Mudik Sambil Jelajah Mal & Skybridge di Jalan Tol? Mampir Aja ke Rest Area KM 456 Tol Semarang-Solo
Megah bak mal, Rest Area Kilometer 456 Tol Semarang-Solo (Resta Pendopo 456) tersedia di jalur arah Semarang maupun Solo. Resta Pendopo 456 A dan B dihubungkan dengan sebuah skybrigde atau jembatan yang melintas di atas Jalan tol Semarang-Solo. 
11:31
3 April 2024

Mudik Sambil Jelajah Mal & Skybridge di Jalan Tol? Mampir Aja ke Rest Area KM 456 Tol Semarang-Solo

- Pemudik jalur tol menuju Solo, Jawa Tengah akan melewati sebuah rest area yang lain dari biasanya.

Megah bak mal, Rest Area Kilometer 456 Tol Semarang-Solo (Resta Pendopo 456) tersedia di jalur arah Semarang maupun Solo.

Resta Pendopo 456 A dan B dihubungkan dengan sebuah skybrigde atau jembatan yang melintas di atas Jalan tol Semarang-Solo.

Dari skybridge tersebut disuguhkan pemandangan gunung-gunung di Jawa Tengah, yakni Merbabu, Merapi, Sindoro, Sumbing, dan Ungaran.

Karena itulah, skybridge ini menjadi salah satu spot foto instagramable dari kawasan Rest Area KM 456.

Kedua bangunan di rest area ini berkonsep Rumah Joglo dengan atap berbentuk limas.

Baik di sisi 456 A maupun 456 B, sama-sama menyediakan fasilitas lengkap, mulai dari kantung-kantung parkir yang luas hingga kebersihan yang terjaga di kawasan tersebut.

Terkait kebersihan, rupanya di rest area ini terdapat jadwal pengambilan sampah rutin dari pihak pengelola.

"Setiap shift itu biasanya 3 kali. Tergantung keramaiannya juga. Kadang kalau sepi kan diambil juga pada enggak punya. Hari ini per shift sudah dua kali," ujar petugas kebersihan di Resta Pendopo 456.

Rest Area Kilometer 456 Tol Semarang-Solo_2 Megah bak mal, Rest Area Kilometer 456 Tol Semarang-Solo (Resta Pendopo 456) tersedia di jalur arah Semarang maupun Solo. Resta Pendopo 456 A dan B dihubungkan dengan sebuah skybrigde atau jembatan yang melintas di atas Jalan tol Semarang-Solo.

Kemudian berbagai restoran dan toko-toko tersedia, mulai dari yang ternama hingga UMKM-UMKM daerah.

Selain itu, di dalam rest area ini juga tersedia toilet gratis, lift, masjid, dan kursi pijat.

Fasilitas-fasilitas ini pun diakui Bayu, sebagai pengunjung, membikin betah.

Bahkan dia mengaku bahwa rest area ini menjadi favoritnya yang kerap mondar-mandir Boyolali-Solo-Semarang.

"Saya karena mobilitas tiap minggu Boyolali-Solo dan saya di Semarang, jadi singgah di sini untuk sekadar istirahat, ke toilet, sama cari makan. Rest areanya sih bagus, bersih, aman, lengkap juga foodcourt-nya, sama kita cari fashion juga banyak di sini store-nya," katanya saat ditemui di Resta Pendopo 456.

Hendro, pengunjung lainnya juga mengakui bahwa fasilitas yang disuguhkan di rest area ini membuat nyaman untuk istirahat.

Hanya saja, dia menyayangkan tak adanya stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di rest area tersebut.

"Untuk makan sama salat ya paling bagus di sini ya. Kebersihannya juga terjaga. Cuma sayangnya enggak ada pom bensin. Jalur dari Solo sampai ke Semarang adanya cuma portable dex ya," katanya.

Editor: Dewi Agustina

Tag:  #mudik #sambil #jelajah #skybridge #jalan #mampir #rest #area #semarang #solo

KOMENTAR