Laporan Khusus: Besok Lengser, Sejumlah Menteri Jokowi Tak Kunjung Angkut Perabotan dari Rumah Dinas
Rumah dinas Menteri PUPR, Basuki Hadi Muljono di Jalan Widya Chandra IV, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (11/10/2024). Rumah dinas tersebut sudah mulai dikosongkan jelang masa Kabinet Menteri Joko Widodo berakhir 20 Okotber 2024. 
18:39
19 Oktober 2024

Laporan Khusus: Besok Lengser, Sejumlah Menteri Jokowi Tak Kunjung Angkut Perabotan dari Rumah Dinas

- Suasana sepi menyelimuti komplek rumah dinas menteri di Jalan Widya Chandra, Kelurahan Senayan, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada Jumat (18/10/2024).

Rumah-rumah mewah yang merupakan fasilitas negara untuk para menteri tampak berdiri kokoh dan berbaris menyamping di sisi kanan dan kiri jalan.

Adapun di setiap pagar rumah itu menempel sebuah logo bintang berukuran besar dan berwarna emas seluruhnya. Logo itu menjadi penanda bahwa rumah-rumah tersebut dikelola oleh Kementerian Sekretariat Negara RI.

Pantauan Tribunnews di lokasi sekira pukul 13.30 hingga 15.00 WIB, hanya ada para petugas keamanan di setiap rumah dinas. Sedangkan di bagian jalan utama komplek Widya Chandra, ada tiga sampai empat 
petugas kebersihan tengah menyapu sampah dan daun-daun kering.

Diketahui, sejumlah menteri kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih menempati fasilitas rumah dinas, hingga Jumat siang.

Padahal, pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029, Prabowo Subianto-Gibran Rakabumingraka akan digelar tak lama lagi yakni, Minggu 20 Oktober 2024. Dilanjut dengan pelantikan menteri yang dijadwalkan sehari setelahnya.

Meski begitu, beberapa menteri yang menempati rumah dinas masih belum mengangkut barang-barang pribadinya.


Dimulai dari rumah-rumah menteri di Jalan Widya Chandra V. 

Fitrah, seorang petugas keamanan yang berjaga di rumah dinas Menteri Pertanian (Mentan) Andi Arman Sulaiman, mengatakan Andi masih menempati rumah dinasnya. 

Rumah dinas tersebut masih difungsikan Andi sebagai tempat tinggal hingga saat ini.

Katanya, Menteri Pertanian itu setiap hari tidur di kediaman nomor 28, yang didominasi warna putih dengan nuansa kayu tersebut.

Bergeser ke rumah dinas menteri nomor 27 yang biasanya ditempati Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi.

Menteri yang juga Ketua Umum Projo itu juga disebut masih tinggal di rumah dinasnya.

Budi bersama keluarganya tinggal di rumah mewah bercat putih tersebut. Seorang petugas keamanan di rumah itu.

"(Menkominfo Budi Arie) masih sementara tinggal di sini. Sehari-hari tinggal di sini," kata seorang petugas keamanan di kediaman Menkominfo, Sisfon, saat ditemui.

Katanya, belum ada informasi mengenai rencana Budi Arie pindah rumah setelah pemerintahan baru dilantik.

Apalagi, pelantikan para menteri kabinet Prabowo-Gibran, baru akan dihelat pada Senin 21 Oktober 2024.

Bergeser ke Jalan Widya Chandra IV, tempat tinggal Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, juga belum sepenuhnya meninggalkan rumah dinas.

Seorang pria petugas keamanan di rumah nomor 19 itu, Tri, mengatakan Budi memang tidak sepenuhnya tinggal di rumah dinas. Sesekali Menhub masih mengunjungi kediamannya tersebut.

Meski demikian, dikatakan, Budi telah memindahkan sebagian barang-barang pribadinya dari rumah dinas menteri secara berangsur-angsur. 

Ia tidak menjelaskan lebih lanjut kapan saja aktivitas pindahan itu dilakukan.

Selanjutnya, bergerak ke depan rumah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) Abdullah Azwar Anas. Tampak empat petugas keamanan sedang berjaga di rumah dinas terebut.

Satu di antara para petugas itu, Jul, menuturkan Azwar tergolong jarang mengunjungi rumah dinasnya.

Ia melanjutkan, Menpan-RB memang lebih sering tinggal di apartemen pribadinya.

Beberapa perabotan milik Azwar masih berada di sana. Katanya, belum ada informasi pemindahan barang-barang tersebut.

"Ya kalau sebulan sekali sih enggak. Cuma kalau lagi sehabis pulang dari kantor ke sini sebentar," ucap Jul.

Penampakan rumah dinas Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin di Jalan Widya Chandra III nomor 15, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan (kanan) dan rumah dinas Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan Sadikin di Jalan Widya Chandra III nomor 16 (kiri), pada Kamis (4/9/2024). Penampakan rumah dinas Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin di Jalan Widya Chandra III nomor 15, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan (kanan) dan rumah dinas Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan Sadikin di Jalan Widya Chandra III nomor 16 (kiri), pada Kamis (4/9/2024). (Tribunnews.com/Abdi Ryanda Shakti)

Sementara itu, seorang petugas keamanan di rumah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Udin, mengungkapkan Basuki dan istrinya masih tinggal di rumah dinas nomor 20.

Lebih dari dua unit mobil dan satu unit motor gede alias moge warna hitam yang terparkir di bagian garasi rumah dinas Basuki. 

Di seberang rumah dinas Basuki terdapat kediaman Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan. Hingga kini, rumah nomor 16 itu masih ditinggali Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut.

