Riwayat Mengkilap Kapolda Jawa Barat Irjen Akhmad Wiyagus yang Jadi Korban Hoaks Diisukan Meninggal Dunia
Kapolda Jawa Barat Irjen Akhmad Wiyagus memaparkan kasus yang menjadi prioritas. [Lampungpro.co]
14:56
28 Mei 2024

Riwayat Mengkilap Kapolda Jawa Barat Irjen Akhmad Wiyagus yang Jadi Korban Hoaks Diisukan Meninggal Dunia

Sosok Kapolda Jawa Barat Irjen Akhmad Wiyagus jadi korban hoaks.

Baru-baru ini sebuah akun Tiktok bernama KING INDO menyebarkan isu bahwa Kapolda Jawa Barat meninggal dunia.

Tapi pihak Polda Jawa Barat dengan cepat mengklarifikasi bahwa kabar itu haoks dan menegaskan sosok Irjen Akhmad Wiyagus dalam kondisi sehat.

"Telah beredar sebuah postingan dan narasi melalui platform Tiktok oleh akun kingindo_u23 yang menyebutkan bahwa Kapolda Jawa Barat, meninggal dunia. Narasi dalam postingan tersebut juga menuliskan "Keluarga Besar Mabes Polri Mengucapkan Turut Berdukacita atas Meninggalnya Kapolda Jabar A. Wiyagus". BERITA TERSEBUT TIDAK BENAR!!!," tulis klarifikasi akun Instagram Polda Jabar.

Baca Juga: Riwayat Pendidikan Dian Sastro, Aktris yang Buka Beasiswa untuk Kuliahkan Anak Tak Mampu ke PTN

Sosok Irjen Akhmad Wiyagus diketahui dalam beberapa waktu belakangan hangat jadi perbincangan setelah institusinya berhasil mengungkap salah satu penganiaya dan pembunuh Vina Cirebon setelah 8 tahun jadi misteri.

Dari riwayatnya, pria kelahiran 23 September 1967 itu digadang-gadang sebagai sosok paling senior diantara jajaran Kapolda yang ada di Jawa.

Akhmad Wiyagus disebut paling senior mengingat ia merupakan lulusan 1989, sementara Kapolda saat ini yang bertugas di Pulau Jawa rerata lulusan Akpol tahun 1990an.

Mengikuti jejak kariernya, Akhmad Wiyagus banyak memiliki pengalaman di bidang reserse terutama dalam menangani kasus pemberantasan korupsi.

Ia diketahui pernah menjabat sebagai Kanit Tipikor Bareskrim Polri hingga menjadi Dirtipidkor Bareskrim Polri.

Baca Juga: Video Viral Polisi Bongkar Kasus Gorengan Dicampur Bubuk Narkoba, Polda Metro Jaya: Hoaks

Aktivitasnya yang giat dalam pemberantasan korupsi membuat namanya sempat masuk dalam calon pimpinan KPK.

Ia bahkan sempat lolos seleksi awal hingga akhirnya mengundurkan diri.

Sejumlah kasus korupsi yang pernah ditanganinya yakni cetak sawah peyment gateway yang menyeret nama eks Wamenkumham Denny Indrayana, korupsi stadion Gedebage di Bandung serta korupsi Pertamina.

Sebelum hijrah ke Jawa Barat, mantan Kapolres Sumedang ini pernah mengemban tugas sebagai Kapolda di Gorontalo serta Lampung.

Pada 2022, Akhmad Wiyagus menerima penghargaan penting atas dedikasinya dalam menjalankan tugas yakni Hoegoeng Awards 2022 kategori polisi berintegritas. Penghargaan tersebut diserahkan dalam peringatan Hari Bhayangkara ke-76 yang dihelat di Tribrata Ballroom, Jakarta Selatan.

Editor: Galih Priatmojo

Tag:  #riwayat #mengkilap #kapolda #jawa #barat #irjen #akhmad #wiyagus #yang #jadi #korban #hoaks #diisukan #meninggal #dunia

KOMENTAR