Kabar Baik! Anggaran Pilwali Kota Mojokerto Senilai Rp25,4 Miliar Telah Disalurkan, Segini Jatah untuk TNI dan Polri
KPU Kota Mojokerto membuka pendaftaran anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang dibuka mulai 23 April. (rizal amrulloh/jprm)
07:08
3 Mei 2024

Kabar Baik! Anggaran Pilwali Kota Mojokerto Senilai Rp25,4 Miliar Telah Disalurkan, Segini Jatah untuk TNI dan Polri

 

 

 Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto telah menuntaskan pencairan dana hibah yang disalurkan untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2024 ini.

Dilansir Radar Mojokerto JawaPos Grup, Kamis (2/5), dari total dana Rp 25,4 miliar yang dipersiapkan untuk pesta demokrasi tersebut, seluruhnya telah tersalur ke empat lembaga penerima.

Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Plt Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Mojokerto Heryana Dodik Murtono.

Ia mengatakan, penyaluran dana hibah untuk pemilihan wali kota (pilwali) dan wakil wali kota Mojokerto tahun 2024 ini memang sudah dirampungkan oleh pemkot. 

Menurutnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Mojokerto menjadi lembaga terakhir yang menerima kucuran anggaran sebesar Rp 15,1 miliar. ”Sudah cair semuanya,” terangnya, Rabu (24/4).

Untuk diketahui, sebelumnya Bakesbangpol juga telah merealisasikan pencairan dana hibah pilkada ini ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Mojokerto sebesar Rp 3,9 miliar.

Dengan tersalurkannya dana hibah ini, Pemkot Mojokerto telah menggenapi pencairan dana di tahap kedua tahun ini sebesar Rp 19 miliar atau 60 persen dari total biaya pelaksanaan pilkada sebesar Rp 31,8 miliar.

Sementara itu, pada 2023 lalu, Pemkot Mojokerto juga telah mengucurkan pencairan tahap pertama mencapai 40 persen kepada KPU dan Bawaslu Kota Mojokerto. ”Jadi sudah 100 persen ditransfer ke pos masing-masing,” jelasnya.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdakot Mojokerto ini juga menyebutkan, mekanisme penyaluran dana hibah telah sesuai dengan Surat Edaran (SE) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 900.1.9.1/435/SJ. Sehingga, proses pencairan dilakukan dalam dua tahun anggaran.

Di samping itu, tahun 2024 ini Pemkot Mojokerto juga mengalokasikan anggaran untuk kebutuhan pengamanan pilkada sebesar Rp 6,3 miliar. Masing-masing dana akan diserahkan untuk dua instansi.

”Untuk pengamanan juga sudah disalurkan ke Kodim 0815 Mojokerto dan Polres Mojokerto Kota,” papar Dodik sembari menyebut bahwa Dana hibah ini bersumber dari APBD.

Rinciannya, Korps Bhayangkara mendapat alokasi anggaran senilai Rp 4,7 miliar. Sedangkan TNI menerima kucuran anggaran Rp 1,5 miliar. Untuk diketahui, Dana hibah untuk kebutuhan pengamanan selama pilkada 2024 ini, akan digulirkan pada 27 November nanti.
****

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #kabar #baik #anggaran #pilwali #kota #mojokerto #senilai #rp254 #miliar #telah #disalurkan #segini #jatah #untuk #polri

KOMENTAR