KRI dr Wahidin Sudirohusodo-991 Berlayar ke Kawasan Pasifik Selatan, Panglima Koarmada RI Berharap Semua Pihak Saling Menghormati Kedaulatan Negara
KRI dr. Wahidin Sudirohusodo-991 bersiap berangkat dari Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara ke Kawasan Pasifik Selatan. (Syahrul Yunizar/JawaPos.com)
08:48
10 Oktober 2024

KRI dr Wahidin Sudirohusodo-991 Berlayar ke Kawasan Pasifik Selatan, Panglima Koarmada RI Berharap Semua Pihak Saling Menghormati Kedaulatan Negara

- Panglima Komando Armada Republik Indonesia (Koarmada RI) menyampaikan bahwa keberangkatan KRI dr. Wahidin Sudirohusodo-991 dari Jakarta ke beberapa negara, di Kawasan Pasifik Selatan, merupakan salah satu amanat dari Undang-Undang (UU) TNI. Bahwa mereka harus melaksanakan tugas diplomasi Angkatan Laut. Dia berharap, melalui pelayaran itu, semua negara semakin saling menghormati kedaulatan negara masing-masing. 

Keterangan tersebut disampaikan oleh Denih usai memeriksa kesiapan KRI dr. Wahidin Sudirohusodo, sebelum dilepas dari Dermaga Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Tanjung Priok, Jakarta Utara pada Rabu (9/10). Menurut perwira tinggi bintang tiga TNI AL itu, ada atau tidak ada persoalan, niat baik diplomasi Angkatan Laut harus dilaksanakan. Sehingga terjalin komunikasi yang baik antara Indonesia dengan negara-negara di sekitarnya.

”Ada atau tidak permasalahan, kita berniat baik untuk menjalin diplomasi, menjalin komunikasi bahwa Kawasan Pasifik Selatan juga terkait dengan Papua itu merupakan satu rumpun. Tetapi, itu tidak berarti satu rumpun itu tidak terpisah dengan negara, itu tidak ada perbedaan dalam saling menghormati kedaulatan,” terang dia. 

Denih pun menegaskan bahwa niat dan tujuan TNI AL mengirim KRI dr. Wahidin Sudirohusodo-991 ke Kawasan Pasifik Selatan untuk mengemban diplomasi Angkatan Laut, diplomasi pertahanan, dan misi kemanusiaan. Karena itu, mereka membawa sejumlah obat-obatan dan tenaga medis untuk melaksanakan bakti sosial di negara-negara tujuan. Yakni Solomon, Fiji, Vanuatu, dan Papua Nugini. 

”Kami melaksanakan kegiatan untuk mengembangkan diplomasi Angkatan Laut untuk memberikan sentuhan perkenalkan diri. Sekaligus saling juga kita sudah muat kapal ini, siapa tahu mungkin bisa dikerjasamakan berikutnya untuk bantuan berikutnya. Jadi, kita akan layani termasuk di bidang-bidang lain. Karena nggak kenal maka tak sayang,” imbuhnya.

 

Editor: Kuswandi

Tag:  #wahidin #sudirohusodo #berlayar #kawasan #pasifik #selatan #panglima #koarmada #berharap #semua #pihak #saling #menghormati #kedaulatan #negara

KOMENTAR