Kegiatan Presiden Jokowi Besok: Salat Id di Istiqlal Lanjut Open House di Istana
Presiden Joko Widodo (Jokowi). Setelah beberapa tahun terakhir merayakan Idulfitri di daerah, tahun ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan merayakan Hari Kemenangan itu di Jakarta. Jokowi dijadwalkan melaksanakan salat Idulfitri atau salat Id Masjid Istiqlal, Jakarta. 
08:31
9 April 2024

Kegiatan Presiden Jokowi Besok: Salat Id di Istiqlal Lanjut Open House di Istana

Setelah beberapa tahun terakhir merayakan Idulfitri di daerah, tahun ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan merayakan Hari Kemenangan itu di Jakarta.

Jokowi dijadwalkan melaksanakan salat Idulfitri atau salat Id Masjid Istiqlal, Jakarta.

"(Lebaran) di Jakarta. Kurang lebih (salat di Masjid Istiqlal)," kata Jokowi kepada wartawan di Stasiun Pasar Senen Jakarta Pusat, Senin (8/4).

Hal serupa sebelumnya dikatakan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno saat ditanya soal kepastian jadwal Lebaran Presiden Jokowi.

"Iya insya allah (Presiden Idulfitri) di Jakarta," ujar Pratikno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (5/4).

Pratikno juga menyampaikan rencananya Presiden Jokowi akan menggelar open house pada Idulfitri yang rencananya jatuh pada Rabu (10/4) besok.

"Sementara dijadwalkan begitu (ada open house)," kata Pratikno

"(Sesi open house) Belum, belum difinalkan. Rencana di Jakarta," ujarnya melanjutkan.

Terkait open house di Istana itu, Jokowi mengaku belum ada rencana khusus bersilaturahmi dengan para tokoh.

Ia hanya menjawab singkat saat ditanya soal rencana menggelar open house.

"Enggak ada rencana-rencana, mengalir biasa saja," ujarnya.

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia mengaku ia akan ikut mendampingi Presiden Jokowi di hari Lebaran nanti.

Mulai dari salat Id di Istiqlal dan dilanjutkan open house di Istana Negara.

"Saya ikut bersama-sama mendampingi presiden salat Id di Istiqlal. Setelah itu kami akan open house di sini (Istana Negara)," kata Bahlil usah bertemu dengan Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Senin (8/4).

Bahlil menyebut semua menteri akan datang ke open house Jokowi di Istana.

Mengingat, lebaran ini menjadi yang terakhir Jokowi sebagai presiden.

"Karena Bapak Presiden selama 4 tahun di periode keduanya tidak pernah open house dan ini adalah hari raya terakhir di masa kepemimpinan beliau di periode kedua. Jadi rasanya sebagai pembantu harus bersama-sama dengan Bapak (Jokowi) dalam mengisi dan merayakan Idulfitri ini," ujarnya.

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia memberi keterangan ke awak media massa usai rapat intern di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (5/2/2024). Menteri Investasi Bahlil Lahadalia memberi keterangan ke awak media massa usai rapat intern di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (5/2/2024). (Tribunnews.com/Taufik Ismail)

Jokowi kata Bahlil, membebaskan siapapun tokoh yang akan hadir. Sebab menurutnya, Jokowi memiliki sikap merangkul.

"Saya yakin akan banyak ya (yang datang). Karena presiden ini kan tidak suka konflik, suka merangkul. Jadi menyerahkan kepada tokoh-tokoh atau seluruh masyarakat baik yang setuju dan tidak setuju dengan Bapak Presiden ayo kita sama-sama datang ke hari raya. Ini adalah hari Idulfitri yang penuh maaf-memaafkan untuk kita kembali kepada fitrahnya," ujarnya.

Lantas apakah Jokowi juga akan mengundang Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri? Bahlil mengatakan dirinya tidak mengetahui hal tersebut.

"Ah itu wallahualam. Karena saya tadi tidak menanyakan itu juga," ujarnya.

Bahlil juga tidak menjawab lugas saat ditanya apakah akan ada pertemuan Jokowi dan Megawati.

"Ya mereka kan sesama tokoh bangsa. ini kan bapak ibu tokoh-tokoh bangsa kan kantornya juga di sini. Kalau bisa ketemu ya bagus. Kita kan senang sebagai rakyat lihat tokoh-tokoh bangsa itu akur, adem," ucapnya.

"Tapi kalau dalam suasana kekeluargaan, dalam suasana hari raya seharusnya tidak perlu saling undang mengundang lah. Siapa saja kok datang. Ini bukan acara ratas yang harus dibatasi. Ini tergantung hati saja. Kalau kita saling memaafkan ayo datang saja," lanjut Bahlil.(tribun network/den/dod)

Editor: Theresia Felisiani

Tag:  #kegiatan #presiden #jokowi #besok #salat #istiqlal #lanjut #open #house #istana

KOMENTAR