Fakta-Fakta Kapal Kominfo Hilang Kontak, BTS untuk Papua Pegunungan Lenyap?
Ilustrasi kapal (Unsplash/pixel2013 ) - Fakta-Fakta Kapal Kominfo Hilang Kontak, BTS untuk Papua Pegunungan Lenyap?
16:44
23 Juli 2024

Fakta-Fakta Kapal Kominfo Hilang Kontak, BTS untuk Papua Pegunungan Lenyap?

Berita mengejutkan datang dari wilayah Papua Pegunungan. Kapal Cita XX yang membawa material Base Transceiver Station (BTS) Bakti Kominfo dilaporkan hilang kontak. Insiden ini memicu kekhawatiran besar karena kapal tersebut mengangkut perangkat penting untuk pembangunan infrastruktur komunikasi di daerah tersebut.

Seperti apa kronologi dan fakta kapal Kominfo hilang kontak? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini, yang telah berhasil dirangkum dari berbagai sumber. 

Kronologi Penjelasan dari Kominfo

Kapal yang berangkat dari Timika menuju Yahukimo sudah hilang kontak selama tiga hari terakhir. Menurut laporan Antara pada Senin (22/7/2024), kapal tersebut meninggalkan Timika pada Senin (15/7) sekitar pukul 05.43 WITA dan dijadwalkan tiba di Yahukimo pada Kamis (18/7).

Kapal berjenis LCT GT 145 tersebut terakhir kali berkomunikasi dengan kapal Prima Jaya pada hari Selasa (16/7). Informasi dari awak Kapal Prima Jaya menyebutkan bahwa Kapal Cita XX terlihat tidak bergerak dan berada di dekat pinggiran.

Baca Juga: Menkominfo Minta Selamatkan 12 Awak Kapal BAKTI Kominfo yang Hilang Kontak di Papua

Sejak Jumat (19/7), Penanggung Jawab Kapal Cita XX, Mufli, melaporkan kepada Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Timika bahwa kapal tersebut belum tiba di Pelabuhan Yahukimo. 

Menurut informasi dari Basarnas, Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika menerima laporan dari Ezra Muklis pada Jumat (19/07) sore. Laporan tersebut menyebutkan bahwa Kapal LCT Cita XX berangkat dari Timika pada Senin (15/07) siang dan dijadwalkan tiba di Yahukimo pada Kamis (18/07) sore.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika, I Wayan Suyatna, segera menyebarkan informasi ini ke instansi terkait dan kapal-kapal yang biasa melewati jalur tersebut. Namun, hingga Sabtu (20/7) siang, tidak ada informasi mengenai keberadaan kapal itu.

Isi Muatan Kapal

Direktur Utama BLU BAKTI Kominfo, Fadhilah Mathar, menyatakan bahwa Kapal CITA XX membawa peralatan BTS, tower, power, dan VSAT.

Fadhilah menjelaskan bahwa muatan tersebut direncanakan untuk penyediaan sinyal 4G Bakti Kominfo di Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua Pegunungan.

Baca Juga: Tim SAR Turun Tangan Cari Kapal Pengangkut Material BTS BAKTI Kominfo Hilang Kontak

Penumpang Kapal

Terdapat 12 orang di kapal tersebut. Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika, I Wayan Suyatna, menjelaskan bahwa Kapal LCT Cita XX berangkat pada Senin (15/7) siang dan dijadwalkan tiba di Yahukimo pada Kamis (18/7) sore.

Berikut daftar 12 penumpang kapal berdasarkan data dari Basarnas:

1. Junaidi (nakhoda, laki-laki)

2. Dedi Irawan (mualim, laki-laki)

3. M Arif Efenfi (KKM, laki-laki)

4. Haikal (oilman, laki-laki)

5. Rusli (juru mudi, laki-laki)

6. Agiera (koki, laki-laki)

7. Nimrot G Tua (laki-laki)

8. Lukman Hakim (laki-laki)

9. Samsudin (laki-laki)

10. Asmoro (laki-laki)

11. Suherman (laki-laki)

12. Alhakim (laki-laki). 

Itulah ulasan seputar kronologi dan fakta kapal Kominfo yang dilaporkan hilang kontak dan belum tiba di Pelabuhan Yahukimo. 

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

Editor: Rifan Aditya

Tag:  #fakta #fakta #kapal #kominfo #hilang #kontak #untuk #papua #pegunungan #lenyap

KOMENTAR