Dirujak usai Pamer Pilates dan Nongkrong di Kafe, DPRD DKI Santai Zita Anjani Bolos Rapat Paripurna, Apa Alasannya?
Dirujak usai Pamer Pilates dan Nongkrong di Kafe, DPRD DKI Santai Zita Anjani Bolos Rapat Paripurna, Apa Alasannya? (tangkapan layar/Instagram)
13:32
1 Agustus 2024

Dirujak usai Pamer Pilates dan Nongkrong di Kafe, DPRD DKI Santai Zita Anjani Bolos Rapat Paripurna, Apa Alasannya?

Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris DPRD DKI Jakarta Augustinus buka suara terkait banyak anggota DPRD DKI Jakarta yang bolos saat rapat paripurna pada 29 Juli 2024 lalu. Wakil Ketua DPRD DKI Zita Anjani turut menjadi sorotan karena pamer makan keik di sebuah kafe hingga latihan pilates ketimbang ikutan rapat.

Putri Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan alias Zulhas itu bahkan sampai dirujak oleh banyak netizen di media sosial atas kelakuannya itu. Apalagi, bukan hanya sekali saja Zita rapat, tapi juga berulang kali.

Augustinus mengatakan, pada rapat paripurna 29 Juli itu, agendanya adalah pemandangan umum fraksi-fraksi DPRD DKI dan jawaban gubernur atas Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (P2APBD) DKI tahun 2023.

Seluruh pimpinan dewan tidak diwajibkan untuk hadir dalam agenda itu.

Baca Juga: Dituding Bersekongkol dengan Transjakarta soal Kuota Mikrotrans, Taufik Azhar Balas Sopir Angkot: Pendemo Cemburu

Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN), Zita Anjani. (Suara.com/Novian)Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN), Zita Anjani. (Suara.com/Novian)

"Terkait ramainya mengenai tidak hadirnya beberapa pemimpin DPRD DKI Jakarta pada saat rapat paripurna tanggal 29 kemarin, saya ingin menjelaskan bahwa rapat kemarin adalah rapat paripurna pandangan umum fraksi, bukan rapat pengambilan keputusan," ujar Aga kepada wartawan, Kamis (1/8/2024).

"Di mana rapat tersebut memungkinkan untuk dipimpin oleh satu orang pimpinan saja," lanjutnya menambahkan.

Meski tak wajib hadir, Augustinus menyebut harus ada salah satu pimpinan dewan yang memimpin rapat. Ia menyebut kelima pimpinan sudah berkoordinasi untuk menentukan siapa saja yang hadir.

"Dan pada rapat kemarin, sudah dibagi tugas siapa pimpinan rapatnya. Biasanya yang tidak hadir karena melakukan kegiatan lainnya," pungkasnya.

Rapat paripurna yang digelar di gedung DPRD DKI pada Senin (29/7/2024) terpantau sepi. Lebih dari setengah jumlah anggota dewan Kebon Sirih tak menghadiri rapat yang membahas soal Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pertanggungjawaban Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah tahun 2023 (P2APBD). 

Baca Juga: Bolos Rapat DPRD Demi Latihan Pilates, Zita Anjani Curhat Dirujak Buzzer Gegara Pilkada Jakarta: Politik Kejam

Dalam rapat ini, fraksi-fraksi DPRD DKI menyampaikan pemandangan atas Raperda P2APBD itu. Kemudian, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Heru Budi Hartono yang juga ikut hadir menyampaikan jawaban atas pemandangan fraksi. 

Rapat yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD DKI dari fraksi PKS, Khoiruddin ini juga molor dari jadwal. Seharusnya, rapat dimulai pukul 10.00 WIB. 

Namun, Khoiruddin baru membuka rapat sekitar pukul 11.27 WIB dengan agenda pemandangan fraksi-fraksi atas Raperda P2APBD. 

Rapat paripurna yang digelar di gedung DPRD DKI Jakarta pada Senin (29/7/2024) terpantau sepi. (Suara.com/Fakhri)Rapat paripurna yang digelar di gedung DPRD DKI Jakarta pada Senin (29/7/2024) terpantau sepi. (Suara.com/Fakhri)

Pantauan , rapat sudah terpantau sepi dari awal. Hanya sedikit kursi yang terisi beberapa anggota dewan. 

Bahkan, saat Heru Budi menyampaikan jawaban atas pemandangan fraksi, terlihat tak sampai 15 orang ada di ruangan. 

Berdasarkan daftar kehadiran anggota, dari 106 anggota DPRD DKI, hanya 43 orang yang mengisi tanda tangan kehadiran rapat. Bahkan, awalnya yang duduk di bangku pimpinan dewan hanya Khoiruddin sendiri. Namun, Wakil Ketua DPRD DKI dari Fraksi Demokrat, Misan Samsuri hadir di pertengahan rapat. 

Sisanya, Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi, Wakil Ketua DPRD DKI dari PAN Zita Anjani, dan Wakil Ketua DPRD DKI Rany Mauliani terpantau tak hadir. Berdasarkan penelusuran di akun Instagram ketiganya, terlihat Zita Anjani mengunggah video dirinya sedang pilates pada saat beesamaan rapat paripurna berlangsung. Kemudian, putri Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan itu terlihat pamer sedang asyik makan keik.

Editor: Agung Sandy Lesmana

Tag:  #dirujak #usai #pamer #pilates #nongkrong #kafe #dprd #santai #zita #anjani #bolos #rapat #paripurna #alasannya

KOMENTAR