Sakit Usai Perjalanan dari Rusia, Megawati Tak Hadiri Pelantikan Prabowo-Gibran di Gedung DPR RI
Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri berziarah ke pemakaman massa korban pengepungan Leningrad di Piskaryovskoye Memorial Cemetery, St Petersburg, Rusia, pada Rabu (18/9/2024) 
06:52
20 Oktober 2024

Sakit Usai Perjalanan dari Rusia, Megawati Tak Hadiri Pelantikan Prabowo-Gibran di Gedung DPR RI

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dipastikan tidak akan hadir pada acara dalam pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming yang akan digelar di Gedung MPR/DPR di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (20/10/2024) pagi.

Pihak MPR RI sebenarnya sudah mengirimkan undangan untuk Presiden ke-5 RI itu. Namun Megawati menyatakan tidak bisa datang dengan alasan masih flu.

"Ibu Mega kondisinya kurang fit dan flu maka ibu memutuskan untuk beristirahat. Pesan itu disampaikan melalui Ketua fraksi MPR PDIP Ahmad Basarah," kata ketua MPR-RI Ahmad Muzani kala ditanya soal kehadiran Megawati saat prosesi pelantikan Prabowo-Gibran. 

Muzani menjelaskan Megawati tak bisa menghadiri prosesi pelantikan Prabowo karena baru pulang dan sedang sakit usai perjalanan napak tilas makam Imam Bukhari di Saint Petersburg, Rusia. 

Namun sebagai gantinya, Megawati telah 110 anggota DPR RI dari partai berlambang banteng itu untuk hadir di kompleks DPR-MPR. 

"Sebagai gantinya telah menginstruksikan kepada seluruh anggota fraksi PDIP agar seluruhnya hadir 110 dan mensukseskan acara besok dan memerintahkan agar mereka tidak diperkenankan keluar negeri termasuk keluar kota karena wajib datang besok," kata dia di kompleks parlemen, Jakarta Pusat, Sabtu (19/10).

Selain Megawati, pihak MPR RI juga mengundang semua presiden dan wakil presiden terdahulu, mulai dari Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Try Sutrisno, Jusuf Kalla, Boediono, dan keluarga dari almarhum Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, serta Hamzah Haz. Semuanya menyatakan akan hadir.

Selain mantan presiden dan wakil presiden, dua mantan calon presiden Pilpres 2024, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo dipastikan juga akan hadir pada pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih periode 2024-2029.


“Saya sudah berkomunikasi dengan calon presiden nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan, saya sudah berkomunikasi dengan calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo. Undangan sudah sampai ke beliau-beliau. Saya sudah berkomunikasi lewat telepon, baik Anies maupun Ganjar, dan alhamdulillah beliau menyatakan akan hadir,” kata Muzani.

Muzani berterima kasih kepada Anies dan Ganjar yang sudah bersedia menyatakan hadir dalam pelantikan. Sedangkan wakil keduanya juga diharapkan ikut hadir. 

“Alhamdulillah beliau menyatakan akan hadir tentu saja kami bersyukur dan berterima kasih kepada mas Anies dan Ganjar yang bersedia akan hadir,” ucap dia.(tribun network/dng/dod)

Editor: Seno Tri Sulistiyono

Tag:  #sakit #usai #perjalanan #dari #rusia #megawati #hadiri #pelantikan #prabowo #gibran #gedung

KOMENTAR