Bantuan Pangan Non Tunai Cair di Mana? BPNT Rp 400 Ribu Disalurkan Juli 2024, Ini Cara Ceknya
Ilustrasi sembako dalam plastik. [Ist] - Bantuan Pangan Non Tunai Cair di Mana? BPNT Rp 400 Ribu Disalurkan Juli 2024, Ini Cara Ceknya
10:40
23 Juli 2024

Bantuan Pangan Non Tunai Cair di Mana? BPNT Rp 400 Ribu Disalurkan Juli 2024, Ini Cara Ceknya

Sudah tahu belum, kalau bulan Juli ini masyarakat bisa mendapatkan BPNT alias Bantuan Pangan Non Tunai? Bantuan Pangan Non Tunai ini merupakan salah satu inisiatif pemerintah Indonesia untuk mendukung masyarakat yang membutuhkan akses pangan yang lebih terjangkau dan sehat.

Program Bantuan Pangan Non Tunai memungkinkan para penerima manfaat dapat membeli berbagai jenis bahan pangan di e-warong yang telah bekerja sama dengan pemerintah, menggunakan kartu khusus BPNT.

Tujuan utama dari program ini adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang kurang mampu, dengan cara memastikan mereka bisa memenuhi kebutuhan pangan secara layak dan berkualitas.

Lantas, Bantuan Pangan Non Tunai cair di mana? Simak ulasan di bawah ini sampai akhir untuk mendapatkan informasi lebih lanjut! 

Baca Juga: Cara Cek Penerima Bansos BPNT Juli 2024 Lewat HP

Bantuan Pangan Non Tunai Cair di Mana? 

Untuk memastikan Bantuan Pangan Non Tunai ini tepat sasaran, maka pemerintah menetapkan beberapa persyaratan khusus yang harus dipenuhi oleh calon penerima bantuan. Syarat-syaratnya adalah sebagai berikut:

- Calon penerima bantuan harus memiliki e-KTP

- Calon penerima bantuan termasuk dalam kategori atau kelompok masyarakat yang membutuhkan bantuan

- Bukan merupakan ASN, Polri, ataupun TNI

Baca Juga: PNM Peduli Ajak Generasi Muda Aktif dalam Kegiatan Sosial

- Calon penerima bantuan tidak sedang menerima bantuan lainnya

- Calon penerima bantuan telah terdaftar di dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). 

Setiap calon penerima bantuan yang sudah dipastikan bahwa ia layak mendapatkan bansos BPNT, maka ia sudah bisa mulai mengajukan usulan BPNT.

Untuk mendapatkan bantuan BPNT ini, Anda harus melakukan registrasi terlebih dahulu dengan mengisi data diri melalui aplikasi “Cek Bansos” yang tersedia di AppStore untuk pengguna iOS dan Google Playstore untuk pengguna Android.

Aplikasi Cek Bansos ini merupakan sebuah platform resmi dari Kementerian Sosial untuk pendaftaran bantuan sosial.

Lantas, Bantuan Pangan Non Tunai cair di mana? Perlu diperhatikan, jadwal penyaluran BPNT 2024 akan dilakukan setiap tiga bulan dengan nominal sebesar Rp 200.000 per bulan.

BPNT terbaru ini disalurkan untuk periode Juli-Agustus, sehingga penerima berhak mendapat Rp 400 ribu totalnya. Bantuan sosial ini akan disalurkan melalui Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) Bank Himbara dan PT Pos Indonesia.

Sebagai tambahan informasi, mulai tahun 2024 ini jadwal pencairan BPNT melalui PT POS akan disesuaikan dengan kondisi tertentu yang memungkinkan penyesuaian waktu penyaluran bantuan sesuai kebutuhan.

Nah, penting bagi Anda sebagai calon penerima bantuan pangan non tunai untuk terus memantau informasi terkini untuk mengetahui jadwal pencairan bantuan dengan pasti.

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

Editor: Rifan Aditya

Tag:  #bantuan #pangan #tunai #cair #mana #bpnt #ribu #disalurkan #juli #2024 #cara #ceknya

KOMENTAR