Tardi, seorang petugas keamanan yang berjaga mengatakan, pria yang kerap disapa Zulhas itu masih sering mengunjungi rumah dinasnya. 

Zulhas hanya menjadikan rumah dinasnya itu sebagai tempat transit sepulang dari kantor.

Ada kemungkinan Zulhas tidak pindah dari rumah tersebut lantaran ia disebut-sebut bakal lanjut menjabat di kabinet Prabowo-Gibran mendatang.

Di samping kanan rumah Zulkifli Hasan, terdapat kediaman Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, yang masih ditinggalinya hingga saat ini. 

"Info pindahan sih kita belum menerima. Biasanya sudah mendekati, tapi ini belum ada (informasi aktivitas pindahan)," jelas Riyyadh, petugas keamanan di rumah Menkes nomor 15 itu.

Begitu juga dengan rumah dinas Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, yang masih ditinggali di akhir-akhir waktu masa jabatan menteri era Jokowi.

Suasana rumah dinas Menko Polhukam Hadi Tjahjanto di Jalan Denpasar Raya Blok C3-9, Kuningan, Jakarta Selatan, pada Jumat (11/10/2024). Diketahui, rumah dinas tersebut tidak pernah ditempati hadi Tjahjanto sejak dilantik menjadi Menko Polhukam. Suasana rumah dinas Menko Polhukam Hadi Tjahjanto di Jalan Denpasar Raya Blok C3-9, Kuningan, Jakarta Selatan, pada Jumat (11/10/2024). Diketahui, rumah dinas tersebut tidak pernah ditempati hadi Tjahjanto sejak dilantik menjadi Menko Polhukam. (Tribunnews.com/Abdi Ryanda Shakti)

Berbeda kondisi daripada di Widya Chandra, di komplek rumah dinas menteri di Jalan Denpasar Raya, Kuningan, Jakarta Selatan, terdapat beberapa rumah dinas menteri yang kosong.

Alasan kosongnya rumah-rumah di sana berbeda-beda. Misalnya, rumah dinas nomor 9 yang diperuntukkan untuk Menkopolhukam Hadi Tjahjanto terpantau tak berpenghuni.

Seorang petugas kebersihan di komplek menteri Jalan Denpasar, Rahman, menyebut Hadi memilih tidak menempati rumah dinas itu diduga dikarenakan durasi masa jabatannya yang hanya sebentar.

Adapun rumah dinas Menkopolhukam tersebut, katanya, sudah dipersiapkan untuk calon menteri dari periode mendatang, yakni Yusril Ihza Mahendra.

"Ini (rumah dinas) Yusril, Menkopolhukam. Cuma belum tau, belum aktif soalnya. Kalau Pak Hadi di rumah pribadi. Mungkin karena sebentar doang kali. Jadi udah disiapin untuk Yusril tinggal. Perabotan udah semua, tinggal menempati," ungkap Rahman.

Selain itu, rumah dinas Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) yang seharusnya menjadi fasilitas milik Supratman Andi Agtas juga terlihat kosong.

Petugas penjaga rumah nomor 02 itu, Joni, mengatakan Menkumham memang belum menempati rumah itu sejak dilantik.

Satu dari beberapa unit rumah dinas menteri di Jalan Denpasar yang ditinggali adalah kediaman milik Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia.

Di halaman rumah Bahlil tampak ada lebih dari dua karangan bunga. Hal ini menjadi tanda bahwa rumah tersebut masih difungsikan oleh Bahlil.

Namun demikian, penjaga rumah Bahlil, Rahmat, mengatakan rumah dinas tersebut hanya untuk tempat bersinggah bagi Bahlil saja.

Sebab, Ketua Umum Partai Golkar itu disebut lebih sering pulang ke rumah pribadinya.

Kesepakatan Tak Pindah Rumah Para calon menteri kompak memakai baju putih saat foto bersama dalam pembekalan hari pertama di kediaman presiden terpilih Prabowo Subianto, Hambalang, Jawa Barat. /Foto: Dokumentasi Dito Ariotedjo Para calon menteri kompak memakai baju putih saat foto bersama dalam pembekalan hari pertama di kediaman presiden terpilih Prabowo Subianto, Hambalang, Jawa Barat. /Foto: Dokumentasi Dito Ariotedjo (HO)

Berdasarkan informasi yang dihimpun Tribunnews, ada beberapa menteri Jokowi yang kemungkinan akan menjabat lagi di bawah kepemimpinan Prabowo-Gibran. 

Hal itu ditandai dengan adanya sejumlah sosok Menteri Jokowi yang hadir dalam acara pembekalam calon menteri Prabowo Subianto, di Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang, Bogor, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

Dalam hal tersebut, menteri yang berlanjut masuk kabinet dan ditempatkan di kementerian yang berbeda dengan kementeriannya yang sebelumnya, kerap meminta kesepakatan dengan menteri yang lain agar dia tidak pindah rumah dinas.

Terkait hal ini, aktivitas pindahan yang memakan waktu dan membutuhkan tenaga berlebih menjadi alasan agar menteri yang bersangkutan tak harus pindah rumah.

Sebagai contoh, Ketua DPR RI Puan Maharani dan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo disebut pernah mengutarakan ketidakinginannya pindah rumah dinas dan menyelesaikan persoalan itu melalui diskusi dengan menteri yang bersangkutan. (TribunNetwork/riz)

Editor: Acos Abdul Qodir

Tag:  #laporan #khusus #besok #lengser #sejumlah #menteri #jokowi #kunjung #angkut #perabotan #dari #rumah #dinas

KOMENTAR