Silsilah Keluarga Tri Rismaharini, Cucu Pendiri NU Namanya Masuk Radar Lawan Khofifah di Pilkada Jatim 2024
Tri Rismaharini (Instagram @trirismaharini_official)
09:49
8 Agustus 2024

Silsilah Keluarga Tri Rismaharini, Cucu Pendiri NU Namanya Masuk Radar Lawan Khofifah di Pilkada Jatim 2024

Tri Rismaharini yang kondang menjadi pemimpin daerah dan kini menjabat sebagai Menteri Sosial, ternyata berasal dari keluarga yang tidak sembarangan. Silsilah keluarga Tri Rismaharini dapat dirunut, dan terkait dengan banyak sosok penting dan populer di Indonesia.

Mungkin sudah menjadi pengetahuan banyak orang jika kakeknya adalah sosok yang sama dengan kakek dari  Mohammad Nuh, mantan Menteri Pendidikan yang pernah menjabat selama beberapa waktu di Indonesia.

Namun yang cukup mengejutkan adalah bahwa dirinya juga keturunan dari Mbah Jayadi, sosok pendiri NU, organisasi Islam terbesar di Indonesia. Bagaimana silsilah keluarga Tri Rismaharini ini?

Mengenal Lebih Jauh Sosok Mohammad Nuh dan Mbah Jayadi

Baca Juga: Emil Dardak Tak Terpengaruh Isu Risma diusung PDIP di Pilkada Jatim

Mohammad Nuh sendiri sebenarnya bukan nama baru di Indonesia. Sosoknya pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan di tahun 2009 hingga tahun 2014, saat era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono dan Boediono.

Mohammad Nuh merupakan anak ketiga dari total 10 bersaudara, dan merupakan putra dari Muchammad Nabhani. Sang ayah dikenal sebagai pendiri Pondok Pesantren Gununganyar, Surabaya, yang masih memiliki garis saudara dengan keluarga Tri Rismaharini.

Ia kemudian mengawali karir sebagai dosen di Fakultas Teknik Elektro ITS di tahun 1984 lalu, dan mendapatkan beasiswa untuk meneruskan pendidikan di Universite Science et Technique du Languedoc, Prancis.

Lalu siapa sosok Mbah Jayadi?

Nama Mbah Jayadi sendiri muncul pada percakapan Risma saat berkunjung ke Museum NU di Surabaya, ketika dirinya menyerahkan salah satu peninggalan keluarga besarnya.

Baca Juga: Khofifah Diprediksi Menang Mudah, Sekalipun Risma Maju Pilgub Jatim

Risma mengaku sebagai cucu dari Mbah Jayadi, yang merupakan salah seorang pendiri NU. Risma mengatakan bahwa garis keturunan Mbah Jayadi berasal dari nasab sang ayah.

Sekilas Menilik Tokoh Pendiri NU

Namun demikian sosok Mbah Jayadi yang disebutkan Risma tidak dapat diketahui dengan pasti sebagai pendiri NU. Dari artikel yang ada di situs NU Online, terdapat tujuh nama yang menjadi tokoh pendiri organisasi ini.

Ketujuh nama tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

  • Syekh Kholil Bangkalan
  • Hadratussyaikh KH Hasyim Asy’ari
  • KH Abdul Wahab Chasbullah
  • KH Bisri Syansuri
  • KH As’ad Syamsul Arifin Situbondo
  • KH Mas Alwi
  • KH Ridwan Abdullah

Kemungkinan besar, Mbah Jayadi sendiri turut berkontribusi dalam pendirian dan banyak kegiatan NU, namun tercatat dengan nama berbeda dalam berkas legalnya.

Selain itu, Mbah Jayadi kakek buyut Risma, juga disebut sebagai satu diantara panglima perang Pangeran Diponegoro pada masa itu. Kini peninggalan tokoh ini telah diserahkan Risma ke Museum NU di Surabaya.

Adapun peninggalan tersebut adalah keris, ndok bledhek, klak bahu dan dua buah gaman keris tombak. Risma adalah salah satu anak perempuan dari pasangan M Chuzuzaini dan Siti Muajiatun.

Ayahnya bekerja sebagai PNS di kantor pajak. Risma merupakan anak ketiga dari 5 bersaudara. 

Suami Tri Rismaharini

Djoko Saptoadji, Suami Tri Rismaharini dan keluarga Risma (instagram @fuadbenardi)Djoko Saptoadji, Suami Tri Rismaharini dan keluarga Risma (instagram @fuadbenardi)

Kekinian, Risma telah memiliki dua anak setelah menikah dengan Djoko Saptoadji. Putra pertama Tri Rismaharini bernama Fuad Benardi. Sementara anak keduanya bernama Tantri Gunarni.

Sementara itu, suami Tri Rismaharini merupakan seorang Insinyur yang bekerja di ranah swasta. Dikabarkan, Djoko bekerja di sebuah perusahaan yang kerap berkutat di pabrik daerah Mojokerto.

Risma dan suaminya bertemu pada saat kuliah di Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS). Saat itu Risma mengambil jurusan Arsitektur, sementata sang suami mengambil jurusan di Teknik Elektro.

Sosok Menteri Sosial di kabinet Jokowi baru-baru ini kembali dibicarakan lantaran namanya masuk dalam radar Pilkada Jawa Timur 2024. Bahkan Risma disebut menjadi pesaing kuat dari Khofifah Indar Parawansa di Pilgub Jatim 2024.

Meskipun begitu, Pengamat Politik Universitas Brawijaya (UB) Malang Wawan Sobari menyebut keberadaan Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) lebih condong ke pihak Khofifah.

Padahal Risma pun masih memiliki keturunan pendiri NU. Hal inilah yang menurut pandangan Wawan Sobari, Khofifah masih sulit disaingi oleh kandidat lainnya. 

"Bu Khofifah masih sulit dikalahkan pada Pilkada Jawa Timur karena memiliki kekuatan dari Muslimat NU," kata Wawan di Kota Malang, Jawa Timur, Minggu (4/8/2024).

Itu tadi sekilas tentang silsilah keluarga Tri Rismaharini yang dapat disampaikan dalam artikel ini. 

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Editor: Rifan Aditya

Tag:  #silsilah #keluarga #rismaharini #cucu #pendiri #namanya #masuk #radar #lawan #khofifah #pilkada #jatim #2024

KOMENTAR