Jokowi Tunjuk Tito Karnavian sebagai Plt Menkopolhukam Salah Satunya karena Tito Pejabat Senior
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian ditunjuk menjadi Plt Menkopolhukam. Selain karena kementerian yang dipimpin Tito berada di bawah Kemenko Polhukam, mantan Kapolri itu merupakan pejabat senior. 
07:06
3 Pebruari 2024

Jokowi Tunjuk Tito Karnavian sebagai Plt Menkopolhukam Salah Satunya karena Tito Pejabat Senior

- Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menandatangani Keppres pemberhentian Mahfud MD sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan atau Menkopolhukam.

"Pada hari ini, Jumat, 2 Februari 2024, Presiden telah menandatangani Keppres No 20/P Tahun 2024, yang berisi pemberhentian dengan hormat Bapak Mahfud MD sebagai Menko Polhukam," kata Koordinator Staf Presiden Ari Dwipayana kepada wartawan, Jumat (2/2/2024).

Ari mengatakan bahwa Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian ditunjuk menjadi Plt Menkopolhukam.

"Penunjukan Bapak Tito Karnavian sebagai Pelaksana Tugas, Wewenang, dan Tanggung Jawab Menko Polhukam Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024 sampai adanya Menko Polhukam definitif," ujar Ari.

Menurut Ari, selain karena kementerian yang dipimpin Tito berada di bawah Kemenko Polhukam, mantan Kapolri itu merupakan pejabat senior.

"Pak Tito Karnavian kan termasuk di dalam jajaran menteri-menteri (di bawah) Kemenko Polhukam. Dan termasuk salah satu menteri yang senior, ya selain juga ada beberapa menteri yang lain. Jadi Bapak Presiden menunjuk beliau sebagai Plt Menko Polhukam," ujar Ari.

Sebagaimana diketahui, saat ini Tito masih menjabat sebagai Mendagri.

Tito dilantik sebagai Mendagri pada 23 Oktober 2019 lalu.

Sebelumnya pada periode pemerintahan Presiden Jokowi yang pertama, Tito Karnavian pernah menjabat sebagai Kapolri.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memastikan kabinet tak ada masalah. Hal tersebut dikatakan usai Mahfud MD mundur sebagai Menkopolhukam.

"Kabinet biasa-biasa saja. Biasa-biasa saja, nggak ada masalah. Yang kerja ya kerja, yang kunjungan ke daerah, kunjungan ke daerah, saya pun sama, saya rapat di Jakarta dan juga di daerah," ujar Jokowi.

Jokowi merespons soal isu mundurnya Mahfud MD dari jabatan Menko Polhukam dengan soliditas kabinet.

Jokowi menyebut terjadi perbedaan pilihan politik itu hal biasa.

"Biasa saja, bahwa ada perbedaan pilihan itu demokrasi, tidak perlu dibesar-besarkan," kata Jokowi. (Tribun Network/fik/den/wly)

Editor: Dewi Agustina

Tag:  #jokowi #tunjuk #tito #karnavian #sebagai #menkopolhukam #salah #satunya #karena #tito #pejabat #senior

KOMENTAR