Warna Istana Garuda IKN yang Disebut Mirip Kelelawar akan Menghijau seperti GWK Bali
Lanskap Desain Istana Kepresidenan Nusantara di Ibu Kota Negara, Kalimantan. (Foto: Dok. Nyoman Nuarta) - Penampilan Istana Garuda Ibu Kota Nusantara (IKN) menuai kritik dari publik karena berwarna gelap hingga disebut suram dan mirip kelelawar.  
09:06
7 Agustus 2024

Warna Istana Garuda IKN yang Disebut Mirip Kelelawar akan Menghijau seperti GWK Bali

- Penampilan Istana Garuda Ibu Kota Nusantara (IKN) menuai kritik dari publik karena berwarna gelap hingga disebut suram dan mirip kelelawar

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sekaligus Pelaksana tugas (Plt) Kepala Otorita IKN, Basuki Hadimuljono, memastikan warna Istana Garuda lambat laun akan berubah menjadi hijau.

Ia menjelaskan, bilah-bilah perunggu pada Istana Garuda nantinya akan teroksidasi sehingga warnanya berubah menjadi hijau cerah.

Proses oksidasi itu, kata Basuki, kurang lebih bakal mirip dengan kondisi oksidasi Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) Bali. 

Basuki menegaskan, penampakan bangunan akan sama seperti desain akhir karya arsitek I Nyoman Nuarta.

"Menurut Pak Nyoman Nuarta (perancang Istana IKN), itu kalau nanti kena oksidasi itu jadi hijau seperti GWK (Garuda Wisnu Kencana)," ujar Basuki di Kantor Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), Jakarta, Selasa (6/8/2024).

"Enggak (seperti kelelawar). Itu jadi kan perunggu yang dikasih cairan, nanti akan oksidasi menjadi lebih hijau, persis GWK," lanjutnya. 

Meski demikian, Basuki tak merinci butuh berapa lama proses oksidasi itu.  

"Kayak GWK itu berapa lama ? Kan ini IKN untuk jangka panjang," pungkasnya. 

Warganet menyebut, sayap Istana Garuda yang berwarna coklat menimbulkan kesan suram.

Tak sedikit pula yang menyebut Istana Garuda seperti rumah kelelawar karena warna sayap yang gelap.

Mereka menyesalkan rancangan Istana Garuda IKN

Dikutip dari laman resmi Kemenparekraf, Istana Garuda dibangun dengan lahan seluas 55,7 Ha dengan luas tapak 334.200 meter persegi. 

Nyoman Nuarta menyebut, Istana Kepresidenan itu dirancang sebagai sesosok rumah yang berasosiasi pada burung Garuda. 

"Tidak hanya berhenti pada landmark sebuah kawasan, tetapi lebih sebagai perwujudan pencapaian sinergi antara seni, sains, dan teknologi. Perpaduan ketiganya selalu mewarnai keberadaan bangunan-bangunan ikonik di seluruh dunia."

"Desain Istana Garuda akan benar-benar ditransformasikan dan diwujudkan dalam sebentuk pola arsitektur dengan mempertimbangkan aspek-aspek estetik, nilai guna, serta manfaat bagi kemajuan dunia pariwisata Tanah Air,” kata Nuarta, dikutip Selasa (7/8/2024). 

Menurut Nyoman, burung Garuda menjadi desain karena kaitannya yang sangat erat dengan Indonesia. 

IKN 00 Lanskap Desain Istana Kepresidenan Nusantara di Ibu Kota Negara, Kalimantan. (Foto: Dok. Nyoman Nuarta).

Garuda juga merupakan simbol persatuan dan bagian dari lambang negara, Bhineka Tunggal Ika. 

"Presiden akan berkantor di Istana Garuda, seolah berada di garis depan untuk memimpin bangsa ini menggapai cita-cita, keadilan sosial, kemakmuran bersama."

"Secara simbolik, peran ini mengandung bahasa keindahan, keramahtamahan, keteduhan kemandirian, serta kewibawaan sebagai pemimpin bangsa yang besar," ujar Nuarta.

(Tribunnews.com/Milani Resti/Reza Deni)

Editor: Suci BangunDS

Tag:  #warna #istana #garuda #yang #disebut #mirip #kelelawar #akan #menghijau #seperti #bali

KOMENTAR