Kaesang Difavoritkan Jadi Wali Kota Bekasi, Kalah Kuat Kalau Jadi Gubernur DKI?
Kaesang Difavoritkan Jadi Wali Kota Bekasi, Kalah Kuat Kalau Jadi Gubernur DKI? [Bekasi24jam.com]
18:16
3 April 2024

Kaesang Difavoritkan Jadi Wali Kota Bekasi, Kalah Kuat Kalau Jadi Gubernur DKI?

Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep digadang-gadang bakal maju menjadi calon wali kota Bekasi pada Pilkada 2024. Sebelumnya, Kaesang juga dirumorkan bakal maju menjadi Gubernur DKI Jakarta serta Wali Kota Depok.

Di kota Bekasi, Jawa Barat sejumlah spanduk diberikan untuk Kaesang Pangarep untuk jadi walkot Bekasi. Seperti pada spanduk yang terbentang di salah satu sudut kota Bekasi, jalan HM Joyomartono.

Pada spanduk itu bertuliskan, 'Kami mendukung Kaesang Jadi Wali Kota Bekasi. Relawan Pro Pa-Gi Menuju Indonesia Emas'.

Terkait rumor Kaesang maju di Pilkada Bekasi 2024, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kota Bekasi Tanti Herawati, mengatakan masyarakat hanya perlu mendoakan saja apabila memang Kaesang maju sebagai Calon Wali Kota Bekasi 2024.

“Ya, pokoknya didoain Pilkada ke depan, karena peluang itu sudah di depan mata. Tinggal koordinasi politik saja dengan partai lain,” kata Tanti dikutip dari Bekasi24jam--jaringan Suara.com, Rabu (3/4).

Tanti juga mengatakan bahwa peluang Kaesang untuk maju sebagai wali kota Bekasi terbuka lebar.

Tanti kemudian mencontohkan prestasi yang ditorehkan oleh kakak Kaesang, Gibran Rakabuming Raka yang sukses memenangkan Pilpres 2024 berpasangan dengan Prabowo Subianto.

“Kita ambil contoh sosok Gibran yang jadi wapres terpilih. Itu membuka peluang kita sebagai anak muda. Kemungkinan anak-anak muda menginginkan pemimpinnya juga lebih muda, kreatif, cerdas, ya kenapa tidak,” ungkapnya.

Kaesang Difavoritkan Jadi Calon Gubernur DKI

Sebelumnya, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menyiapkan nama putra bungsu Presiden Jokowi yakni Kaesang Pangarep dan Grace Natalie untuk maju Pilgub DKI Jakarta 2024.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua DPP PSI, William Aditya Sarana. Ia menyebut bahwa kedua calonnya ini memenuhi syarat administratif yang diajukan.

William menilai bahwa putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut merupakan figur yang sangat baik.

Sebelum memutuskan untuk bergabung dengan PSI, Kaesang mengaku sudah meminta restu kepada sang ayah dan juga kakaknya, Gibran Rakabuming Raka yang saat itu menjabat sebagai Wali Kota Solo.

Sebelum resmi masuk PSI, Kaesang sudah menyatakan ketertarikannya untuk terjun ke dunia politik meskipun ia saat itu masih menjadi seorang pengusaha. Di awal tahun 2023, Gibran mengungkap ketertarikan sang adik untuk terjun ke dunia politik tersebut.

Gibran menyebut keinginan ini disampaikan Kaesang sendiri di depan dirinya dan Presiden Jokowi saat berpulang ke Surakarta.

Saat itu, sejumlah parpol menyambut positif dan membuka pintu apabila Kaesang apabila ingin bergabung, termasuk dari partai kedua anggota keluarganya, PDI Perjuangan.

Pada bulan April tahun 2024, Relawan Ganjar Pranowo Center (GP Center) mendeklarasikan dukungan kepada Kaesang sebagai Wali Kota Depok, Jawa Barat.

Di sisi lain, PSI juga sempat memasang baliho yang berukuran besar dengan gambar wajah Kaesang di kawasan Margonda, Depok.

Saat itu, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PSI Kota Depok, Icuk Pratama Putra menyatakan PSI mengusung Kaesang untuk maju di Pilkada Kota Depok 2024.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #kaesang #difavoritkan #jadi #wali #kota #bekasi #kalah #kuat #kalau #jadi #gubernur

KOMENTAR