Ketua MPR Ahmad Muzani Ungkap Anies-Cak Imin dan Ganjar-Mahfud Diundang saat Pelantikan Prabowo-Gibran
Ketua MPR RI Ahmad Muzani mengatakan, pelantikan Presiden-Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan mengundang para kontestan Pilpres 2024. (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)
16:16
9 Oktober 2024

Ketua MPR Ahmad Muzani Ungkap Anies-Cak Imin dan Ganjar-Mahfud Diundang saat Pelantikan Prabowo-Gibran

- Ketua MPR RI Ahmad Muzani mengatakan, pelantikan Presiden-Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan mengundang para kontestan Pilpres 2024 lalu. Mereka yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Pelantikan Prabowo-Gibran rencananya akan dilaksanakan pada 20 Oktober 2024, pukul 10.00 WIB di Gedung MPR, Jakarta.

"Insya Allah pelantikan akan dihadiri oleh sejumlah tokoh, termasuk Presiden dan Wakil Presiden terpilih. Kami akan mengundang kandidat presiden dan kandidat wakil presiden dalam kontestasi Pemilihan Presiden 2024," kata Muzani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (9/10).

Muzani tidak bisa memastikan apakah mereka akan hadir dalam agenda pelantikan tersebut atau tidak.

"Pimpinan MPR baru menyetujui bahwa mereka semuanya akan kita undang dalam acara pelantikan, dan kami akan segera menyampaikan undangan kepada beliau-beliau," ucap Muzani.

Selain peserta Pilpres 2024, lanjut Muzani, MPR RI juga mengundang Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024, Joko Widodo-Ma'ruf Amin, serta mantan presiden dan wakil presiden lainnya.

"Tentu saja Pak Jokowi dan Pak Ma'ruf Amin akan kami undang untuk hadir dalam rencana pelantikan," ujar Muzani.

Bahkan, sejumlah kepala negara sahabat juga akan diundan pada agenda pelantikan tersebut.

"Rencananya juga akan hadir sejumlah kepala negara dan kepala pemerintahan dari negara-negara sahabat," urai Muzani.

Lebih lanjut, Muzani berharap proses pelantikan nanti berjalan lancar. Sehingga bisa menunjukkan kepada dunia internasional bahwa Indonesia bisa kembali bersatu pasca gelaran Pemilu 2024 lalu.

"Tunjukkan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang bersatu, bangsa yang rukun, bangsa yang terus menjunjung martabat demokrasi, meskipun dalam suasana perbedaan perasaan pilpres dan pada akhirnya kita satu untuk bangsa dan negara," pungkasnya.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #ketua #ahmad #muzani #ungkap #anies #imin #ganjar #mahfud #diundang #saat #pelantikan #prabowo #gibran

KOMENTAR