Jubir TPNPB Klaim Punya Bukti Pembebasan Pilot Philip Mehrtens Bermotif Politik Pilkada Nduga
Sebuah video menampilkan sosok yang diduga Egianus Kogoya memberikan keterangan mengenai pembebasan pilot Philip Mehrtens yang dikaitkan dengan salah satu calon bupati di Nduga. [Tangkaoan Layar]
12:28
10 Oktober 2024

Jubir TPNPB Klaim Punya Bukti Pembebasan Pilot Philip Mehrtens Bermotif Politik Pilkada Nduga

Pembebasan pilot asal Selandia Baru Philip Mark Mehrtens yang dilakukan kelompok Egianus Kogoya ditegaskan Juru Bicara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM), Sebby Sambom, sebagai bagian dari kepentingan politik terkait Pilkada Kabupaten Nduga.

Pernyataan tersebut disampaikan melalui keterangan tertulis yang diterima Suara.com pada Kamis (10/10/2024) siang Waktu Papua.

"Tim sukses Edison Gwijangge yang mencalonkan diri sebagai Bupati Kabupaten Nduga, telah terlibat aktif dan dimanfaatkan oleh TNI dan Polri,” kata Sebby.

Sebby menyatakan bahwa masyarakat dan anggota pasukan TPNPB Kodap III Ndugama di wilayah konflik tersebut telah lama menderita akibat kepentingan politik sejumlah pihak, baik dari TPNPB, TNI/Polri, maupun Pemerintah Indonesia.

Baca Juga: TPNPB-OPM Siap Bertanggung Jawab atas Gugurnya 2 Prajurit TNI di Intan Jaya dan Nduga

Ia menyatakan perjanjian antara Egianus Kogoya dengan aparat hanya janji palsu saja.

"Perjanjian yang dibuat antara Egianus Kogoya dengan TNI/Polri untuk mendukung Edison Gwijangge dalam Pilkada Kabupaten Nduga, hanyalah janji palsu yang dimainkan oleh TNI, Polri, dan Pemerintah Indonesia untuk mengelabui Kodap III Ndugama,” tambahnya.

Sebby juga menyampaikan rasa prihatin atas penderitaan rakyat yang telah menjadi korban, baik harta, benda, maupun jiwa, hanya demi kepentingan politik.

Juru Bicara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Organisasi Papua Merdeka (OPM), Sebby Sambom. (Ist)Juru Bicara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Organisasi Papua Merdeka (OPM), Sebby Sambom. (Ist)

"Sungguh menyedihkan. Semoga Tuhan Yesus mengampuni kita semua," katanya.

Sementara itu dalam sebuah video yang diterima Suara.com, terlihat sosok yang diduga Egianus Kogoya. Ia menyampaikan penjelasan alasan dibebaskannya Philip Mehrtens.

Baca Juga: Pembebasan Pilot Susi Air dari Tangan OPM Tanpa Kekerasan, Begini Respons Prabowo

Sebelumnya diberitakan, Menkopolhukam Hadi Tjahjanto menegaskan bahwa pembebasan Pilot Susi Air Philip Mehrtens dari sandera kelompok TPNPB-OPM pimpinan Egianus Kogoya dilakukan murni tanpa adanya bayaran. 

"Tanpa adanya satu permintaan untuk bayar dan sebagainya nggak, semua bebas, karena ini pendekatan dari tokoh agama, tokoh gereja, tokoh masyarakat, TNI, Polri," kata Hadi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (23/9/2024). 

Ia mengatakan, pembebasan juga memakan waktu yang lama. Hal itu karena yang terpenting adalah keselamatan sang pilot itu sendiri. 

"Kita memang melakukan komunikasi yang cukup panjang, karena kita pikir bahwa keselamatan pilot adalah yang utama. Sehingga keberhasilan ini adalah keberhasilan kita semua," ujarnya. 

Kontributor : Elias Douw

Editor: Chandra Iswinarno

Tag:  #jubir #tpnpb #klaim #punya #bukti #pembebasan #pilot #philip #mehrtens #bermotif #politik #pilkada #nduga

KOMENTAR