dipakai oleh Persija. Mudah mudahan langgeng jadi rumahnya Persija," tambahnya memungkasi.

Baca Juga: Bukan Anies, Warga Jakbar Nilai Sosok Ini Lebih Pantas Pimpin Jakarta yang Keras

Didaftarkan Persija

Sebelumnya kabar gembira bagi Jakmania! Persija Jakarta resmi mendaftarkan Jakarta International Stadium (JIS) sebagai markas mereka untuk mengarungi Liga 1 musim 2024/2025.

Hal ini menandakan berakhirnya era Persija sebagai tim musafir yang kesulitan mencari tempat menggelar laga kandang.

Musim lalu, Persija terpaksa bermain di luar Jakarta karena JIS masih dalam tahap pembangunan dan SUGBK lebih banyak digunakan untuk kegiatan lain.

Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi yang biasa menjadi markas alternatif pun sedang dalam tahap renovasi.

Memasuki musim baru, manajemen Persija telah mendaftarkan JIS sebagai homebase utama.

SUGBK juga didaftarkan, namun hanya untuk pertandingan-pertandingan besar.

Eks Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (Suara.com/Fakhri)Eks Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (Suara.com/Fakhri)

"Kami akan lebih banyak bermain di Jakarta pada musim depan," ujar Direktur Utama Persija, Ambono Janurianto.

"Pertandingan kandang akan dilangsungkan di JIS, dan untuk laga besar, mungkin kami akan menggunakan SUGBK."

Keputusan ini diharapkan dapat meningkatkan performa Persija yang menurun di musim lalu, salah satunya karena faktor bermain kandang di luar Jakarta.

Baca Juga: Menilik Performa Carlos Pena Sebelum Latih Persija, Jarang Menang?

Macan Kemayoran terpaksa banyak melakoni laga kandang di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali.

"Musim lalu kami mengalami kendala karena banyak acara dan stadion di Jakarta dipakai untuk hal lain, ditambah renovasi Stadion Patriot, sehingga kami harus bermain kandang di tempat lain," jelas Ambono.

Editor: Dwi Bowo Raharjo

Tag:  #jadi #kandang #persija #untuk #liga #2024 #2025 #anies #senang #banget #akhirnya #terlaksana

KOMENTAR