Minimalisir Jumlah Pemudik dengan Sepeda Motor, Kemenhub Siapkan 722 Bus untuk Layani Mudik Gratis di Musim Lebaran 2024
Ilustrasi Mudik Gratis./Dok. Humas Kemenhub
07:16
6 Maret 2024

Minimalisir Jumlah Pemudik dengan Sepeda Motor, Kemenhub Siapkan 722 Bus untuk Layani Mudik Gratis di Musim Lebaran 2024

 

 

 – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat menyebutkan bahwa pihaknya telah menyiapkan 722 unit bus untuk melayani masyarakat dalam Program Mudik Gratis di musim Lebaran 2024 atau Idul Fitri 1445 Hijriah mendatang.

Hendro Sugiatno selaku Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub menyampaikan hal tersebut dalam keterangannya di Jakarta, pada hari Selasa (5/3) kemarin. Ia mengatakan pihaknya telah menyediakan 30.088 kuota mudik gratis bagi masyarakat yang terbagi untuk arus mudik dan arus balik.

“Dari sejumlah unit bus tersebut, Ditjen Hubdat menyediakan sebanyak 30.088 kuota mudik gratis yang terdiri dari 24.368 orang untuk arus mudik dan 5.720 orang untuk arus balik,” ujarnya seperti dilansir dari Antara.

Selain itu, menurutnya Kemenhub melalui Ditjen Hubdat juga telah menyediakan 900 unit kuota pengangkutan sepeda motor dengan truk secara gratis pada musim Lebaran tahun 2024 ini.

“Disediakan kuota 450 unit untuk arus mudik yang akan diangkut dengan 15 truk dan 450 unit untuk arus balik yang akan diangkut dengan 15 unit truk juga. Jadi, total akan ada 30 unit truk,” ungkapnya.

Sementara itu, terkait kota tujuan mudik dan balik di tahun 2024 ini menurutnya ada sebanyak 33 kota yang tersebar di Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan, dan wilayah Sumatera.

Ia menjelaskan secara rinci untuk tiga kota tujuan di Jawa Barat yaitu Garut, Tasikmalaya, dan Cirebon.

Lalu untuk di Provinsi Jawa Tengah terdapat 19 kota yaitu Solo, Tegal, Pekalongan, Semarang, Demak, Jepara, Pati, Blora, Boyolali, Klaten, Wonogiri, Purwokerto, Cilacap, Wonosobo, Kebumen, Magelang, Wonosari, Sragen, dan Yogyakarta.

Sementara di Provinsi Jawa Timur terdapat 5 kota yaitu Madiun, Surabaya, Tuban, Malang, dan Tulungagung.

Di wilayah Kalimantan ada dua kota yaitu Banjarmasin dan Pangkalan Bun, serta di wilayah Sumatera ada empat kota yaitu Lampung, Palembang, Bengkulu, dan Padang.

“Untuk kota asal arus balik nanti terdapat di sembilan kota yaitu Solo, Cirebon, Madiun, Surabaya, Semarang, Purwokerto, Wonogiri, Yogyakarta, dan Palembang. Sedangkan untuk lokasi tujuan mudik dan balik bagi pengangkutan sepeda motor ada sebanyak lima kota yaitu Solo, Semarang, Purwokerto, Wonogiri, dan Yogyakarta,” imbuhnya.

Ia menjelaskan bahwa penyerahan sepeda motor yang akan diangkut untuk kegiatan mudik gratis akan mulai dilaksanakan pada hari Kamis, 4 April 2024 di Terminal Tipe A Pondok Cabe, Tangerang Selatan dan akan diberangkatkan pada hari Jumat, 5 April 2024.

“Untuk pemberangkatan penumpang arus mudik dari enam terminal yaitu Terminal Pulogebang Jakarta, Terminal Pondok Cabe Tangerang Selatan, dan Terminal Jatijajar Depok pada tanggal 6 April 2024. Sedangkan untuk Terminal Kampung Rambutan Jakarta, Terminal Poris Plawad Tangerang, dan Terminal W.A Gara Kalimantan Tengah pada tanggal 7 April 2024,” ucapnya.

Hendro juga mengatakan untuk pemberangkatan arus balik pengangkutan sepeda motor akan dilakukan pada hari Minggu, 14 April 2024 dari lima terminal tipe A yaitu Kota Solo, Semarang, Purwokerto, Wonogiri, dan Yogyakarta.

Sedangkan untuk pemberangkatan arus balik penumpang akan dilakukan pada hari Senin, 15 April 2024 dari delapan terminal tipe A kota asal keberangkatan yaitu Solo, Cirebon, Madiun, Surabaya, Semarang, Purwokerto, Wonogiri, Yogyakarta, dan Palembang.

“Pendaftaran mudik gratis akan dibuka mulai tanggal 6 Maret 2024 hingga tanggal 3 April 2024 atau saat kuota melalui aplikasi MitraDarat sudah habis. Aplikasi dapat terlebih dulu diunduh di Appstore atau Playstore,” kata Hendro.

Selain itu, ia juga mengimbau agar masyarakat sebaiknya ikut Program Mudik Gratis baik itu yang diselenggarakan oleh Kemenhub maupun oleh pihak lainnya. Terutama bagi masyarakat yang berencana mudik dengan menggunakan kendaraan roda dua.

“Kami berharap dengan adanya Program Mudik Gratis Kemenhub ini dapat mencegah atau mengurangi masyarakat untuk mudik dengan sepeda motor, terlebih dengan jarak yang cukup jauh. Mudik dengan sepeda motor tidak kami rekomendasikan karena lebih beresiko terjadi kecelakaan,” pungkasnya.***

 

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #minimalisir #jumlah #pemudik #dengan #sepeda #motor #kemenhub #siapkan #untuk #layani #mudik #gratis #musim #lebaran #2024

KOMENTAR