Terjadi Peningkatan Permintaan Pangan, Satgas Pangan Polri Awasi Pendistribusian Jelang Lebaran
Satgas Pangan Polri melakukan pemantauan harga pangan di sejumlah ritel modern dan pasar tradisional untuk mengawasi ketersediaan komoditi pangan jelang Lebaran 2024. 
23:09
13 Maret 2024

Terjadi Peningkatan Permintaan Pangan, Satgas Pangan Polri Awasi Pendistribusian Jelang Lebaran

- Satgas Pangan Polri terus melakukan pengawasan untuk memastikan ketersediaan bahan pokok penting (bapokting) di sejumlah wilayah agar kestabilan harga tetap terjaga khususnya jelang Lebaran 2024.

Kepala Satgas Pangan Polri Brigjen Whisnu Hermawan mengatakan dari informasi yang ada, memang terjadi peningkatan permintaan beberapa komoditi seperti beras, telur ayam dan minyak goreng.

Menurut Whisnu, hal itu terjadi karena konsumsi masyarakat meningkat di masa Ramadan dan Lebaran nantinya.

"Sedangkan, pengamatan Satgas Pangan Polri di tingkat distributor hingga saat ini beberapa Gudang Distribution Center atau Pusat Distribusi sudah mensupply bapokting ke outlet-outletnya untuk pemenuhan kebutuhan hingga beberapa minggu ke depan," kata Whisnu melalui keterangannya pada Rabu (13/3/2024).

Dittipideksus Bareskrim Polri ini menyebut untuk harga di ritel modern di wilayah Jabodetabek bahwa ditemukan beras medium SPHP di harga Rp10.900/kg, sedangkan beras premium bervariatif di harga Rp12.800/kg - Rp16.500/kg.

Selanjutnya, untuk minyak goreng premium Rp16.650/liter, telur ayam di harga Rp32.100/kg, cabai rawit merah Rp63.900/kg dan daging ayam Rp45.900/kg - Rp50.000/kg.

Pemantauan harga itu, kata Whisnu, juga dilakukan di sejumlah pasar tradisional mulai dari Pasar Tambahrejo Surabaya yakni harga beras medium Rp10.900/kg, telur ayam Rp31.000/kg dan daging sapi Rp106.666/kg.

"Sedangkan untuk Pasar Andir Kota Bandung, harga telur ayam Rp29.000/kg, beras medium Rp11.000/kg dan daging ayam Rp34.000/kg," ujarnya.

Di sisi lain, pengawasan pendistribusian ini juga dilakukan koordinasi dengan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri terkait dengan pengawasan kendaraan yang mengangkut komoditi pangan tersebut.

"Selain memastikan ketersediaan dan pemantauan harga, Satgas Pangan berkoordinasi dengan Korlantas dalam memastikan kelancaran kendaraan yang mengangkut komoditi pangan agar pendistribusian dari daerah sentra produksi tidak terhambat," tukasnya.

Editor: Malvyandie Haryadi

Tag:  #terjadi #peningkatan #permintaan #pangan #satgas #pangan #polri #awasi #pendistribusian #jelang #lebaran

KOMENTAR