Arief R Wismansyah Canangkan SMA/SMK Swasta Gratis Jika Terpilih Jadi Gubernur Banten
Bakal Calon Gubernur Banten, Arief R Wismansyah. [Istimewa]
15:12
10 Juni 2024

Arief R Wismansyah Canangkan SMA/SMK Swasta Gratis Jika Terpilih Jadi Gubernur Banten

Mantan Wali Kota Tangerang dua periode sekaligus bakal calon Gubenur Banten, Arief R Wismansyah menjadi salah satu calon yang berkontestasi di Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Banten 2024 yang bakal mencanangkan sekolah swasta gratis.

Seperti diketahui, salah satu program Arief R Wismansyah saat menjabat Wali Kota Tangerang yakni pendidikan gratis untuk SD hingga SMP negeri maupun swasta. Jika terpilih jadi Gubernur Banten, Arief bakal mencanangkan program SMA/SMK Swasta gratis di Banten

Hingga kini, program sekolah swasta gratis baru ada di Kota Tangerang yang sempat dipimpin Arief R Wismansyah dan Semarang. Sementara, DKI Jakarta selaku Ibu Kota Negara bahkan baru mencanangkan program sekolah swasta gratis.

Arief memastikan program sekolah swasta gratis itu bakal dibawa ke tingkat Provinsi Banten dengan menggratiskan SMA/SMK swasta sesuai kewenangan Pemprov Banten. Arief bahkan telah memperhitungkan anggaran untuk mencover sekolah swasta gratis jika dirinya diberi amanat memimpin provinsi paling barat Pulau Jawa itu.

Baca Juga: Yandri Susanto Sebut Arief R Wismansyah dan Dimyati Natakusumah Berpotensi Pimpin Banten

"Pasti bisa, kita sudah hitung dari APBD Provinsi Banten yang hampir Rp12 triliun," paparnya.

Diketahui, jumlah SMA/MA swasta di Provinsi Banten berdasarkan Banten dalam Angka yang rilis BPS Provinsi Banten pada 2023/2024 adalah sebagai berikut.

Untuk Lebak jumlah SMA swasta sebanyak 24 sekolah, sementara SMK sebanyak 46 sekolah, Pandeglang ada 24 SMA swasta dan 82 SMK swasta.

Kabupaten Serang terdiri dari 54 SMA swasta dan 79 SMK swasta. Kabupaten Tangerang memiliki 144 SMA swasta dan 186 SMK swasta.

Kota Cilegon ada sebanyak 16 SMA swasta dan 22 SMK swasta. Di Kota Tangerang terdiri atas 71 SMA swasta dan 111 SMK swasta.

Baca Juga: Pemprov DKI Jakarta Wacanakan Sekolah Swasta Gratis, Ini Daftar Kota yang Sudah Gratiskan

Di Kota Serang berdasarkan data terdiri atas 23 SMA swasta dan SMK swasta sebanyak 36. Untuk Kota Tangsel ada kurang lebih terdiri dari 88 SMA swasta. Sedangkan SMK swasta adalah sebanyak kurang lebih 71 sekolah.

Editor: Hairul Alwan

Tag:  #arief #wismansyah #canangkan #smasmk #swasta #gratis #jika #terpilih #jadi #gubernur #banten

KOMENTAR