Besok Mabes TNI Apel Gelar Pasukan Pengamanan VVIP untuk Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih
Deretan alutsista TNI AU yang akan digunakan dalam pengamanan VVIP pada pelantikan presiden dan wakil presiden Minggu (20/10) mendatang. (Syahrul Yunizar/JawaPos.com)
16:48
17 Oktober 2024

Besok Mabes TNI Apel Gelar Pasukan Pengamanan VVIP untuk Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih

Mabes TNI akan melakukan Apel Gelar Pasukan Pengamanan VVIP Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden pada Jumat (18/10). Keterangan tersebut disampaikan oleh Panglima Komando Operasi Udara Nasional (Pangkoopsudnas) Marsekal Madya TNI Tedi Rizalihadi saat memeriksa kesiapan personel dan alat utama sistem persenjataan (alutsista) TNI AU di Pangkalan Udara (Lanud) TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur pada Kamis (17/10).

”Baru saja kami melaksanakan Apel Kesiapan, Apel Kesiapan baik personel maupun alutsista TNI Angkatan Udara dalam rangka pengamanan VVIP pelantikan presiden dan wakil presiden yang akan dilaksanakan pada tanggal 20 oktober 2024,” ungkap Tedi kepada awak media. 

Perwira tinggi bintang tiga TNI AU itu menyatakan bahwa Apel Kesiapan itu dilaksanakan atas izin Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI M. Tonny Harjono dan Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto. Menurut Tedi, apel tersebut sengaja dilaksanakan sebelum Apel Gelar Pasukan Pengamanan VVIP Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden yang dilaksanakan di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat besok. 

”Sebelum kegiatan apel di Monas, TNI Angkatan Udara mengecek seluruh kesiapan. TNI Angkatan Udara mendukung secara penuh demi suksesnya pelantikan presiden Republik Indonesia tanggal 20 Oktober 2024,” tegasnya.

TNI AU sudah menyiapkan empat unit pesawat tempur F-16, pesawat angkut yang terdiri atas Boeing 737 Angkut Intai; Boeing 737 400; CN 295; C-130J Super Hercules, dan helikopter yang terdiri atas dua unit Caracal H225 dan satu unit NAS 332 untuk kebutuhan evakuasi medis udara. Seluruh pasukan dan alutsista tersebut diperiksa secara langsung oleh Tedi untuk memastikan tidak ada satupun yang belum siap. 

Editor: Banu Adikara

Tag:  #besok #mabes #apel #gelar #pasukan #pengamanan #vvip #untuk #pelantikan #presiden #wakil #presiden #terpilih

KOMENTAR