Jalan Berliku AHY Jelang Jadi Menteri Jokowi, Lawan Kudeta Moeldoko hingga Ditikung Cak Imin Jadi Cawapres Anies
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY berfoto bersama Annisa Pohan dan putrinya Almira Tunggadewi Yudhoyono sebelum dilantik menjadi Menteri ATR/BPN di Istana Negara, Jakarta, Rabu (21/2/2024). (Ist)
13:32
21 Februari 2024

Jalan Berliku AHY Jelang Jadi Menteri Jokowi, Lawan Kudeta Moeldoko hingga Ditikung Cak Imin Jadi Cawapres Anies

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (21/2/2024). AHY dilantik bersamaan dengan Hadi Tjahjanto yang kini menjabat Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam).

"Demi Allah, saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya, demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara," kata Hadi dan AHY saat bersamaan menyatakan sumpah jabatan mengikuti ucapan Presiden Jokowi.

Sebelum dilantik jadi Menteri Kabinet Kerja Jokowi-Ma'ruf Amin, Ketum Demokrat itu telah melewati banyak 'cobaan' politik. Bahkan, ia harus berjibaku mempertahankan Partai Demokrat yang pernah mengantarkan ayahnya, SBY, 10 tahun memimpin Indonesia.

Profil dan perjalanan politik AHY

Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY adalah putra pertama Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). AHY lahir pada 10 Agustus 1978 di Bandung, Jawa Barat.

AHY juga memiliki sosok adik yang juga menjadi politisi Demokrat yakni Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas.

Ketum Partai Demokrat ini menikahi artis Annisa Pohan sejak 2005 silam. Keduanya dianugerahi seorang putri semata wayang bernama Almira Tunggadewi Yudhoyono.

AHY memulai kariernya di militer dengan menempun pendidikan di Akademi Militer (Akmil). Ia lulus Akmil dan meraih Bintang Adi Makayasa pada bulan Desember 2000 sebagai lulusan terbaik. Setelah itu, ia masuk ke Ranah Politik dengan maju di Pilgub DKI Jakarta pada 2007 silam. Ia pun memutuskan mundur dari Militer.

Selain pendidikan di militer, AHY juga mengambil pendidikan sipil. Tercatat, AHY merupakan tamatan perguruan tinggi bergengsi di dunia yakni Harvard University.

AHY berhasil mengantongi gelar Master in Public Administration dari Harvard sekaligus Master of Science in Strategic Studies dari Universitas Teknologi Nanyang, Singapura. Terakhir, AHY melengkapi pendidikannya di Webster University, Amerika Serikat.

Pimpin Partai Demokrat hingga Dikudeta Moeldoko

Usai kalah dalam Pilkada DKI Jakarta, AHY ditunjuk sebagai Wakil Ketua Umum Partai Demokrat pada Oktober 2019. Setelah itu, pada Kongres V Partai Demokrat yang berlangsung pada 15 Maret 2020 di Jakarta, AHY secara aklamasi terpilih sebagai Ketua Umum Partai Demokrat periode 2020–2025.

Goncangan dahsyat terjadi di tubuh Demokrat saat dipimpin AHY. Sejumlah kader Demokrat menggelar Kongres Luar Biasa di The Hill Hotel and Resort, Deli Serdang, Sumatera Utara pada tahun 2021 silam.

Berdasarkan voting, Moeldoko yang menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan terpilih sebagai Ketua Umum Partai Demokrat periode 2021-2025 pada 5 Maret 2021. Mantan Panglima TNI itu mengalahkan Marzuki Alie yang dicalonkan oleh Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Demokrat Nusa Tenggara Barat (NTB). Sedangkan Moeldoko didukung DPD Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Papua Barat, hingga Aceh. Keputusan kemenangan Moeldoko disampaikan oleh pimpinan sidang Jhoni Allen Marbun.

Kubu AHY langsung bereaksi atas KLB itu. Mereka menyatakan kegiatan itu tidak sah, ilegal, dan inkonstitusional. Setelahnya, kubu Moeldoko daftarkan hasil KLB ke Kemenkumham pada 15 Maret 2021. Meski begitu, Menkumham Yasonna Hamonangan Laoly menolak pendaftaran hasil KLB Partai Demokrat kubu Moeldoko.

Drama gerilya Moeldoko merebut Partai Demokrat akhirnya berakhir di Mahkamah Agung (MA). MA memutuskan menolak upaya peninjauan kembali (PK) yang diajukan Moeldoko terhadap AHY dan Partai Demokrat. Keputusan itu diambil oleh Hakim Agung Lulik Tri Cahyaningrum dan Cerah Bangun.

Gagal Jadi Cawapres Anies Baswedan

Jauh sebelum Muhaimin Iskandar alias Cak Imi jadi Cawapres Anies Baswedan, AHY sudah berulangkali menggelar pertemuan resmi dan juga santai dengan Anies. Hubungan Demokrat dan Nasdem pun tampak begitu akrab saat itu.

Seiring berjalannya waktu, Anies tiba-tiba berpasangan dengan Cak Imin yang awalnya mendukung Prabowo Subianto. Partai Demokrat pun murka hingga SBY ikut mencurahkan kekecewaannya kepada Anies.

Akhirnya, Partai Demokrat merapat ke koalisi Prabowo-Gibran yang kini dinyatakan menang dalam hitungan cepat. Lantas, AHY pun telah menikmati buah merapatnya ke pemerintah hingga dilantik jadi Menteri ATR/BPN.

Editor: Riki Chandra

Tag:  #jalan #berliku #jelang #jadi #menteri #jokowi #lawan #kudeta #moeldoko #hingga #ditikung #imin #jadi #cawapres #anies

KOMENTAR