Mitigasi Perubahan Iklim, KLHK Gelar Penanaman Mangrove Serentak di 25 Titik
Rehabilitasi kawasan mangrove di Indonesia terus dilakukan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). (Istimewa)
09:08
24 April 2024

Mitigasi Perubahan Iklim, KLHK Gelar Penanaman Mangrove Serentak di 25 Titik

–Rehabilitasi kawasan mangrove di Indonesia terus dilakukan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Salah satunya dengan mengadakan penanaman mangrove serentak di 25 lokasi di seluruh Indonesia pada Kamis (25/4).

”Karena kita ingin menunjukkan bahwa komitmen pemerintah dalam mengendalikan perubahan iklim dan aksi nyata yang sangat terlihat jelas adalah kegiatan penanaman pohon,” ujar Sekretaris Jenderal (Sekjen) KLHK Bambang Hendroyono.

Penanaman serentak akan melibatkan media, kelompok pemuda penggerak Society of Renewable Energy (SRE), pemerintah daerah, Green Leader Indonesia, Green Youth Movement, serta berbagai mitra dan seluruh lapisan masyarakat.

”Aksi kolaborasi dan semangat kerja sama semua pihak sebagai upaya konkret dan strategis dalam mengatasi triple planetary crisis yaitu perubahan iklim, polusi udara, serta ancaman kehilangan keanekaragaman hayati,” kata Bambang Hendroyono.

Penanaman mangrove, lanjut dua, bertujuan untuk mitigasi perubahan iklim, pemulihan kualitas lingkungan hidup, dan percepatan rehabilitasi hutan dan lahan. Kegiatan penanaman mangrove serempak itu sekaligus sebagai upaya meningkatkan wawasan dan dukungan masyarakat atas pelaksanaan program pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan.

Dia menjelaskan, sebagai pusat acara penanaman magrove serentak akan berada di Ekowisata Mangrove, Kapuk Muara, Pesanggrahan, Jakarta Utara. Sedangkan 24 titik lain tersebar di 24 kabupaten/kota di Indonesia.

”Tingkat keberhasilan penanaman kita harus 100 persen. Jika ada yang mati akan kita tanam lagi,” tegas Bambang Hendroyono.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #mitigasi #perubahan #iklim #klhk #gelar #penanaman #mangrove #serentak #titik

KOMENTAR