Foto-foto Jenderal Wiranto, Panglima TNI hingga Kapolri Ikut Baris Berbaris Bareng Menteri di Akmil
Para anggota Kabinet Merah Putih mulai mengikuti kegiatan retreat di Kawasan Akademi Militer, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (25/10/2024). 
09:37
25 Oktober 2024

Foto-foto Jenderal Wiranto, Panglima TNI hingga Kapolri Ikut Baris Berbaris Bareng Menteri di Akmil

Tanpa kecuali, seluruh menteri, wakil menteri, kepala badan, utusan khusus hingga penasihat khusus Presiden mengikuti pembekalan anggota Kabinet Merah Putih di Akademi Militer, Magelang, Jawa Tengah selama 3 hari ke depan.

Kegiatan pagi ini, Jumat (25/10/2024) diawali dengan latihan baris-berbaris yang dilakukan di Lapangan Sapta Marga.

Para anggota Kabinet Merah Putih mulai mengikuti kegiatan retreat di Kawasan Akademi Militer, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (25/10/2024). Para anggota Kabinet Merah Putih mulai mengikuti kegiatan retreat di Kawasan Akademi Militer, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (25/10/2024). (Kantor Komunikasi Kepresidenan)

Kegiatan ini dimulai dengan pembangkitan peserta yang dilakukan sejak pukul 04.00 WIB.

"Para 'pembantu' Presiden Prabowo Subianto sudah dibangunkan sejak pukul 04.00 WIB di tenda masing-masing. Pada pukul 05.15, mereka sudah berkumpul di Lapangan Sapta Marga," kata Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan, Hasan Nasbi dalam keterangan persnya.

Prabowo Subianto menjadi orang pertama yang hadir di lapangan.

Para anggota Kabinet Merah Putih mulai mengikuti kegiatan retreat di Kawasan Akademi Militer, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (25/10/2024). Para anggota Kabinet Merah Putih mulai mengikuti kegiatan retreat di Kawasan Akademi Militer, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (25/10/2024). (Kantor Komunikasi Kepresidenan)

Menurut Hasan Hasbi ini menunjukkan disiplin sebagai seorang pemimpin.

Kegiatan dimulai dengan olahraga bersama yang dipimpin oleh para pelatih dari Akademi Militer Magelang.


Setelah berolahraga selama sekitar 30 menit, peserta dibagi ke dalam lima kelompok untuk latihan baris-berbaris, dengan masing-masing kelompok didampingi oleh tiga pelatih.

Presiden Prabowo Subianto Wakil Presiden Gibran Rakabuming kenakan seragam Komcad ikut latihan baris berbaris di Kawasan Akmil, Magelang, Jawa Tengah, Jumat, (25/10/2024). Presiden Prabowo Subianto Wakil Presiden Gibran Rakabuming kenakan seragam Komcad ikut latihan baris berbaris di Kawasan Akmil, Magelang, Jawa Tengah, Jumat, (25/10/2024). (Kantor Komunikasi Kepresidenan/PCO)

Presiden Prabowo, Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka, serta Panglima TNI dan Kapolri turut serta dalam latihan tersebut.

"Jenderal (Purn) Wiranto juga mengikuti latihan bersama para anggota kabinet," jelas Hasan.

Jenderal Wiranto adalah senior militer mantan Panglima TNI (dulu ABRI).

Menteri Pertahanan Letjen TNI (Purn) Sjafrie Sjamsoeddin juga terlihat dalam barisan.

Para Menteri Kabinet Merah Putih akan mulai mengikuti retreat di Kawasan Akademi Militer (Akmil), Magelang, Jawa Tengah, Jumat, (25/10/2024). Para Menteri Kabinet Merah Putih akan mulai mengikuti retreat di Kawasan Akademi Militer (Akmil), Magelang, Jawa Tengah, Jumat, (25/10/2024). (Instagram Diaz Hendropriyono)

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo juga ikut dalam latihan baris berbaris.

Setelah latihan, Prabowo menekankan bahwa kegiatan ini bukanlah latihan kemiliteran, melainkan bertujuan untuk menyamakan frekuensi dan langkah sebagai pemerintah.

"Kita harus bergerak seirama dengan tujuan yang sama. Pemerintah itu tidak bekerja sendiri-sendiri, melainkan sebagai tim," ujar Prabowo.

Presiden Prabowo juga menambahkan bahwa kerja sama tim yang baik dapat dicontohkan melalui sepak bola, di mana semua pemain harus memiliki keyakinan dan tujuan yang sama.

Ia mengingatkan, Tim Kabinet Merah Putih harus menyadari bahwa mereka berkompetisi dengan negara-negara lain.

Seluruh peserta, termasuk Presiden, Wakil Presiden, dan anggota kabinet, mengenakan pakaian lapangan Komponen Cadangan (Komcad) selama kegiatan ini.

Prabowo menekankan pentingnya sistem pertahanan terbaik, yaitu Sistem Pertahanan Rakyat Semesta, yang mengharuskan setiap warga negara siap sedia membela negaranya.

Wakil Presiden (Wapres), Gibran Rakabuming Raka juga mengenakan seragam loreng layaknya jajaran menteri di Kabinet Merah Putrih saat pembekalan di Akademi Militer (Akmil), Magelang, Jawa Tengah. Adapun pembekalan para menteri, wamen, kepala badan, dan wakil kepala badan bakal digelar mulai hari ini, Jumat (25/10/2024) dan berakhir pada Minggu (27/10/2024). Wakil Presiden (Wapres), Gibran Rakabuming Raka juga mengenakan seragam loreng layaknya jajaran menteri di Kabinet Merah Putrih saat pembekalan di Akademi Militer (Akmil), Magelang, Jawa Tengah. Adapun pembekalan para menteri, wamen, kepala badan, dan wakil kepala badan bakal digelar mulai hari ini, Jumat (25/10/2024) dan berakhir pada Minggu (27/10/2024). (Tangkapan layar Instagram)

Penjelasan Prabowo

Sebelumnya, Prabowo Subianto mengungkapkan alasan mengajak para menteri ke mengikuti pembekalan di Magelang.

"Saudara, saya sangat mengutamakan kerja sama sebagai tim. Untuk itu, dalam waktu dekat saya akan mengajak saudara ke Magelang di mana kita akan melaksanakan beberapa hari menambah pembekalan, kemudian kita akan adakan koordinasi-koordinasi di tempat di Magelang, Jawa Tengah, kawasan akademi militer," kata Prabowo saat memimpin sidang kabinet paripurna perdana di Kantor Presiden, Kompleks Istana, Jakarta, Rabu.

Ia meyakini, pembekalan nanti akan membawa banyak manfaat.

Prabowo menjelaskan, Magelang merupakan kota bersejarah yang dulunya merupakan salah satu tempat perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajah.

"Hal itu saya nilai akan membawa banyak manfaat, karena sesungguhnya lahirnya Republik kita memang proklamasi di Jakarta tapi ujian proklamasi berada di daerah-daerah di mana pejuang-pejuang kita melaksanakan perebutan kemerdekaan secara fisik."

"Dan daerah Magelang merupakan suatu sentra perlawanan kita terhadap penjajah mulai ratusan tahun dikenal sebagai darah perjuangannya Pangeran Diponegoro di antara 5 gunung itu saya kira cukup membawa suatu aura tradisi keberanian, tradisi heroisme, tradisi cinta tanah air," terangnya.

 

 

Editor: Hasanudin Aco

Tag:  #foto #foto #jenderal #wiranto #panglima #hingga #kapolri #ikut #baris #berbaris #bareng #menteri #akmil

KOMENTAR